Sofware Accounting untuk bidang akuntansi masa kini

Bidang keuangan atau accounting semakin terus berkembang mengikuti pergerakan teknologi. Bidang accounting yang dulu hanya menggunakan sistem manual mulai dari pencatatan transaksi pemasukan dan pengeluaran,  buku besar, serta pembuatan laporan keuangan seperti neraca, labarugi, perubahan arus modal, serta laporan arus kas.

Seiring dengan perkembangan teknologi pencatatan tersebut sudah menjadi terkomputerisasi. Pencatatan yang terkomputerisasi menggunakan software accounting atau akuntansi. Sofware Accounting tersebut kebanyakan diberikan kepada mahasiswa yang mengambil jurusan sistem informasi akuntansi di suatu universitas. Mahasiswa juga dapat melakukan  sertifikasi untuk uji kompetensi bagi dirinya terhadap software –sotfware  accounting.

Baca juga: Cara melihat IP Adress di Laptop

Hasil sertifikasi mahasiswa akan mendapatkan sertifikat pendamping ijazah jika lulus dari universitas, hal tersebut biasanya akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan ketika memiliki sertifikat kompetensi.  Sertifikasi software komptensi biasanya difasilitasi oleh universitas dengan bekerja sama lembaga sertifikasi profesi.

Sofware Accounting untuk bidang akuntansi masa kini

1. MYOB Software

MYOB Accounting (Mind Your Own Business) merupakan program aplikasi komputer untuk mengelola kegiatan akuntansi yang meliputi pembuatan data perusahaan, pembuatan rekening akuntansi, pencatatan data pelanggan, pencatatan data pemasok, pencatatan PPN, pencatatan transaksi dalam jurnal, pencatatan pembelian, pencatatan penjualan, dan pembuatan laporan keuangan. Program MYOB Accounting dibuat oleh MYOB limited Australia dan dapat digunakan untuk berbagai  jenis perusahaan sperti perusahaan jasa, dagang, manufaktur, dan sebagainya.

Adapun kelebihan dari MYOB Accounting yaitu user friendly, cocok untuk situasi bisnis di Indonesia, pembuatan laporan keuangan secara otomatis, lengkap, dan akurat, kemampuan menampilkan data secara cepat dan mudah, sistem keamanan yang cukup valid untuk setiap user, serta kemampuan seksplorasi semua laporan ke program Microsoft Excel tanpa melalui ekspor/impor file yang merepotkan.

2. Zahir Accounting

Zahir accounting yang didirikan oleh Putra Bangsa Indonesia sejak tahun 1996. Zahir Accounting diberdayakan oleh tim terbaik dan inovator cerdas meliputi programer handal yang membuat produk hebat, tim implementasi yang berpengalaman membangun sistem di berbagai bisnis dan staff dukungan pelanggan yang selalu berkomitmen memberi pelayanan terbaik.

Seiring dengan semakin tingginya kebutuhan perusahaan akan software bisnis, pengembangan software zahir ke versi – versi berikutnya dan layanan purnajual yang terul dilakukan secara berkesinambungan. PT Zahir Internasional telah menciptakan berbagai edisi software yaitu Zahir Accounting 6, Zahir Point of Sale (POS) 6, Zahir POS Mobile, Zahir report Server 6, Zahir Sales Order Mobile, Zahir Enterprise Plus dan Zahir Online.

Biasa disebut dengan The Best Business Management Software. Zahir merupakan software manajemen bisnis dan keuangan berbahasa Indonesia dan Inggris, fleksibel, berfasilitas lengkap, dan berdaya guna tinggi, yang dirancang agar tepat dengan kebutuhan perusahaan kecil, menengah, dan besar di Indonesia bahkan Mancanegara.

3. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)

MOAE merupakan program promosi dari MOAP. Sehingga bisa didapatkan secara gratis. Meskipun program promosi gratis MOAE sendiri cukup diandalkan. Jika tidak mengerti akuntansi dengan bantuan MOAE dapat membuat laporan keuangan dengan sangat baik. MOAE dapat digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan selain dapat mengetahui laporan keuangan. MOAE dapat digunakan bagi yang membutuhkan software accounting dengan budget Rp 0

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (7)

  1. Klo ga mau itung itung manual lg ya ambil jurusan sistem informasi akuntansi , jelas mengikuti perkembangan teknologi pencatatan menjadi terkomputerisasi 👍