Inilah Gaji Awal Lulusan Sistem Informasi di Tahun 2021, Kalian Harus Tahu!

Lulusan Sistem Informasi – Halo Sobat bintang!! Siapa yang ingin memiliki pekerjaan mapan dengan gaji yang besar? Hal tersebut tentu menjadi impian setiap orang, mungkin kalian merupakan sebagian dari mereka. Pekerjaan dengan gaji besar, menjadi dambaan setiap orang yang ingin memiliki masa depan yang bagus.

Namun, cita-cita tentu harus seimbang dengan usaha yang kalian lakukan. Pendidikan menjadi faktor utama yang harus kalian kejar untuk menggapai semua impian. Meski demikian, yang menjadi catatan adalah jangan sampai kalian salah memilih jurusan.

Lulusan SIstem Informasi
Ilustrasi, Lulusan SIstem Informasi

Bagi kalian yang tertarik kerja dalam bidang teknologi dan komputer, tentu memilih jurusan Sistem Informasi merupakan pilihan yang pas. Jurusan ini menjanjikan bagi para lulusannya dalam menggapai prospek karier dan gaji yang besar.

Baca Juga : Cari Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan? Cek Disini!

Pada Program Studi (prodi) Sistem Informasi (SI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), telah terbukti menghasilkan lulusan yang siap kerja dibidangnya. Berbeda dengan jurusan lain, dalam jurusan Sistem Informasi, prospek karier yang ditawarkan terbuka lebar. Berbagai pilihan karier dapat ditekuni mulai dari Data Scientist, Konsultan IT hingga Staf Pengajar (Dosen) sekali pun dapat diraih dalam jurusan ini.

Sistem Informasi merupakan bidang ilmu yang mempelajari terkait dengan bidang komputer, terutama dalam bidang ilmu bisnis dan manajemen. Sehingga jika kalian mengambil bidang studi Sistem Informasi, kalian dapat mempelajari terkait dengan cara mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki perusahaan, hingga menyusun sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dengan kualitas pembelajaran dan kurikulum yang selalu ter-uptodate, menjadikan lulusan Universitas BSI dapat dengan mudah mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang didapatkan selama di bangku kuliah, ke lapangan pekerjaan.

Sehingga, tidak heran lulusan Sistem Informasi lebih siap untuk terjun langsung ke dunia kerja. Hal ini tidak menutup kemungkinan karena telah terbukti, lulusan Sistem Informasi sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan baik negeri maupun swasta. Mengingat, dalam jurusan sistem informasi merupakan suatu pekerjaan yang menjembatani antara programmer dengan user.

Selain memperoleh prospek karier yang gemilang, gaji untuk lulusan Sistem Informasi menjadi incaran bagi para kaum fresh graduate. Melansir dari situs karier jobskarir.id, secara umum, rata-rata gaji awal lulusan Sistem Informasi berada pada kisaran Rp 5.000.000, dengan pekerjaan sebagai staf bidang teknologi informasi di suatu perusahaan.

Namun pada kenyataan yang sebenarnya besaran nominal gaji tersebut sangat tergantung pada kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, serta area tempat bekerja. Semakin tinggi skill dan kemampuan yang kalian miliki tentu akan tinggi pula gaji yang kalian dapatkan.

Baca Juga : Top 5 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Masa yang Akan Datang!

Ilustasi, lulusan sistem informasi – (sumber: inixindojogja.co.id)

Berikut ini beberapa propek karier beserta gaji awal bagi lulusan Sistem Informasi:

1. Business Analyst

Prospek karier dalam bidang Business Analyst memegang peranan yang cukup penting. Salah satunya menjadi penghubung antara manajemen dengan pemegang saham serta antara tim IT dengan user. Gaji dari profesi ini, sekitar Rp 10 juta per bulan.

2. Web Developer

Menjadi seorang Web Developer tentu bukan menjadi hal yang asing bagi lulusan Sistem Informasi, mengingat dalam job desk ini kalian akan menciptakan sebuah program aplikasi untuk suatu website. Gaji rata-rata seorang web developer di Indonesia mencapai Rp 6 juta per bulannya.

3. Project Manager

Jika berbicara terkait dari sisi bisnis, Project Manager merupakan penggerak seluruh anggota tim pada suatu proyek. Pada posisi yang lebih strategis, peran seorang Project Manager sangat menentukan keberlangsungan hidup suatu perusahaan. Rata-rata gaji untuk seorang manager proyek adalah Rp 5 juta per bulan di Indonesia.

4. E-Commerce System Developer

Mengenai E-commerce System Developer, tentu banyak hal yang akan dibahas dalam hal ini, seperti alur sistem, tingkat keamanan, hingga UI dan UX sistem e-commerce perusahaan. Gaji yang ditawarkan di industri digital Rp 17 juta hingga Rp 158,3 juta per bulan.

5. IT Manager

Sebagai seorang menager tentu harus memiliki skill yang mampu membuat untuk mengatur, mengkordinasikan, serta mengatur segala aktivitas yang berhubungan dengan Sistem Informasi. Rata-rata gaji untuk seorang IT Manager adalah Rp 21 juta per bulan di Indonesia.

6. Database Administrator

Sebagai seorang Database Administrator tentu harus dapat mengelola serta merapikan data perusahaan. Saat ini diperkirakan gaji seorang Database Administrator adalah Rp 5 juta s/d Rp 13 juta per bulan di Indonesia.

7. System Analyst

Ilustrasi, lulusan sistem informasi – (sumber: liatdisini.blogspot.com)

Profesi System Analyst tentunya sangat berkaitan erat dengan IT, seperti mengelola aplikasi, membuat spesifikasi yang digunakan oleh programmer, maupun mengidentifikasi apa saja kebutuhan user agar sistem yang dikembangkan nantinya sesuai. Rata-rata gaji untuk seorang system analyst adalah Rp 4 juta per bulan di Indonesia.

8. IT Consultant

Sama hal nya seperti consultant pada umumnya namun hanya saja pada profesi ini consultant yang dimaksudkan berhubungan dengan IT biasa profesi ini akan membantu perusahaan dalam meningkatkan struktur dan efisiensi sistem IT-nya. Rata-rata gaji untuk IT Consultant adalah Rp 5 juta per bulan di Jakarta.

9. System Engineer

Seorang System Engineer memang mendesain dan mengatur sistem yang kompleks. System Engineering sendiri merupakan bidang interdisipliner yang menggabungkan rekayasan dan manajemen rekayasan kompleks. Rata-rata gaji untuk seorang System Engineer adalah Rp 11 juta per bulan di Indonesia.

10. Information System Manager

Information System Manager atau lebih dikenal sebagai IS Manager berhubungan dengan perencanaan, instalasi, dan maintenance, termasuk menangani upgrade pada hardware dan software. Gaji rata-rata manajer di bidang TI adalah Rp 8,5 juta.

11. Network Security

Profesi Network Security merupakan salah satu dari enam jenis pekerjaan dibidang cyber security dengan bayaran paling tinggi. Untuk gaji profesi Network Security Administrator berkisar 10 – 15 juta perbulannya.

12. Programmer

Berbekal pengetahuannya dibidang IT, lulusan Sistem Informasi juga dapat bekerja sebagai Programmer. Rata-rata gaji programmer pemula atau fresh graduate berkisar Rp4 juta – Rp5 juta, sedangkan bagi mereka yang sudah punya pengalaman, bisa mendapat penghasilan hingga Rp18 juta – Rp40 juta.

Baca Juga : 6 Jurusan Kuliah Favorit di Bidang Teknologi (IT) Kampus Swasta

Pendaftaran mahasiswa baru (PMB) Universitas BSI, telah dibuka untuk gelombang pertama, untuk perkuliah bulan Maret 2022. Salah satu prodi yang dibuka adalah Prodi Sistem Informasi untuk jenjang D3 dan S1.

Bagi kalian, yang ingin mendaftar, PMB di Universitas BSI berikan 2 kemudahan dalam mendaftar. Pertama, bisa mengkases laman http://pendaftaran.bsi.ac.id/ dan bisa melalui aplikasi PMB UBSI, yang bisa kalian download di playstore.

Selain prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Informatika (FTI), Universitas BSI, juga menyediakan jurusan lain, yakni Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Elektro, Teknik Industri, Sistem Informasi Akuntansi dan Teknik Komputer.

Respon (24)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *