Pengertian Internet Marketing, Elemen, Ciri dan Kekurangan-Kelebihannya

Pengertian Internet Marketing – Dewasa ini, internet menjadi wadah terbaik untuk menjalankan strategi marketing. Aktivitas ini juga sering disebut dengan istilah internet marketing. Yang mana pengertian internet marketing ialah sebuah strategi pemasaran dan iklan melalui internet.

Tentu, metode pemasaran seperti ini sangat efektif di era serba digital seperti saat ini. Melihat target pasar yang bisa dijangkau melalui internet begitu luas, maka potensi keuntungan yang diperoleh pun bisa lebih banyak.

Internet marketing

Pengertian Internet Marketing

Sebelum beranjak lebih jauh, mungkin tidak sedikit Sobat Bintang yang belum memahami secara detail pengertian internet marketing.

Secara umum, internet marketing ialah sebuah usaha atau upaya untuk memasarkan produk ataupun jasa guna membangun hubungan dengan pelanggan melalui media internet.

Beberapa ahli juga menjelaskan pengertian internet marketing:

  1. Coupey (2001)

“Pengertian internet marketing BISA menjadi media komunikasi diantara penjual, konsumen, serta dengan beragam organisasi lain.”

  1. Traver dan Laudon (2008)

“Internet marketing merupakan pemasaran yang dilakukan di web untuk membangun hubungan jangka panjang yang positif dengan pelanggan.

Sehingga hasil yang diharapkan bisa menciptakan kompetisi unggul dan memungkinkan perusahaan membuat harga yang lebih tinggi terhadap layanan atau produk tersebut.”

Baca Juga: Cari Cuan di Dunia Metaverse, Tren di Era Digital!!

  1. Mulia (2009)

“Pengertian internet marketing adalah suatu media yang dijadikan sebagai tempat pemasaran produk ataupun layanan jasa lewat internet.”

  1. Keller dan Kotler (2009)

“Internet marketing merupakan suatu wujud dari upaya perusahaan untuk menginformasikan, mempromosikan, mengkomunikasikan, serta menjual jasa/ produk dengan memakai media internet.”

  1. Mohammed (2003)

“Pengertian internet marketing yaitu sebuah proses membangun kemudian memelihara hubungan dengan pelanggan secara online sebagai wadah untuk bertukar ide, jasa, atau produk.”

Elemen dalam Internet Marketing

Dalam praktiknya, internet marketing membutuhkan beberapa elemen yang akan mendukung efektfitas dan kesuksesan strategi pemasaran ini, yaitu:

  • Website
  • Email marketing
  • E-commerce
  • Artikel SEO
  • Search Engine Marketing (SEM)
  • Sales
  • Social Media Marketing
  • Systemize Follow-Up

Semakin banyak elemen yang digunakan, maka akan semakin besar pula peluang kesuksesan yang diperoleh. Tidak harus dalam satu waktu, sebab beberapa elemen di atas bisa dimanfaatkan sesuai timing yang tepat.

Ciri-Ciri Internet Marketing

Terdapat beberapa ciri yang dapat menunjukkan konsep pemasaran digital, seperti:

  • Ruang lingkup pemasaran lebih luas, bisa dijangkau siapa saja dan di mana saja.
  • Tipe promosi yang fleksibel dan terpencar, contohnya melalui media sosial, artikel website, email marketing dan lain sebagainya.
  • Komunikasi banyak arah, penjual dan pembeli memiliki peran yang sama yakni aktif untuk mendiskusikan produk.
  • Komunikasi pun lebih terbuka dan responsif, bahkan banyak e-commerce yang sudah menawarkan layanan pelanggan 24 jam non-stop.

Komponen Internet Marketing

Terdapat lima komponen dalam startegi internet marketing. Beberapa ahli, seperti Mohammed, Fisher, Jaworski dan Paddison (2003,p4), menyebutkan kelima komponen tersebut yaitu:

  1. Membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan

Tiga poin penting yang dapat membangun hubungan dengan pelanggan yaitu, awareness, exploration dan commitment. Sebuah program pemasaran bisa dikatakan sukses ketika bisa menggiring pelanggan sampai ke tahap komitmen.

Di mana tujuan akhir dari internet marketing bukan hanya untuk menjalin hubungan dengan pelanggan secara online, namun juag offline.

  1. Proses

Strategi internet marketing tentu harus dilakukan secara bertahap dan berproses. Dengan begitu, hasil akhir yang diperoleh akan lebih terarah dan maksimal.

Adapun proses dalam sistem pemasaran digital antara lain adalah sebagai berikut:

  • Membentuk peluang pasar
  • Menyusun strategi marketing
  • Menyusun pengalaman pelanggan
  • Membangun hubungan antarmuka dengan pelanggan/hubungan offline
  • Menyusun dan membuat program pemasaran
  • Memaksimalkan informasi pelanggan melalui sarana teknologi
  • Evaluasi hasil internet marketing secara menyeluruh dan detail.
  1. Pertukaran

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tujuan akhir dari pemasaran digital ialah untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan secara online maupun offline.

Sehingga, pada akhirnya harus terjadi pertukaran di dunia nyata.

  1. Online

Sesuai dengan pengertian internet marketing, strategi pemasaran ini memang menggunakan internet sebagai medianya. Meski begitu, keterkaitan dengan program dan strategi pemasaran tradisional tidak pernah terlepas dari proses ini.

  1. Memenuhi kepuasan kebutuhan kedua belah pihak

Melalui internet marketing, pemenuhan kepuasan kebutuhan dari kedua belah pihak akan lebih mudah tercapai.

Dalam hal ini, perusahaan memiliki tujuan untuk memperluas pangsa pasar, meningkatkan laba, membangun kepercayaan atau awareness dan lain sebagainya.

Sementara dari pihak pelanggan, yakni membutuhkan produk atau jasa sesuai dengan keinginan/kebutuhannya.

Kelebihan Internet Marketing

Perkembangan teknologi telah membawa dampak yang begitu besar dalam kehidupan manusia. Salah satu dampak terbesar yang bisa dirasakan para pelaku bisnis adalah proses pemasaran dan promosi usaha menjadi lebih mudah serta maksimal.

Baca Juga: Mandiri Digital Universe, Segera Hadir Beri Imun Bidang Teknologi Digital

Menurut Strauss dan Frost (2012), internet marketing memiliki tujuan dan kelebihan, seperti:

  1. Waktu pemasaran dan iklan tanpa batas, serta layanan 24 jam non-stop.
  2. Dapat menjangkau pasar global.
  3. Dapat menjangkau calon konsumen secara lebih maksimal dan dengan biaya yang lebih terjangkau.
  4. Pelaku usaha dapat melakukan promosi semenarik mungkin.
  5. Dapat menjalin hubungan dengan konsumen secara lebih dekat, baik melalui email, chat, live chat ataupun layanan komunikasi lain.
  6. Memungkinkan pengukuran data respon konsumen terhadap marketing perusahaan menjadi lebih akurat dan mudah tentunya.
  7. Minim risiko dari berbagai hal.
  8. Proses pembelian barang relatif lebih mudah dibandingkan melalui system offline.
  9. One-on-One marketing.

Kekurangan Internet Marketing

Meski memiliki banyak kelebihan, tak bisa dimungkiri jika sistem pemasaran melalui sarana internet juga mempunyai sejumlah kekurangan. Beberapa kekurangan dari internet marketing adalah sebagai berikut:

  1. Membutuhkan keahlian khusus

Tidak semua orang memiliki kemampuan atau keahlian untuk memasarkan suatu bisnis secara maksimal melalui internet. Hal ini juga dibarengi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, sehingga para pelaku usaha harus terus upgrade ilmu untuk keperluan internet marketing.

  1. Skema cenderung rumit

Ketika terjadi transaksi jual-beli secara online, maka penjual harus mengirim barang dan memastikan jika produknya sampai ke customer secara cepat dan aman. Metode pembayaran pun harus diperhatikan dengan cermat, baik transfer ataupun COD.

Hal ini berbanding terbalik dengan transaksi offline, di mana penjual bisa langsung menyerahkan produk pada pembeli yang sudah membayar.

  1. Tidak bisa instan

Harus diakui, metode pemasaran digital memang membutuhkan waktu cukup lama. Umumnya, suatu produk atau jasa bisa mencapai titik puncak mulai dari 2 bulan setelah proses pemasaran dimulai.

Meski, begitu hasil yang didapatkan biasanya lebih maksimal dan berkelanjutan.

  1. Rentan terhadap penipuan

Penipuan yang terjadi melalui dunia maya memang sangat mudah terjadi. Meski saat ini pengguna internet bisa dengan mudah melacak pelaku penipuan, namun risiko penipuan di kalangan pembisnis online masih cukup besar.

  1. Mudah ditiru dan reputasi rawan turun

Ketika Sobat Bintang sudah membuat promosi semenarik mungkin, sayangnya ide konten atau strategi yang diterapkan sangat mudah ditiru pihak lain. Selain itu, reputasi suatu perusahaan atau industri jasa juga sangat mudah turun ketika terdapat testimoni buruk dari pelanggan.

Walaupun memiliki banyak kelebihan dan kekurangan, namun di era digital seperti saat ini, internet marketing masih menjadi metode pemasaran yang efektif.

Ya, sesuai pengertian internet marketing di atas, para pelaku bisnis dapat memanfaatkan internet sehingga jangkauan pasarnya jauh lebih luas.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.