Jadwal Revisi Terbaru UTBK dan SBMPTN 2020

utbk dan sbmptn 2020

Hasil Revisi Jadwal UTBK dan SBMPTN 2020 – Pencapaian kelulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 sudah diumumkan pada tanggal 8 April 2020. Bagi kalian lulusan SMA/SMK yang belum beruntung masuk PTN melalui jalur SNMPTN, masih ada kesempatan untuk Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2020. Jumat, 17/04/2020.

Belum Lama ini, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuat jadwal dan teknis terbaru mengenai pelaksanaan UTBK dan SBMPTN 2020 terkait adanya wabah Covid-19. Jadwal tersebut dibuat dan disebar luaskan melalui surat edaran resmi Nomor 11/SE.LTMPT/2020 .

Dalam surat edaran Nomor 11/SE.LTMPT/2020, LTMPT menerbitkan “Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020” yang tadinya sempat ditunda karena adanya pencegahan pada penyebaran virus Covid-19 dalam bidang pendidikan.

Pada surat edaran tersebut, ada 5 (lima) point perubahan mengenai jadwal UTBK dan SBMPTN 2020 yang perlu kalian pahami dan ketahui supaya dapat dipersiapkan lebih matang.

5 Poin Hasil Revisi Jadwal UTBK dan SBMPTN 2020

1. Perubahan Jadwal

LTMPT secara resmi menerbitkan jadwal baru pelaksanaan UTBK SBMPTN, yaitu:

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN: 02 – 20 Juni 2020
Pelaksanaan UTBK: 05 – 12 Juli 2020
Pengumuman SBMPTN: 25 Juli 2020

Prof. Dr. Mohammad Nasih mengatakan bahwa Jadwal tersebut masih bersifat fleksibel dan harus tetap optimis UTBK dilaksanakan tepat waktu.

“Jika kondisi masih belum memungkinkan maka akan dilakukan penjadwalan ulang. Meski demikian, kita semua harus optimis agar UTBK bisa dilaksanakan pada tanggal tersebut yang sudah tertera.” Ujarnya.

2. Pengumuman UTBK SBMPTN bersama

Peserta dapat melakukan pendaftaran UTBK dan SBMPTN hanya satu kali secara serentak, dan memilih lokasi tes pusat UTBK, PTN sekaligus Program Studi.

Menurut Prof. Nasih, untuk UTBK pendaftarannya dilakukan secara serentak dengan pendaftaran SBMPTN, dengan diawalai memilih program studi. Selanjutnya tidak ada pengumuman nilai UTBK seperti tahun sebelumnya.

“Jadi mekanisme pengumumannya akan secara langsung. Sehingga setelah ujian selesai akan langsung diumumkan. Sekali lagi, alasan utamanya adalah karena kondisi yang tidak biasa. Mari kita persiapkan dengan sebaiknya. Tetap dirumah dan belajar dengan maksimal. Insya Allah hal itu sudah cukup untuk menghadapi UTBK,” imbuh Prof. Nasih

3. Hanya 1 (Satu) kali tes UTBK

Melalui kebijakan ini, peserta dapat mengikuti tes UTBK yang diujikan sebanyak 2 (dua) kali resmi dibatalkan. Sekarang, peserta hanya diperbolehkan mengambil maksimal 1 (satu) kali tes.

4. Materi tes yang diujikan hanya TPS

LTMPT menjelaskan materi untuk tes UTBK yang diujikan yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS). Tidak dijelaskan mengenai soal Tes Kompetensi Akademik (TKA). Lain halnya dengan TAK yang mengukur sejauh mana peserta dapat mengusai materi pelajaran melalui Higher Order Thinking Skill (HOTS). TPS juga bermaksud untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa yang dianggap penting untuk mencapai keberhasilan di pendidikan tinggi.

5. Pelaksanaan tes terbagi dalam 4 (empat) sesi

Tes dilaksanakan dalam 4 (empat) sesi setiap hari nya. Tapi penjelasan detai tentang pembagian sesi belum dijelaskan lebih lanjut.

Maka dari itu, untuk mengetahui perkembangan seputar UTBK SBMPTN 2020, kalian bisa mengakses di laman resmi LTMPT.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (1)