Sambut Peserta Didik Baru, SMAN 2 Cikarang Utara Adakan MPLS Virtual

Sambut Peserta Didik Baru, SMAN 2 Cikarang Utara Adakan MPLS Virtual
Flyer MPLS SMAN 2 Cikarang Utara – Dok. Sekolah

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas bangsa diselenggarakanlah pendidikan, baik pendidikan formal maupun nonformal. Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh berbagai faktor, internal dan eksternal.  Setiap jenjang pendidikanpun memiliki ciri-ciri khusus yang dapat menjadi ciri khas masing-masing jenjang.  Misalnya jenjang pendidikan SD tidak akan sama dengan jenjang SMP. Begitupun dengan jenjang SMP, tidak akan sama dengan SMA.

Perbedaan setiap jenjang inilah akan berimplikasi pada beberapa kebiasaan belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Habituasi yang  secara kontinu dilakukan  pada   jenjang sebelumnya perlu disesuaikan dengan cara belajar yang baru yang sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, psikologis, dan tumbuh kembang anak.

Untuk mengantar seorang anak memasuki jenjang pendidikan yang baru, diperlukan  Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk memfasilitasi peserta didik mengenal lingkungan dan budaya di sekolah yang baru, sebelum menempuh pembelajaran berikutnya. SMAN 2 Cikarang Utara melaksanakan kegiatan  “Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 SMA Negeri 2 Cikarang Utara”. PLS dilaksanakan pada tanggal 21, 22, 23, 26 Juli 2021 secara daring.  Tema yang diusung adalah “Kuat Bersama, Karakter Tangguh, dan Optimis di Adaptasi Kebiasaan Baru”.

Baca juga : 5 Kampus Terbaik yang Menyediakan Kelas Karyawan di Cikarang

Secara umum tujuan dari kegiatan ini adalah memberi pengenalan, kesan yang positif dan menyenangkan terhadap lingkungan baru, baik yang berkaitan dengan lingkungan fisik, sosial, kebijakan akademik dan nonakademik dengan cara-cara belajar yang baru termasuk norma-norma khusus yang berlaku di lingkungan sekolah baru.

“Melalui kegiatan ini diharapkan  peserta didik mendapat bekal pengalaman bermakna untuk mengikuti pendidikan”, urai Kepala Sekolah saat Pembukaan Pengenalan Lingkungan Sekolah Rabu, 21 Juli 2021 dari SMAN 2 Cikarang Utara.

PLS dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung/live streaming melalui kanal Youtube  SMAN 2 Cikarang Utara pada tautan/link https://youtu.be/NbGAmBR5ogQ, Instagram SMAN 2 Cikarang Utara, dan juga melalui web pada laman https://sman2cikut.sch.id/.

“Pemanfaatan  media sosial ini dirasakan sangat memberikan benefit terutama di era digital seperti sekarang ini”, ungkap Sukanta, S.Pd.,M.Si., panitia PLS tahun ini yang juga host virtual.

Tujuan MPLS

Seperti paparan Ketua Panitia PLS 2021 yang juga sebagai Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan, Munabbi Riasah, S.Pd., M.Si.  bahwa  secara khusus Pengenalan Lingkungan Sekolah bertujuan untuk :

  1. Mengenali potensi diri siswa baru;
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;
  4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya;
  5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Tata Tertib MPLS

Lebih lanjut, Munabbi Riasah menyampaikan tata tertib peserta PLS yaitu:

  1. Setiap hari wajib mengubah nama sesuai format nama yang telah ditentukan (Nama_Kelas_Asal Sekolah);
  2. Setiap hari siswa wajib berpakaian rapi dan sopan sesuai dengan seragam yang telah ditentukan;
  3. Setiap hari siswa wajib hadir di room meeting tepat waktu;
  4. Setiap hari siswa wajib mengaktifkan kamera atau on camera;
  5. Setiap hari siswa wajib mengenakan nametag;
  6. Setiap hari siswa wajib menonaktifkan mikrofon ketika tidak dipersilakan berbicara;
  7. Setiap hari siswa wajib untuk tidak mengalihkan perhatian;
  8. Ketika hendak berbicara, siswa wajib memerhatikan aturan dalam berbicara di hadapan umum;
  9. Setiap hari siswa berperan aktif ketika diberi waktu untuk bicara;
  10. Setiap hari siswa wajib mencatat seluruh materi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan dalam pedoman ini, selanjutkan tugas akan dikumpulkan.

Metode MPLS SMAN 2 Cikarang Utara

Dalam kondisi  pandemi Covid-19,  pelaksanaan PLS untuk tahun pelajaran 2021/2022 dilaksanakan dengan  teknik  daring (online) melalui metode/strategi:

  1. Metode diskusi informasi, olah pikir (pemecahan masalah) yang dikemas dalam bentuk dinamika kelompok atau dalam bentuk sederhana tentang masalah-masalah aktual;
  2. Ceramah Umum;
  3. Bersifat gembira, menyenangkan, tidak mengandung penekanan dan memberi kesan positif yang mendalam bagi peserta didik bahwa mereka telah diterima dan berada di lingkungan sekolah yang baru;
  4. Pentas seni budaya dan renungan atau permainan lainnya dalam rangka penyesuaian diri, pengembangan potensi, minat dan bakat;
  5. Melibatkan pengurus OSIS dalam kepanitiaan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan; dan
  6. Penyampaian materi PLS tidak mengarah pada perpeloncoan dalam bentuk apapun termasuk menambah atribut di luar seragam sekolah.

Baca juga : Cara Daftar Beasiswa KIP-Kuliah di Universitas BSI Cibitung

Peserta MPLS

Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh  peserta didik baru hasil seleksi PPDB online dari tahap 1 dan tahap 2.

Pembukaan PLS dihadiri  oleh dua perwakilan siswa kelas X (Rizky Saputra dan Nur Fadhilah)  dan perwakilan orang tua siswa (Ayahanda dari Rizky Saputra). Mereka mengikuti rangkaian acara pembukaan PLS bersama Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan dan Staf, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum dan Staf, Wakil Kepala Sekolah Urusan Humas dan Staf, Kasubag, serta panitia OSIS. Keterlibatan Pengurus OSIS dalam kegiatan PLS ini sangat berarti karena mereka turut berpartisipasi secara aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, hingga melakukan evalusi kegiatan. Ini sebagai bagian dari program kerja OSIS Angkatan 33 yang diketuai oleh Maura Aglaila Rasyade. Tim Panitia OSIS yang turut aktif dalam PLS 2021 di antaranya Putri Ega, Wahyu Miftahul Najah, Erlina Rosmawati, Duriyyatul Millah, Cikal Ayu Ningtias, Resa Ramadhan, Lydia Gita, Alam Akbar Al-Fathah,  dan Alam Akbar Al-Fathah.

Materi dan Narasumber MPLS SMAN 2 Cikarang Utara

Materi dan narasumber yang  terlibat dalam PLS 2021  adalah sebagai berikut:

  1. Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat tentang Membangun Peserta Didik yang Berkarakter dan  Jabar Masagi, narasumber Drs. Mohammad Ilham Hasan, M.M. (Kepala SMAN 2 Cikarang Utara);
  2. Budaya Literasi, narasumber Lili Priyani, M.M.Pd. (Wakasek Urusan Humas/Penggerak Literasi);
  3. Wawasan Wiyata Mandala Sekolah Ramah Anak, narasumber Hj. Hamidah, S.Pd. (Koordinator Bimbingan Konseling);
  4. Penguatan Pendidikan Karakter Remaja berkarakter : Religius, sehat, cerdas, dan produktif), narasumber Munabbi Riasah, S.Pd., M.Si. (Wakasek Urusan Kesiswaan);
  5. Keluarga Sadar Hukum, narasumber Leni Lustiawati Dewi, S.Pd. (Staf Wakasek Urusan Kesiswaan);
  6. Kesehatan pada Adaptasi Kebiasaan Baru, narasumber H. Firman, SKM. (Kepala Puskesmas Mekarmukti, Cikarang Utara);
  7. Kewirausahaan, narasumber Deni Romansyah (Ketua Industri Kecil Menengah Kab. Bekasi dan Pendamping Wirausaha Baru Jawa Barat);
  8. Diversifikasi Kurikulum, narasumber Dwi Priyono, S. Pd., M.Si. (Wakasek Urusan Kurikulum);
  9. Leadership/Kepemimpinan, narasumber Drs. Mohammad Ilham Hasan, M.M. (Kepala SMAN 2 Cikarang Utara);
  10. Wawasan Kebangsaan dan Ideologi Pancasila, narasumber Kompol Mustakim, S.H., M.H.  (Kapolsek Cikarang Utara, Polres Metro Bekasi).

Semoga melalui kegitan PLS ini mampu  mewujudkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Kuat bersama, berkarakter tangguh, dan memiliki sikap optimis dalam adaptasi kebiasaan baru, akan terealisasi. (Lili Priyani – Wakasek Humas SMAN 2 Cikarang Utara)

Irwan

Halo Sobat Bintang! Kalian tau engga? Semua orang itu bisa merencanakan, tapi tidak semua bisa mengimplementasikan. So, Just do it! Jangan menunggu sempurna untuk memulai !! @irwan046_

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (11)