12 Manfaat Buah Mahoni untuk kesehatan

Mahoni atau dalam bahasa latin Swietenia macrophylla king termasuk salah satu jenis pohon besar yang berasal dari Hindia Barat ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 30 meter dengan diameter batang hingga satu meter lebih. Namun kualitas kayunya masih  di bawah kayu jati.

Sering kita lihat pohon mahoni selama ini banyak digunakan untuk tanaman penghijauan di tepi jalan di berbagai kota karena mampu menyerap polusi dengan sangat baik. Buah mahoni bentuknya seperti telur yang berwarna coklat dengan kulit keras.

Manfaat buah mahoni ini  mungkin kalah populer dengan bagian kayunya yang lebih banyak digunakan untuk membuat furnitur dan perabot rumah tangga. Namun khasiat buah mahoni tak bisa kita anggap remeh terutama untuk di pake di bidang pengobatan.

Buah mahoni ternyata sangat besar manfaatnya bagi kesehatan. Hal ini karena buah mempunyai kandungan senyawa aktif. Diantaranya adalah kandungan flavonoid, alkaloid, saponin, dan jenis fitokimia lainnya.

Manfaat Buah Mahoni dalam Menyembuhkan Penyakit

Kandungan nutrisi dan mineral yang terdapat didalam buah mahoni ini  terbilang sangat khas sehingga bisa melengkapi dengan konsumsi buah lainnya. Berikut ini beberapa manfaat buah mahoni untuk kesehatan dan menyembuhkan penyakit.

1. Suplemen untuk Tubuh

Kaya kandungan nutrisi dan fitokimia, buah mahoni sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Buah ini bisa dimanfaatkan sebagai suplemen yang dikonsumsi secara berkala namun jangan terlalu sering.

2. Meningkatkan Imunitas Bagi Tubuh

Senyawa aktif yang terdapat dalam buah mahoni kaya akan antioksidan yang sangat ampuh dalam menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan bagi tubuh. Senyawa ini juga sangat berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan bakteri dan virus.

3. Menambah Nafsu Makan

Kabar baik untuk Anda yang mempunyai badan kurus maupun anak-anak yang sulit makan. Buah mahoni ini ternyata berguna juga untuk menambah nafsu makan. Fungsi ini layaknya jamu pahitan pada umumnya yang mampu merangsang  nafsu makan agar meningkat.

4. Meredakan Demam (panas badan)

kandungan senyawa pada buah mahoni ampuh dalam meredakan dan mengatasi demam. Karena itu jika tubuh anda merasa demam karena berbagai sebab segera konsumsi buah ini untuk meredakannya.

5. Menyembuhkan Pilek atau flu

Buat Anda yang sedang mengalami flu dan hidung tersumbat sebaiknya tak perlu mengonsumsi obat flu berbahan kimia. Cobalah konsumsi buah mahoni yang efektif untuk mengatasi pilek dan hidung yang tersumbat.

6. Mengatasi Sembelit saat buang air besar

Gangguan konstipasi, sulit buang air besar, atau sembelit sering dialami banyak orang. Manfaat buah mahoni ternyata efektif dalam meredakan dan menyembuhkan berbagai gangguan tersebut.

7. Menyembuhkan Eksim

Kandungan fitokimia dalam buah mahoni yang bersifat antibakteri dan antijamur juga ampuh dalam meredakan dan mengatasi gatal akibat eksim. Cukup dengan tumbukan buah ini dan balurkan pada bagian kulit yang terkena eksim.

8. Meningkatkan Sirkulasi Peredaran Darah

Kaya akan kandungan flavonoid dan saponin, buah mahoni juga berguna dalam melancarkan sirkulasi darah maupun metabolisme pada tubuh. Aliran darah yang lancar sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit stroke.

9. Mengontrol Gula Darah

Kandungan saponin dalam buah mahoni berfungsi menurunkan dan mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Bahkan mengonsumsi ekstrak buah ini dapat berguna untuk mencegah penyakit diabetes.

10. Manfaat Buah Mahoni untuk wanita

Manfaat dari buah mahoni untuk wanita juga banyak. Diantaranya untuk meningkatkan kesuburan wanita ataupun mengatasi nyeri saat datang bulan (haid). Dengan minum ekstrak buah mahoni secukupnya.

11. Menyembuhkan Penyakit Rematik

Gangguan nyeri pada otot atau sendi akibat rematik juga bisa diatasi dengan konsumsi buah mahoni. Anda bisa mengolah buah herbal ini sebagai pengobatan dari luar dengan cara dibalurkan atau mengonsumsi ekstrak buahnya.

12. Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer yang menyerang otak juga bisa dicegah dengan buah mahoni. Kandungan senyawa aktif buah ini mampu melindungi otak, termasuk untuk mencegah kepikunan.

Itulah berbagai macam  manfaat buah mahoni yang sangat  berkhasiat dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Namun agar tidak menimbulkan efek samping buah mahoni yang merugikan sebaiknya batasi untuk konsumsinya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (3)