Apa Itu Kampus ICT? Mengenal Kampus ICT

Halo sobat bintang, apa itu kampus ICT? Kampus ICT (Information and Communication Technologies) adalah kampus yang sangat memperhatikan dua aspek penting yang ada di dalam ICT, yakni teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Kampus ICT lahir untuk menjawab perkembangan teknologi di dunia pendidikan. Kampus ICT memberikan banyak kemudahan, baik dalam proses belajar maupun dalam segi administrasi.

Baca juga: Sambut Sumpah Pemuda, UBSI Bersama Puteri Indonesia Gelar Webinar

Di era serba digital seperti saat ini, Kampus ICT di Indonesia terus berkembang pesat seperti salah satu kampus ICT di Indonesia yang selalu eksis di bidang IT yaitu Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

“UBSI merupakan salah satu kampus ICT terkemuka di Indonesia. Hal  itu didukung oleh sejumlah sarana dan prasarana yang menjadikan UBSI sebagai kampus ICT unggul,” kata Mochamat Wahyudi, selaku Rektor UBSI, Selasa (29/9).

Ia menambahkan, kampus UBSI adalah salah satu kampus swasta unggulan di Indonesia yang membawa visi menjadi universitas unggul di bidang digital dan ekonomi kreatif.

“UBSI berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan teknologi di dunia usaha, khususnya di sektor ekonomi kreatif,” ujarnya.

Itulah mengapa di kampus UBSI menghadirkan program studi atau jurusan kuliah yang bisa bekerja sebagai profesional maupun mendirikan usaha sendiri (wirausaha).

“Lulusan UBSI disiapkan menjadi tenaga profesional yang siap bekerja  di berbagai lembaga/perusahaan BUMN maupun swasta, dan menjadi entrepreneur yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain,” kata dia dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Untuk itu, UBSI dilengkapi dengan berbagai lembaga penunjang yang bertugas memberikan pembekalan/coaching untuk mendorong kesuksesan mahasiswa UBSI saat menempuh kuliah dan persiapan mereka setelah lulus kuliah.

“Lembaga penunjang tersebut antara lain BSI Career Center (BCC) yang telah bekerja sama dengan lebih dari 1.000 perusahaan, kemudian ada BSI Entrepreneur Center (BEC) dan BSI StarUp Center (BSC) yang didirikan untuk membina dan membidani usaha-usaha rintisan dari kalangan mahasiswa,”  tuturnya.

Proses pembelajaran yang diberlakukan oleh kampus UBSI  juga beragam, ada yang diselenggarakan di kampus utama ada juga yang di luar kampus utama. Mahasiswa UBSI  bisa menikmati kemudahan online academic dan e-learning dari kampus UBSI. Mahasiswa bisa belajar di mana saja dan kapan saja, tanpa dibatasi tempat dan waktu.

Ia juga menyebutkan, para tenaga  pengajar di kampus UBSI adalah dosen-dosen profesional dan terlatih lulusan dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di dalam maupun luar negeri.

“Kami mengirimkan banyak dosen UBSI belajar S2 dan S3 di kampus ternama di sejumlah negara, seperti Jepang, Malaysia, Australia dan lain-lain,” ungkapnya.

Keunggulan lain sebagai kampus ICT, UBSI menaungi 3 fakultas, yaitu Fakultas Teknik dan Informatika (FTI), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), serta Fakultas Komunikasi dan Bahasa (FKB). Masing-masing fakultas tersebut memiliki program studi atau jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja maupun untuk menjadi wirausaha. “Secara keseluruhan, UBSI mempunyai 44 Program Studi (Prodi),” kata Wahyudi.

Itulah sobat bintang penjelasan mengenai apa itu kampus ICT. Semoga bermanfaat. Lanjutkan pendidikanmu! “Pendidikan adalah Investasi Masa Depan!”.

Irwan Herliawan

Halo Sobat Bintang! Kalian tau engga? Semua orang itu bisa merencanakan, tapi tidak semua bisa mengimplementasikan. So, Just do it! Jangan menunggu sempurna untuk memulai !! @irwan046_

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (4)