Cara Mendapatkan Beasiswa ITB yang Wajib Kamu Tahu

  • Bagikan

Cara Mendapatkan Beasiswa ITB – Halo Sobat Bintang! Institut Teknologi Bandung atau yang lebih dikenal dengan sebutan ITB merupakan salah satu universitas terbaik dan terpopuler di Indonesia. Setiap tahunnya, ITB selalu dibanjiri oleh calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

Tidak hanya dari daerah yang berbeda saja, namun calon mahasiswa juga berasal dari kondisi ekonomi yang sangat beragam. Tentunya keterbatasan ekonomi bukanlah kendala untuk menuntut ilmu di universitas impian.

Sebagai bentuk dukungan pada calon maba, pihak ITB menyediakan berbagai fasilitas beasiswa. Bahkan, program beasiswa tidak hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa atau mahasiswa baru, namun juga untuk mahasiswa lama yang sedang menimba ilmu di perguruan tinggi tersebut.

Kamu juga memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh beasiswa di ITB, khususnya jika kamu memiliki niat dan tekad yang besar. Adapun cara mendapatkan beasiswa ITB sebenarnya tidak  terlalu rumit, kamu bisa menyimak informasinya di bawah ini.

Baca juga: Kerjasama Danacita dengan UNM: Berikan Beasiswa Digital Senilai 3,6 Milyar

Jenis Beasiswa di ITB (Institut Teknologi Bandung)

Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, tentu saja ITB mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Indonesia. Selain infrastruktur kampus, pemerintah juga memberikan berbagai fasilitas lain salah satunya adalah beasiswa.

Kabar bahagianya, beasiswa tidak hanya datang dari pihak pemerintah namun juga berasal dari pihak swasta. Beberapa beasiswa ITB baik swasta maupun dari pemerintah bisa Anda lihat pada informasi berikut ini:

1. Beasiswa CIMB ASEAN

Jika kamu sedang adalah seorang calon mahasiswa S1 dan ingin melanjutkan studi baik di dalam negeri maupun luar, mendaftar beasiswa CIMB ASEAN untuk belajar di ITB menjadi solusi yang tepat.

Kelebihan dari beasiswa ini adalah CIMB ASEAN akan mengakomodasi seluruh biaya kuliah mulai dari beasiswa pendaftaran, tunjangan hidup dan akomodasi.

2. Beasiswa ITB untuk Semua

Beasiswa selanjutnya yaitu beasiswa ITB Untuk Semua yang diperuntukkan khusus calon mahasiswa baru ITB yang memiliki prestasi namun dengan kondisi finansial menengah ke bawah. Adapun syarat lebih spesifiknya adalah calon mahasiswa dengan penghasilan orang di bawah 5 juta per bulan.

Jadi, jika kamu memiliki nilai yang bagus atau memiliki prestasi yang baik di sekolah dan ingin melanjutkan studi di ITB, Kamu dapat mendaftar beasiswa jenis ini guna membantu anggaran selama kuliah.

3. Beasiswa KIP Kuliah

Pada dasarnya, hampir semua universitas di Indonesia memiliki jenis beasiswa yang satu ini. Beasiswa KIP Kuliah hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa saja yang telah mendapat rekomendasi dari pihak sekolah sebelumnya.

Beasiswa KIP Kuliah memberi keringanan kepada calon mahasiswa dengan membebaskan biaya BPPM yakni Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Mahasiswa full 100%.

Bagi kamu yang ingin kuliah di ITB, universitas favorit tersebut juga menyediakan beasiswa KIP Kuliah guna membantu calon mahasiswa yang memiliki kendala dalam pembiayaan.

4. Beasiswa Bidikmisi

Merupakan beasiswa yang sudah tidak asing lagi di telinga para calon mahasiswa. Beasiswa Bidikmisi berasal dari Dikti bagi mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di ITB dengan pembebasan biaya semester dan uang kuliah selama 8 semester.

5. Beasiswa Djarum Plus

Beasiswa yang diperuntukkan khusus mahasiswa semester 4 yang memiliki nilai IPK minimal 3.00 dan aktif dalam kegiatan organisasi.

Bentuk beasiswa Djarum Plus berupa pelatihan organisasi dan biaya hidup selama masa kuliah.

Baca juga: Beasiswa Talenta Digital UBSI, Bebas Biaya Kuliah Hingga 100%!

Cara Mendapatkan Beasiswa ITB

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa beasiswa kuliah diperuntukkan bagi calon mahasiswa dan mahasiswa lama dengan persyaratan yang berbeda tentunya. Adapun cara mendapatkan beasiswa ITB bagi calon mahasiswa baru dan mahasiswa lama yaitu :

1. Bagi Mahasiswa Lama

Beasiswa mahasiswa merupakan suatu bentuk bantuan serta pembiayaan baik untuk biaya kelangsungan hidup selama menjadi mahasiswa maupun bantuan biaya kuliah semester. Jika kamu merupakan mahasiswa ITB, kamu wajib mengetahui apa saja jenis beasiswa yang ditawarkan.

Kamu dapat mengunjungi website resmi kampus atau website yang memuat informasi seputar beasiswa universitas di seluruh Indonesia maupun luar negeri. Selain itu, pastikan juga bahwa kamu telah memenuhi persyaratan seperti minimal nilai IPK serta aktif ikut serta dalam organisasi.

2. Bagi Calon Mahasiswa Baru

Cara mendapatkan beasiswa ITB untuk mahasiswa baru yaitu harus memperhatikan serta memenuhi persyaratan dari pihak pemberi beasiswa. Dalam hal ini bisa termasuk pemerintah maupun lembaga swasta.

Pada umumnya, beasiswa bisa diperoleh bagi calon mahasiswa kurang mampu atau bagi calon mahasiswa prestasi. Di bawah ini caranya:

  • Kunjungi situs atau website resmi pihak penyelenggara beasiswa. Perhatikan persyaratan yang ditentukan dan pastikan kamu memenuhi semua kriterianya.
  • Isi formulir pendaftaran pada halaman website. Isi dengan teliti dan lampirkan dokumen pendukung sesuai yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara.
  • Gunakan kontak serta alamat yang valid, termasuk alamat tempat tinggal, email pribadi dan juga asal sekolah.

Itulah cara mendapatkan beasiswa ITB yang bisa Sobat Bintang coba. Mau cari beasiswa universitas yang lain? Silahkan kunjungi universitas123.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *