Isi Surat Lamaran Pekerjaan (Pembahasan Modul Kelas 12) Bahasa Indonesia Bagian 1

  • Bagikan

Isi Surat Lamaran Pekerjaan – Haii Sobat Bintang!! Kali ini mimin mau memberikan pembahasan mengenai Modul Bahasa Indoneisa Kelas 12 khusus buat kalian. Modul Bahasa Indonesia yang akan mimin bahas ini yakni modul dari Kemendikbud. Dalam pembahasan modul bahasa indonesia ini mimin akan membaginya dalam beberapa bagian yang akan mimin sajikan pada hari yang berbeda.

Okey, mimin akan memulai pembahasan pertama ini dengan pembahasan materi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan. Untuk pembahasan materi ini mimin akan membaginya menjadi 2 (Dua) Sesi. Pada sesi pertama ini mimin akan membahas mengenai Isi Surat Lamaran Pekerjaan.

Yuk kita mulai, simak baik-baik yah Sobat Bintang!!

Baca juga: 10 Ekskul yang Paling Diminati Siswa/i, Kamu Harus Tahu!

Isi Surat Lamaran Pekerjaan
Ilustrasi (Sumber: kemendikbud.go.id)

Berikut Pembahasan Modul Kelas 12 tentang Isi Surat Lamaran Pekerjaan

Pengertian

Sebelum mengetahui pengertian tentang isi surat lamaran pekerjaan, di bawah ini kalian akan melihat contoh surat lamaran pekerjaan terlebih dahulu. Perhatikan baik-baik ya!!

Medan, 09 Maret 2021

Yth. General Manager PT Simalem Jaya
Jalan Ujung Batu Rokan No. 30 Medan

Dengan hormat,
Setelah membaca iklan lowongan pekerjaan di surat kabar Medan Bisnis, pada tanggal 8 Maret 2021 yang menyatakan bahwa PT Simalem Jaya sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi Akuntan, Manager Marketing, dan Teknisi. Oleh karena itu, melalui surat ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi posisi Teknisi. Di bawah ini adalah identitas diri saya:

nama                         : Ismunandar
jeniskelamin              : Laki – Laki
tempat, tanggal lahir : Sukabumi, 10 Juli 1997
pendidikan terakhir   : Sarjana Komputer STMIK Nusa Mandiri
alamat                       : Jalan Medan Utara Medan No. 65 Sumatera Utara

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, bersama dengan surat lamaran ini saya melampirkan:

1. pas foto terbaru 3 X 4, 2 lembar;
2. fotokopi KTP;
3. fotokopi Ijazah S1 dan transkip nilai;
4. fotokopi sertifikat kursus/pelatihan;
5. surat berkelakuan baik dari kepolisian;
6. riwayat hidup;
7. surat pengalaman kerja.

Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya berharap untuk dapat diberikan kesempatan wawancara di waktu dan tempat yang Bapak/Ibu tentukan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat saya,
Ttd
Ismunandar

Dari contoh isi surat lamaran pekerjaan di atas bisa terlihat apa pengertian dari surat lamaran pekerjaan itu sendiri. Jadi, surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang membutuhkan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang bisa memberikan pekerjaan kepadanya. Silahkan Lihat Contoh Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran pekerjaan ini bersifat pribadi dan formal atau resmi. Bersifat pribadi karena surat tersebut dibuat oleh seseorang dan bersifat formal atau resmi karena menggunakan bahasa yang resmi. Surat lamaran pekerjaan juga termasuk kategori surat penjualan, karena pelamar menjual segala potensi diri kepada lembaga yang menyediakan lowongan pekerjaan tersebut.

Dalam isi surat lamaran pekerjaan, pelamar perlu untuk menyebutkan suatu sumber lamaran tersebut di paragraf pembuka atau di alenia pertama. Namun jika lamaran tersebut tidak berdasarkan pada suatu sumber, maka tidak perlu penyebutkan sumber pada paragraf pembuka.

  • Bagikan

Respon (8)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *