Isi Surat Lamaran Pekerjaan (Pembahasan Modul Kelas 12) Bahasa Indonesia Bagian 1

Isi Surat Lamaran Pekerjaan – Haii Sobat Bintang!! Kali ini mimin mau memberikan pembahasan mengenai Modul Bahasa Indoneisa Kelas 12 khusus buat kalian. Modul Bahasa Indonesia yang akan mimin bahas ini yakni modul dari Kemendikbud. Dalam pembahasan modul bahasa indonesia ini mimin akan membaginya dalam beberapa bagian yang akan mimin sajikan pada hari yang berbeda.

Okey, mimin akan memulai pembahasan pertama ini dengan pembahasan materi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan. Untuk pembahasan materi ini mimin akan membaginya menjadi 2 (Dua) Sesi. Pada sesi pertama ini mimin akan membahas mengenai Isi Surat Lamaran Pekerjaan.

Yuk kita mulai, simak baik-baik yah Sobat Bintang!!

Baca juga: 10 Ekskul yang Paling Diminati Siswa/i, Kamu Harus Tahu!

Isi Surat Lamaran Pekerjaan
Ilustrasi (Sumber: kemendikbud.go.id)

Berikut Pembahasan Modul Kelas 12 tentang Isi Surat Lamaran Pekerjaan

Pengertian

Sebelum mengetahui pengertian tentang isi surat lamaran pekerjaan, di bawah ini kalian akan melihat contoh surat lamaran pekerjaan terlebih dahulu. Perhatikan baik-baik ya!!

Medan, 09 Maret 2021

Yth. General Manager PT Simalem Jaya
Jalan Ujung Batu Rokan No. 30 Medan

Dengan hormat,
Setelah membaca iklan lowongan pekerjaan di surat kabar Medan Bisnis, pada tanggal 8 Maret 2021 yang menyatakan bahwa PT Simalem Jaya sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi Akuntan, Manager Marketing, dan Teknisi. Oleh karena itu, melalui surat ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi posisi Teknisi. Di bawah ini adalah identitas diri saya:

nama                         : Ismunandar
jeniskelamin              : Laki – Laki
tempat, tanggal lahir : Sukabumi, 10 Juli 1997
pendidikan terakhir   : Sarjana Komputer STMIK Nusa Mandiri
alamat                       : Jalan Medan Utara Medan No. 65 Sumatera Utara

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, bersama dengan surat lamaran ini saya melampirkan:

1. pas foto terbaru 3 X 4, 2 lembar;
2. fotokopi KTP;
3. fotokopi Ijazah S1 dan transkip nilai;
4. fotokopi sertifikat kursus/pelatihan;
5. surat berkelakuan baik dari kepolisian;
6. riwayat hidup;
7. surat pengalaman kerja.

Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya berharap untuk dapat diberikan kesempatan wawancara di waktu dan tempat yang Bapak/Ibu tentukan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat saya,
Ttd
Ismunandar

Dari contoh isi surat lamaran pekerjaan di atas bisa terlihat apa pengertian dari surat lamaran pekerjaan itu sendiri. Jadi, surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang membutuhkan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang bisa memberikan pekerjaan kepadanya. Silahkan Lihat Contoh Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran pekerjaan ini bersifat pribadi dan formal atau resmi. Bersifat pribadi karena surat tersebut dibuat oleh seseorang dan bersifat formal atau resmi karena menggunakan bahasa yang resmi. Surat lamaran pekerjaan juga termasuk kategori surat penjualan, karena pelamar menjual segala potensi diri kepada lembaga yang menyediakan lowongan pekerjaan tersebut.

Dalam isi surat lamaran pekerjaan, pelamar perlu untuk menyebutkan suatu sumber lamaran tersebut di paragraf pembuka atau di alenia pertama. Namun jika lamaran tersebut tidak berdasarkan pada suatu sumber, maka tidak perlu penyebutkan sumber pada paragraf pembuka.

Jenis Surat Lamaran

isi surat lamaran pekerjaan

Setelah mengetahui kalian pengertian surat lamaran pekerjaan, kalian akan belajar mengenai jenis-jenisnya. Berdasarkan jenis pembuatannya, isi surat lamaran pekerjaan mempunyai dua jenis yakni:

a. Surat lamaran pekerjaan yang menyatu dengan riwayat hidup atau CV (curriculum vitae). Dalam salah satu jenis ini, riwayat hidup termasuk isi surat karena isinya berupa gabungan. Cara ini juga disebut dengan model gabungan.

b. Surat lamaran yang terpisah dari riwayat hidup. Dalam salah satu jenis surat lamaran pekerjaan ini riwayat hidup merupakan lampiran dan cara ini disebut model terpisah.

Dalam praktiknya, jenis yang sering pelamar kerja pakai adalah model terpisah seperti contoh di atas. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, mereka lebih menyukai model ini karena suratnya tidak terlalu panjang.

Baca juga: 10 Cara Mudah Belajar Matematika

Unsur-unsur Surat Lamaran Pekerjaan

isi surat lamaran pekerjaan

Setelah kalian bisa menentukan jenis surat lamaran pekerjaan yang akan kalian buat, kalian juga harus belajar mengetahui unsur-unsurnya. Karena, dengan memahami unsur-unsurnya kalian akan lebih memahami tentang isi surat lamaran pekerjaan. Unsur-unsur penting di dalam surat lamaran pekerjaan adalah:

a. Tesis

Bagian awal surat dengan pernyataan umum atau Tesis, yaitu bagian surat lamaran pekerjaan yang menyajikan pengantar surat pernyataan umum. Salah satu unsur ini berfungsi sebagai informasi awal terkait dengan pekerjaan yang akan kalian lamar. Pada bagian Ini kalian akan menyajikan informasi berupa salam pembuka, pembuka dan biodata.

b. Argumentasi

Argumentasi adalah bagian surat lamaran pekerjaan yang menyajikan alasan bagi pemilik lowongan pekerjaan untuk menerima kalian sebagai pelamar. Pada bagian ini kalian akan menyajikan informasi berupa foto kopi ijazah, curikulum vitae, dan keterangan lain yang mendukung kompetensi kalian.

c. Penegasan

Unsur yang terakhir ini, merupakan bagian surat lamaran pekerjaan yang berfungsi sebagai penutup. Pada bagian ini kalian akan menyajikan seperti harapan pelamar, salam penutup dan nama serta tanda tangan.

Fungsi

Setelah kalian sudah mengetahui Pengertian, Jenis, dan Unsur isi surat lamaran pekerjaan, tentunya kalian juga harus tahu fungsinya. Fungsi utama dari surat lamaran pekerjaan adalah sebagai tanda tertulis/resmi pengajuan permohonan pekerjaan kepada calon pemberi pekerjaan.

Selain itu, karena surat ini sifatnya resmi tentu akan langsung diterima sebagai permohonan dan pertimbangan dalam menerima pelamar tersebut. Fungsi-fungsi dari isi surat lamaran pekerjaan ini yakni:

a. Sebagai Alat Komunikasi

Fungsi ini merupakan salah satu fungsi dasar dari setiap surat. Karena setiap surat pastinya akan mengandung informasi yang akan sangat diperlukan oleh pihak yang dituju. Dalam surat lamaran pekerjaan biasanya akan terlampir izasah, daftar riwayat hidup, foto copy KTP dan keterangan pengalaman pekerjaan. Semua informasi tersebut akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan untuk menerima pelamar tersebut. Oleh karena itu, kalian harus sangat memperhatikan informasi dalam surat lamaran tersebut dan mempersiapkan semua prasyarat yang ada.

b. Sebagai Bahan Pertimbangan

Seperti penjelasan sebelumnnya bahwa dengan hadirnya sebuah surat lamaran kerja dan berbagi informasi mengenai identitas diri, merupakan kebutuhan yang penting. Karena, untuk melakukan sebuah pertimbangan bagi perusahaan menerima pelamar yang tepat mengisi pekerjaan yang kosong.

c. Sebagai tanda tertulis / resmi pengajuan permohonan pekerjaan

Fungsi yang satu ini merupakan fungsi utama dari isi surat lamaran pekerjaan. Karena surat ini sifatnya resmi, tentu akan langsung diterima sebagai permohonan dan pertimbangan dalam menerima pelamar tersebut.

Nah, itu lah seputar materi isi surat lamaran pekerjaan yang terdapat pada modul kelas 12. Jadi, intinya surat lamaran kerja merupakan surat yang dikirim oleh seseorang kepada instansi untuk mencari pekerjaan. Semoga Bermanfaat yaa!! Untuk mengetahui pembahasan lainnya, kalian bisa terus mengunjungi Bintang Sekolah Indonesia. Tetap semangat ya Sobat Bintang!!

Baca juga: 10 Manfaat Rajin Membaca, Kalian Harus Tahu!

Sumber:

Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan_Bahasa Indonesia_Kelas XII KD 3.1
@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 9

Kosasih, Engkos. 2017. Cerdas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI
kelompok Peminatan Bahasa dan Budaya. Jakarta: Erlangga.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

https://seputarilmu.com/2020/08/surat-lamaran-pekerjaan.html

Dinar Ismunandar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - Al-Baqarah Ayat: 286, Haii, perkenalkan nama saya DInar Ismunandar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (6)