Jurusan Kuliah Kreatif, Untuk Kalian yang Ingin Terjun di Industri Kreatif

JAKARTA, Bintang Sekolah Indonesia – Halo Sobat Bintang!! Berbicara tentang jurusan kuliah kreatif. Saat ini, ekonomi kreatif tengah menjadi perbincangan di segala aspek tidak terkecuali di bidang Pendidikan. Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep pada era ekonomi baru, yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama.

Secara umum, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang saat ini kembali ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), telah membagi industri kreatif ke dalam 16 subsektor. Cakupan subsektor tersebut meliputi desain interior, arsitektur, desain komunikasi visual, desain produk, pengembang permainan, film, animasi, fotografi, video, fashion, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukkan, seni rupa, televisi, dan radio.

Dalam bidang industri kreatif tentunya keterampilan, talenta, dan unsur-unsur kreativitas, merupakan salah satu peran penting yang tidak dapat dipisahkan. Berkuliah di Jurusan yang mendukung Industri Kreatif dapat menjadi pilihan tepat.

Baca Juga : 7 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Beserta Gaji yang Harus Kalian Ketahui!

Jurusan Kuliah Kreatif
Ilustrasi, Jurusan Kuliah Kreatif

Jurusan kuliah kreatif

Dari banyaknya subsektor industri kreatif di Indonesia, kalian sudah terbayang dong, bagaimana prospek industri ini di masa depan? Biar makin jelas tentang jurusan kuliah di industri kreatif, berikut ini ada 3 (tiga) Jurusan Kuliah Kreatif yang bisa kalian jadikan referensi untuk terjun di dunia industri kreatif.

1. Jurusan Kuliah Periklanan/Advertising

Ilustrasi, Jurusan Periklanan, Jurusan Kuliah Kreatif – (sevima.com)

Jurusan Periklanan (Advertising) merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang strategi kreatif dalam periklanan, yang mencakup desain komunikasi visual, animasi, ilustrasi, sketsa serta topografi periklanan. Dasar-dasar ilmu pengetahuan seperti yang disebutkan di atas, akan diolah dan diproses menjadi sarana promosi atau iklan yang akan ditayangkan di berbagai media.

Di jurusan Jurusan Kuliah Periklanan kalian dapat mempelajari hal yang sama seperti itu. Kalian akan belajar cara membuat poster, desain web, logo, hingga animasi secara tepat agar maknanya bisa sampai ke semua orang.

2. Jurusan Penyiaran (Broadcasting)

Ilustrasi, Jurusan Broadcasting Jurusan Kuliah Kreatif – (sumber: idntimes.com)

Salah satu subsektor industri kreatif adalah televisi. Bagi kalian yang ingin masuk dunia pertelevisian, kalian bisa memilih jurusan Penyiaran. Dalam jurusan ini, kalian akan belajar cara membuat sebuah ide program televisi.

Program studi ini juga pas buat kalian yang komunikatif, ‘banci tampil’, kreatif, camera face, dan yang paling penting: tangguh. Dunia penyiaran juga membutuhkan kalian, generasi muda yang hebat yang dapat membawa penyiaran Indonesia menjadi lebih baik, dalam menjalankan fungsinya to inform, to persuade, to educate, dan to entertaint.

Tidak hanya itu saja, dalam dunia penyiaran kalian juga akan mempelajari teknik produksi. Seperti teknik mengambil gambar, mengelola tata cahaya, tata suara, editing gambar, dan sebagainya. Materi tentang manajemen produksi dan manajemen pemberitaan pun bisa kalian dapatkan di jurusan ini.

3. Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilustrasi, Jurusan Komunikasi Jurusan Kuliah Kreatif – (sumber: tambahpinter.com)

Perkuliahan di jurusan Ilmu Komunikasi, akan melatih kemampuan berpikir kalian secara out of the box. Sehingga tak jarang, kalian akan menelurkan gagasan-gagasan cemerlang dan ide-ide kreatif yang nggak sempat terpikirkan orang lain. Hal ini kemudian menjadi salah satu nilai lebih bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Di jurusan ini, kalian juga akan mempelajari teori komunikasi lebih dalam. Kalian dapat mempelajari cara menyampaikan pesan, serta media apa yang efektif untuk menyampaikan pesan tersebut.

Pada dasarnya, inti dari penyampaian suatu pesan, melalui proses komunikasi. Dengan mempelajari ilmu komunikasi secara mendalam, kalian dapat memaksimalkan ilmu tersebut di bidang industri kreatif nantinya.

Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan kuliah dengan prospek kerja di dunia kreatif paling luas. Maka tak heran, jurusan ini menjadi incaran banyak pelajar yang ingin terjun ke industri kreatif.

Baca Juga : BSI-TV Sukses Beri Pelatihan Pengelolaan Studio Penyiaran di Pesantren Qoshrul Muhajirin

Itu dia daftar jurusan kuliah kreatif yang cocok di industri kreatif saat ini dan bisa menjadi referensi kalian. Bagaimana? Tertarik kuliah di jurusan ini? Semua jurusan ini dapat kalian temui di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Dengan biaya yang terjangkau dan ditunjang fasilitas kuliah yang baik, membuat mutu lulusan di Universitas BSI berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja.

Saat ini, Universitas BSI telah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang sudah buka untuk gelombang 1, sampai 2 Februari 2022 mendatang, dengan periode kuliah bulan September 2022 nanti. Bagi kalian yang ingin masuk Universitas BSI, bisa melakukannya dengan cara yang simple. Cukup download saja aplikasi PMB-UBSI di playstore secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/ untuk pendaftaran.

Semoga kehadiran Universitas BSI yang sudah berkiprah 34 tahun, menjadikan pilihan yang tepat untuk anak bangsa dalam meraih cita. Kuliah …? BSI Aja !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.