Mengenal Jurusan Sistem Informasi dan Prospek Kerja Setelah Lulus

Jurusan Sistem Informasi adalah gabungan dari Ilmu Komputer, Ekonomi Manajemen, dan Bisnis. Fokusnya tetap di bidang software (programming), tapi lebih ke arah penerapan ke bisnis perusahaan. Saat ini, teknologi informasi mendominasi kebutuhan manusia, SDM yang ahli di bidang ini sudah pasti juga sangat dicari. Salah satu bidang ilmu tersebut adalah sistem informasi yang mempelajari cara membuat dan mengoperasikan perangkat keras dan lunak tertentu untuk berinteraksi dengan data. Sistem informasi juga meliputi studi tentang mengumpulkan, menyaring, dan mendistribusikan data.

Jika sobat akan memasuki bangku kuliah atau ingin melanjutkan kuliah di bidang sistem informasi, saat ini sudah banyak perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta yang memiliki program studi D3 dan juga S1. Salah satu Universitas yang memiliki jurusan Sistem Informasi Adalah Universitas Bina Sarana Informatika. Untuk sobat yang ingin berkuliah di jurusan ini, sebaiknya sobat mengetahui apa itu jurusan sistem informasi dan bagaimana prospek kerjanya?

Mengenal sistem informasi

Pengertian sederhana, jurusan Sistem Informasi adalah gabungan dari Ilmu Komputer, Ekonomi Manajemen, dan Bisnis. Fokusnya tetap di bidang software (programming), tapi lebih ke arah penerapan ke bisnis perusahaan. Oleh karena itu tidak heran banyak mata kuliah ‘berbau’ ekonomi manajemen di jurusan ini.

Jurusan sistem informasi nanti kerja apa?

Dengan menekankan segi analisis bisnis dan manajemen, lulusan Sistem Informasi sangat cocok untuk masuk sebagai ahli IT di perusahaan. Kemampuan menggabungkan bisnis dengan programming sering menjadi kendala bagi seorang programmer yang lebih fokus ke sisi teknis seperti lulusan Teknik Informatika maupun Ilmu Komputer.

1.Business Analyst

Seiring dengan meningkatnya aplikasi IT dalam bisnis, maka Business Analyst juga semakin dibutuhkan. Keberadaan seorang Business Analyst sangat penting, salah satunya menjadi penghubung antara manajemen dengan pemegang saham serta antara tim IT dengan user.

2.Web Developer

Seorang Web Developer membuat program aplikasi untuk suatu website. Web Developer-lah yang membuat website dari nol hingga tampilannya menarik dan setiap fungsinya dapat digunakan. Profesi ini memang lebih dekat dengan sisi IT dalam Sistem Informasi.

3. IT Manager

Untuk menduduki jabatan sebagai IT Manager, kamu haruslah memiliki kemampuan manajemen yang baik. Your job will be planning, coordinating, and directing activities related to computer and information system of a company. Instalasi dan maintenance pada hardware, software, hingga network perusahaan menjadi tanggungjawab IT Manager.

4.System Analyst

Meskipun sering tumpang tindih, System Analyst berbeda dari Business Analyst. Seorang System Analyst lebih terfokus pada sistem IT, misalnya mengelola aplikasi, membuat spesifikasi yang digunakan oleh programmer, maupun mengidentifikasi apa saja kebutuhan user agar sistem yang dikembangkan nantinya sesuai.

5. IT Consultant

Ingin bekerja dibidang pelayanan? Nah, barangkali profesi IT Consultant akan sesuai untukmu kelak. Seorang IT Consultant biasanya membantu klien yang ingin menggunakan IT. IT Consultant juga membantu perusahaan dalam meningkatkan struktur dan efisiensi sistem IT-nya.

6. System Engineer

Bila kamu memiliki minat pada sesuatu yang kompleks, profesi System Engineer mungkin menarik untukmu. Tugas seorang System Engineer memang mendesain dan mengatur sistem yang kompleks. System Engineering sendiri merupakan bidang interdisipliner yang menggabungkan rekayasan dan manajemen rekayasan – kompleks, bukan?

7. Information System Manager

Sebagai seorang Information System Manager, kamu kelak akan mengendalikan sistem agar dapat mendukung proses bisnis perusahaan. Lebih dikenal sebagai IS Manager, tugas profesi ini mencakup perencanaan, instalasi, dan maintenance, termasuk menangani upgrade pada hardware dan software.

8. Programmer

Berbekal pengetahuannya dibidang IT, alumni Sistem Informasi juga dapat bekerja sebagai Programmer. Bila coding menjadi minatmu sejak sekarang, boleh juga mempertimbangkan Sistem Informasi sebagai salah satu pilihan jurusan kuliah nanti.

Nah sekarang Sobat sudah ada gambaran kan mengenai urusan Sistem Informasi dan Prospek Kerja Setelah Lulus nanti?. Semoga sedikit informasi ini dapat di pahami sehingga sobat tidak ragu lagi ketika akan mengambil kuliah jurusan Sistem Infromasi.

Semoga Bermanfaat

Fanny Fatma Wati

"Tidak pernah ada kata terlambat atau terlalu cepat, Semuanya terjadi pada waktu yang telah ditetapkan" Keep semangat

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (7)

  1. prospek kerjanya menjanjikan sekali, skrg perusahaan atau instansi pemerintah banyak yg membutuhkan lulusan dari Sistem informasi ini..