5 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Jangan Salah Menentukan Masa Depan!

Tips memilih Jurusan Kuliah – Hallo sobat bintang! Tahukah kamu perbedaan “jurusan” dan “Program Studi”? Ketika kamu duduk di bangku SMA/K atau MA se derajat, kata jurusan lebih umum dikenal dengan jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Ketika kamu sudah masuk ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu masuk universitas, pasti sering mendengar kata program studi (prodi) dan kemungkinan kamu bingung apa itu prodi?

Jurusan kuliah atau prodi itu sebenarnya sama. hanya saja, untuk di bangku perkuliahan akademisi lebih suka menyebut pembagian divisi pendidikan ini dengan kata Program Studi (Prodi), bukan jurusan

Baca juga: 4 Hal sederhana yang bisa membuat orang tua bahagia

Jurusan kuliah atau Prodi yang sobat bintang pilih merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum memilih melanjutkan kuliah. Prodi bisa dibilang sangat menentukan masa depan, jadi lebih berhati-hati lagi ya sobat bintang, supaya kamu tidak menyesal dikemudian hari.

Nah buat sobat bintang yang sampai saat ini masih bingung memilih jurusan kuliah atau prodi kuliah, berikut akan di jabarkan 5 tips memilih jurusan kuliah atau program studi yang tepat agar sobat bintang tidak salah menentukan masa depan.

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

1. Cari Kekurangan dan Kelebihan Masing-Masing Jurursan/Prodi

Cara pertama yang harus sobat bintang lakukan adalah mencari kekurangan dan kelebihan dari masing-masing Jurusan kuliah/prodi yang akan di pilih. Pertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari masing-masing jurusan dan jangan lupa cek juga prospek kerja setelah lulus dari prodi yang dipilih. Sobat bintang bisa melakukan research melalui internet atau bisa bertanya dengan orang yang sudah kuliah lulusan dari jurusan kuliah/prodi tersebut.

2. Bidang yang Diminati

Cara yang kedua memilih jurusan kuliah /prodi yaitu kalian harus tahu bidang yang benar-benar kalian minati. Semisal kalian memiliki minat pada bidang IT, maka sobat bintang harus masuk ke prodi Teknologi Informasi, Sistem informasi atau bisa juga masuk ke kampus yang berbasis IT Salah satu kampus di Indonesia yang sudah berbasis IT adalah Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Jika kalian menyukai bidangnya, maka kalian akan dengan semangat untuk belajar dan akan dengan mudah menerima materi yang diberikan.

3. Pikirkan Nilai-Nilai yang ingin Dipertahankan

Cara ketiga yaitu memilih jurusan kuliah dengan memikirkan nilai-nilai yang selama ini kalian inginkan. Semisal kalian mempunyai hobi dan mempunyai keinginan untuk menjadi seorang programmer, maka kamu harus masuk ke prodi Sistem Informasi.

4. Kenali diri sendiri

Untuk mengetahui apa yang sobat bintang sukai, maka cara yang ke empat kalian harus mengerti siapa diri kalian dan apa pengalaman yang terjadi dimasa lalu kalian. Kedua hal tersebut tentunya sangat membantu kalian dalam menentukan Jurusan yang diminati dan akan bersemangat dalam menjalankan kuliahnya.

5. Ikuti impian dan Kejarlah

Ketika kecil, semua orang mempunyai impian ingin menjadi programmer, dokter, polisi, tentara atau  ada juga yang berkeinginan mengabdi ke daerah tempat tinggalnya dengan cara menerapkan atau membawa teknologi ke daerahnya. Ikuti saja kemampuan kalian sejak dini, dan jangan lupa untuk menyiapkan pilihan kedua, ketiga dan seterusnya. Dengan melakukan hal ini, sobat bintang akan lebih bersemangat lagi untuk mengejar cita-citanya karena sudah terencana.

Itulah 5 tips memilih jurusan kuliah atau prodi kuliah agar sobat bintang tidak salah menentukan arah masa depan. Masa depan ada di tangan kalian. Mumpung masih muda, lanjutkanlah studimu. Ayo Kuliah!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (21)