Mengenal Kuliah Online, Kelebihan dan Kekurangannya

Halo sobat bintang! sudah mengenal kuliah online? Kuliah Online  atau biasanya disebut Elearning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Berikut beberapa pengertian Elearning (Kuliah Online) dari berbagai sumber:

  1. Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran (Michael, 2013:27).
  2. Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi (Chandrawati, 2010).

Baca juga: Sambut Sumpah Pemuda, UBSI dan Puteri Indonesia Gelar Webinar

Dalam perkuliahan online atau kuliah non tatap muka ini, mahasiswa tidak dituntut rutin datang ke kampus melainkan perkuliahan di lakukan secara online dengan menggunakan berbagai macam aplikasi misalnya dengan Video Converence Zoom Meeting, Google Class Room, Google Meeting atau lain sebagainya.

Kuliah Online juga merupakan salah satu sarana pembelajaran interaktif. Dosen dan mahasiswa dapat berkomunikasi dengan menggunakan media internet. Dosen dapat memberikan materi kuliah, baik berupa file, video, maupun tulisan (teks).

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online

Setelah Sobat mengetahui mengenai apa itu Kuliah online, tentunya Sobat harus mengetahui terlebih dahulu tentang kelebihan dan kekurangan mengikuti program kuliah online yang tercantum dalam pemaparan di bawah ini.

A. Kelebihan Program Kuliah Online

  1. Mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dimanapun dan kapan pun sesuia dengan keinginan dan memiliki koneksi internet dengan baik.
  2. Menghemat biaya transportasi atau pun tempat tinggal bila universitas yang dipilih berada di luar pulau atau luar negeri.
  3. Materi Perkuliahan bisa dipilih sesuai tingkat kemampuan dan juga keinginannya
  4. Tanya Jawab dalam perkuliahan bersifat fleksibel karena bisa ditanyakan lewat chatinggan baik itu kepada dosen atau teman sekelas.
  5. Waktu masa perkuliahan lebih singkat dibandingkan perkuliahan yang bersifat konvensional.
  6. Mahasiswa bisa melihat kembali materi yang diajarkan karena materi biasanya berupa modul yang dapat didownload dan tersimpan dalam PC atau computer sehingga mahasiswa dapat melihat kapanpun.

B. Kekurangan Program Kuliah Online

Selain memiliki kelebihan perkuliahan kuliah online pun memiliki kekurangan diantaranya adalah :

  1. Membutuhkan Kuota internet dan sangat tergantung dengan jaringan, bila jaringan lambat atau susah sinyal maka proses pembelajaran akan tertinggal terlebih jika sudah mencakup ujian kuliah..
  2. Dalam hal interaksi sosial menjadi sulit karena terbiasa sendiri dan jarang bersosialisasi dengan orang lain.
  3. Mahasiswa mengalami kesulitan jika matakuliah yang di ajarkan berupa praktikum sehingga kurang di mengerti jika di laksanakan secara online.
  4. Membutuhkan tempat yang nyaman untuk belajar, jika di rumah ramai maka akan sangat mengganggu konsentrasi dalam belajar.
  5. Membutuhkan daya listrik yang cukup, jika terjadi pemadaman di saat perkuliahan dan leptop mati sinyal hilang maka akan membuat sobat tertinggal perkuliahan.
  6. Kurangnya interaksi antara pengajar dan pelajar atau bahkan antar pelajar itu sendiri.
  7. Peserta didik bisa frustasi jika mereka tidak bisa mengakses grafik, gambar, dan video karena peralatan yang tidak memadai.

Nah itulah sobat bintang, beberapa manfaat dan kekurangan kuliah online atau daring. Sejauh ini, kuliah online cukup  membantu dalam proses belajar dan mengajar yang tidak dapat dilakukan di kelas nyata selama pandemi covid-19 dan anjuran dari pemerintah untuk melakukan perkuliahan secara online.

Fanny Fatma Wati

"Tidak pernah ada kata terlambat atau terlalu cepat, Semuanya terjadi pada waktu yang telah ditetapkan" Keep semangat

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (3)

  1. Bener banget semua itu ada manfaat dan ada kekurangan saat kuliah online,, semoga pandemi ini cepat berakhir dan bisa melakukan aktivitas seperti sedia kala,, amiiinnn

  2. Sesuatu nya pasti ada kelebihan dan kekurangan nya.. TApi di masa pandemi seperti ini kuliah online sangat membantu meskipun kita dirmh aja tetap mendapatkan ilmu ☺️