Menu Buka Puasa yang Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Menu Buka Puasa yang Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Menu Buka Puasa yang Sehat di Tengah Pandemi Covid-19 – Ramadhan tahun ini memiliki nuansa yang berbeda karena seluruh dunia masih harus berjuang melawan pandemi Covid-19. Saat berpuasa, kamu tentu akan mengalami perubahan pola makan, tidur, dan aktivitas fisik harian. Hal itu membuat tubuh juga mengalami penyesuaian.

Lamanya berpuasa menjadi faktor utama perubahan yang terjadi dalam tubuh. Dengan berpuasa, tubuh juga akan melakukan proses detoksifikasi secara alami sehingga toksin yang terdapat pada lemak tubuh dapat diuraikan.

Baca juga: Tips Hidup Sehat Menurut WHO

Asupan makanan dan minuman yang seimbang dapat membantu kamu untuk tetap kuat saat berpuasa. Asupan yang baik setidaknya mengandung cukup karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi. Konsumsi cairan yang cukup juga penting agar ginjal dapat bekerja dengan baik.

Beberapa informasi berikut akan membantu kamu untuk memiliki menu berbuka puasa yang sehat. Di tengah pandemi, kamu tentu harus lebih teliti dalam memilih menu berbuka puasa agar daya tahan dan kesehatan tubuh tetap terjaga.

Menu Berbuka Puasa yang Sehat

Salah satu saat yang ditunggu dari seseorang yang berpuasa adalah saat berbuka. Ditengah pandemi, kamu harus memilih menu yang tepat agar daya tahan tubuh senantiasa terjaga.

Menu Buka Puasa yang Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Berikut beberapa menu berbuka puasa yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Air Putih

Seharian berpuasa membuat tubuh dehidrasi, sehingga meminum air putih menjadi solusi terbaik. Kamu dapat minum satu atau dua gelas air putih sebelum makan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Berbuka dengan Kurma

Kurma menjadi makanan yang sehat dengan banyak manfaat. Konsumsi kurma sebagai menu buka puasa juga sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Berbuka dengan kurma juga membantu kamu untuk menambah kadar gula dalam darah.

Semangkuk Sup

Sup dengan kombinasi sayuran dan daging yang sehat juga membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setelah seharian berpuasa. Selain itu, air sup juga membantu kamu untuk melengkapi kebutuhan kadar air dalam tubuh.

Sayuran

Memilh menu sehat seperti sayuran sangat penting untuk menunjang kesehatan kamu. Kandungan vitamin, mineral, dan serat pada sayuran sangat dibutuhkan tubuh untuk memnuhi kebutuhan nutrisi.

Karbohidrat yang Cukup

Selain nasi putih, kamu dapat memilih menu lain sebagai sumber karbohidrat. Selain serat dan mineral, karbohidrat juga sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Kamu dapat memperolehnya dari beras merah, gandum, roti, atau kentang.

Menu Berprotein tanpa Lemak

Protein baik yang mudah dicerna dengan kandungan asam amino sangat baik untuk tubuh apalagi saat sedang berpuasa. Kamu dapat mengkonsumsi daging sapi, susu, telur, keju, yogurt, ikan, dan makanan lalin yang memiliki kandungan protein yang baik.

Tips Berbuka Puasa di Tengah Pandemi

Berpuasa seharian, membuat kamu ingin menikmati hidangan yang diinginkan disore hari. Terkadang kamu tidak memikirkan nutrisi yang penting yang dibutuhkan tubuh. Agar kamu dapat memiliki energi yang cukup dan tetap sehat, beberapa tips berikut akan membantu.

  • Saat berbuka lebih baik diawali dengan minum air putih
  • Waspada terhadap minuman manis
  • Walaupun sudah berpuasa, pastikan makan secukupnya. Jangan terburu-buru apalagi sampai kalap.
  • Hindari menu makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam
  • Ditengah pandemi, lebih baik kamu berbuka puasa dirumah dan memasak sendiri menu buka puasa kamu

Nah, sudah jelas ya tips berbuka puasa agar daya tahan tubuh tetap terjaga di tengah pandemi. Pilih menu dengan bijak, dan berbuka secukupnya saja. Hindari makan berlebihan dan pastikan nutrisi tubuh terpenuhi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (2)