Kelebihan ASUS VivoBook 14 A416, Laptop Berbekal Prosesor Generasi Teranyar

Belum lama ini pabrikan ASUS mengenalkan produk VivoBook 14 A416 series dengan tambahan performa yang mumpuni. Pasalnya tersemat prosesor Intel Core I series generasi teranyar (generasi ke 10) dengan dukungan GPU dan NVIDIA MX330. Ini yang membuat ASUS VivoBook 14 A416 semakin jempolan untuk keperluan multitasking.

Ilustrasi-ASUS-VivoBook-14-A416
sumber: asus.com

Sama dengan teman sekawannya, laptop ini masih mengandalkan desain body langsing dan ringkas sehingga mudah dibawa. Cocok untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Laptop juga dibekali dengan konektivitas lengkap yang memenuhi standar konektivitas laptop modern yang rilis tahun 2020.

Kelebihan yang Ditawarkan ASUS VivoBook 14 A416

Menjadi laptop paling anyar dari ASUS, membuatnya tidak heran jika produk ini ditanami segudang kelebihan, yang akan membuat penggunanya tidak kecewa. Berikut kelebihan yang dimilikinya:

1. Desain dan Layar

Desain menjadi kelebihan dan bagian paling menarik yang ditawarkan VivoBook 14 A416. ASUS Indonesia bahkan sempat menyebut jika laptop ini cocok untuk semua kalangan. Pasalnya harga di pasaran memang terjangkau. VivoBook 14 A416 adalah laptop modern yang memiliki konsep mobilitas tinggi.

Tampilan ASUS VivoBook 14 A416
sumber: asus.com

Ini yang membuatnya hadir dengan tambahan body ringan dan sangat ringkas untuk dibawa. Bobot laptop hanya sekitar 1,6 kilogram dengan ketebalan 19,9 mm saja. Dengan spesifikasi tersebut, laptop dapat dibawa berpergian dengan mudah.

Bukan hanya itu, ASUS juga membekali dengan charger ringkas serta mudah dimasukkan ke beragam kompartemen di tas yang Anda bawa. Alasan kenapa ASUS VivoBook 14 A416 memiliki bodi lebih ringkas dibanding laptop sekelasnya adalah adanya dukungan teknologi NanoEdge Display.

Teknologi apik dan eksklusif dari ASUS ini memungkinkan bezel layar di VivoBook 14 A416 terlihat lebih tipis sehingga laptop mempunyai screen to body ratio sampai 82%. Berbicara seputar layar, VivoBook 14 A416 dibekali layar berdimensi 14 inci yang beresolusi Full HD.

Layar tersebut memungkinkan pengguna bisa bekerja dengan nyaman untuk membuat konten multimedia karena telah dilapisi dengan anti silau (anti glare) dengan sudut pandang yang juga mencapai 178 derajat. Jadi akan menambah kenyamanan pengguna saat bekerja.

Bagian LID pabrikan asal Taiwan ini memakai bahan polikarbonat dan ada logo ASUS yang lumayan mencolok dengan pilihan warna chrome. Perangkat dibalut dengan casing polikarbonat atau plastik yang membuatnya menjadi kokoh, elegan tapi tetap solid ketika digunakan.

Permukaan casing laptop andalan ASUS ini memakai finishing doff yang membuatnya tampak lebih elegan dan mewah. Di bagian interiornya, ada keyboard dengan desain chiclet yang juga dilengkapi backlight yang nyaman untuk pengguna.

Layar laptop juga sudah mengusung teknologi NanoEdge, yang membuat bagian bezelnya menjadi lebih tipis tanpa harus mengorbankan posisi webcam khas ASUS. Karena alasan ini, tidak heran jika dimensi layar dan body dari VivoBook 14 A416 menjadi yang paling ringkas dan ringan di kelasnya.

2. Keyboard

ASUS VivoBook 14 A416 dibekali keyboard full size yang sudah disematkan backlit. Fitur ini membuat keyboard akan menyala meskipun laptop digunakan di kondisi gelap. Keyboard yang disematkan di VivoBook 14 A416 juga didesain dengan sistem yang lebih kokoh dan ergonomis.

KB-ASUS-VivoBook-14-A416
sumber: asus.com

Setiap tombol di keyboard mempunyai key travel hingga 1,4 mm sehingga sangat ideal untuk keperluan mengetik. Tak hanya keyboard yang nyaman digunakan, varian di beberapa laptop ini juga disematkan dengan keamanan biometrik lewat fingerprint sensor.

Fitur yang banyak disematkan di laptop kelas premium tersebut, membuat pengguna bisa masuk ke sistem Windows 10 Home lewat Windows Helio dengan mudah tanpa ribet. Jadi Anda tidak harus mengetikkan password jika ingin menggunakan laptop.

3. Microsoft Office Pre Installed

Menariknya, ASUS juga membekali VivoBook 14 A416 dengan satu kamera sehingga bisa diandalkan untuk perangkat bekerja atau belajar di rumah yang sedang tenar saat ini. Pengguna tidak harus membeli software Office karena laptop sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Pre Installed.

Microsoft Office adalah software office terbaik dunia dan menjadi aplikasi standar untuk mengolah beragam data serta dokumen kantor di semua instansi dunia. Microsoft Office Home & Student 2019 yang disematkan di sini menyediakan tiga aplikasi utama, yakni PowerPoint, Excel dan Word.

Selain memakai fitur Office terbaru, Microsoft Office Home & Student 2019 yang disematkan juga dapat diupgrade sesuai keinginan pengguna Jadi pengguna bisa bebas dari ancaman keamanan serta malware yang masuk ke perangkat.

Windows-ASUS-VivoBook-14-A416
sumber: asus.com

Saat membeli ASUS VivoBook 14 A416 Anda tidak harus menyiapkan dana tambahan untuk membeli aplikasi ini. Karena aplikasi sudah disediakan secara gratis dan Anda tinggal download serta install di perangkat saja. Tersedia juga panduan install bagi yang masih pemula.

4. I/O Port dan Konektivitas

Sesuai konsepnya, VivoBook 14 A416 memang dibekali dengan beragam fitur yang membuatnya menjadi laptop modern yang mementingkan mobilitas pengguna.

Untuk itu, perangkat dibekali beragam fitur konektivitas modern seperti port USB Type C, HDMI, USB Type A hingga combo audio jack yang dapat digunakan untuk konektivitas harian pengguna.

Sedangkan di bagian konektivitas nirkabel, VivoBook 14 A416 dibenamkan Wi-Fi 5 (802.11ac) yang menghubungkan perangkat dengan jaringan internet dalam waktu singkat. Ada juga Bluetooth 4.1 sehingga pengguna bisa menghubungkan beragam aksesoris nirkabel yang dibutuhkan.

ASUS VivoBook 14 A416 bukan hanya ditanami beragam fitur unggul dan modern saat ini, namun juga sistem konstruksi yang gahar. Hal tersebut bisa terlihat di berbagai bagian laptop, misalnya di chasis utama serta rangka layer. Bagian tersebut terbuat dari logam agar memperkuat konstruksi keseluruhan bodi.

ASUS juga menyematkan perlindungan tambahan untuk HDD yang akan digunakan di VivoBook 14 A416. Terbukti adanya perlindungan E-A-R HDD Protection.

Perlindungan tersebut membuat laptop dapat menyerap setiap getaran yang dihasilkan ketika perangkat mengalami guncangan. Jadi HDD perangkat tidak terkena imbas yang terlalu parah.

5. Adanya dukungan Link to MyASUS

Ada kelebihan lain yang bisa dimanfaatkan saat menggunakan VivoBook 14 A416, yakni hadirnya MyASUS. Aplikasi yang menjadi pusat kontrol saat menggunakan laptop. Dengan aplikasi tersebut, pengguna dapat memantau status laptop serta melakukan troubleshooting dengan mudah.

MyASUS juga menyiapkan fasilitas supaya pengguna bisa memindai sistem dari laptop dengan cepat. Bisa juga menemukan beragam masalah serta memperbaiki sistem otomatis yang terjadi di laptop. Menariknya, MyASUS juga memperlihatkan status garansi perangkat dengan informasi terlengkap.

Tersedia pula fasilitas yang menghubungkan layanan konsumen ASUS berteknologi baru. Hal menarik dari MyASUS adalah fitur Link to MyASUS yang cukup membantu.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna ASUS VivoBook 14 A416 bisa menghubungkan perangkat dengan smartphone, supaya aktivitas yang mereka lakukan menjadi cepat, produktif dan lebih efisien.

Link to MyASUS mempunyai fungsi utama, seperti menampilkan pesan serta notifikasi smartphone ke layar laptop, membuat smartphone jadi layar kedua untuk perangkat laptop hingga memanggil nomor telepon secara langsung tanpa tambahan perangkat.

Bahkan fitur ini juga memungkinkan pengguna bisa berbagi beragam file secara instan dengan smartphone.

6. Performa yang Ngibrit

Supaya performa VivoBook 14 A416 semakin bagus di kelasnya, ASUS membekali perangkat dengan prosesor 10th Gen Intel Core. Proses ini menjadi jenis prosesor generasi terbaru yang dilengkapi segudang fitur serta teknologi tercanggih masa kini.

Bahkan varian terbarunya hadir dengan Intel Core i5 1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core serta 8 thread. Belum lagi tambahan fitur boost clock hingga kecepatan 3,6 Ghz. Kemampuan dan konfigurasi yang dibenamkan membuat perangkat bisa diandalkan untuk bekerja multitasking hingga membuat konten multimedia.

Bagi yang belum tahu, ASUS VivoBook 14 A416 menghadirkan tiga varian prosesor yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Adapun tiga varian yang dimaksud adalah Intel Core i3, Intel Core i5 dan yang paling murah memakai prosesor Celeron N4020.

Berdasarkan informasi yang kami terima, Intel Core i3-1005G1 yang menjadi keluarga prosesor generasi terbaru saat ini memakai nama sandi Ice Lake. Prosesor Ice Lake ini memakai teknologi fabrikasi yang sudah diperkecil dengan teknologi termutakhir, yaitu 10nm generasi kedua yang terkenal sangat gesit.

Teknologi fabrikasi yang lebih matang dan kecil ini membuat konsumsi daya pada perangkat juga lebih hemat dibanding para pendahulunya. Hal menarik dari Ice Lake adalah arsitektur prosesor yang memakai nama sandi Sunny Cove. Arsitektur ini menjadi inovasi terbaru dan bukan turunan Skylake yang disempurnakan.

Sesuai informasi yang dihimpun, Sunny Cove dikembangkan tim desain prosesor Intel yang basisnya ada di Haifa, Israel. Pengembangannya berfokus pada performa single-thread, peningkatan sisi skalabilitas serta tambahan instruksi baru. Sunny Cove bahkan menawarkan tambahan IPC sampai 18% dibanding arsitektur SkyLake dan beberapa turunannya.

Varian yang dihadirkan juga ditenagai dengan chip grafis NVIDIA GeForce MX330, agar pengguna menikmati ekstra grafis yang lebih mumpuni. Hadirnya chip gratis tersebut membuat perangkat bisa menjalankan beragam aplikasi yang memerlukan performa grafis mumpuni seperti video editing, game kasual hingga photo editing.

Agar laptop bisa digunakan di semua kalangan, ASUS VivoBook 14 A416 hadir di pasaran dengan berbekal hardware yang lumayan bervariasi, termasuk jenis penyimpanan data dan memori terbaik. Perangkat ini sudah memakai memori DDR4 yang menjadi standar laptop modern di kelasnya.

Bagi yang merasa kapasitas penyimpanan laptop ini masih kurang Anda bisa mengupgrade kapasitasnya hingga 128GB. Sedangkan untuk storage-nya, laptop mengandalkan dua jenis storage berteknologi 2.5”SATA serta M.2 PCIe. Menyesuaikan konfigurasi yang dibutuhkan, Anda juga dapat menyematkan SSD serta HDD ke dalam perangkat jika diperlukan.

7. Baterai yang Powerfull

VivoBook 14 A416 hadir dengan sumber daya yang lumayan besar di kelasnya. Di mana baterai yang ia miliki berkapasitas 37Wh yang cukup untuk digunakan pengguna saat beraktivitas seharian. Saat diuji memakai PCMark 10 Battery di mode Modern Office, VivoBook 14 A 416 bisa bertahan sampai 8 jam.

Jika kita mengasumsikan setiap pengguna bekerja dalam waktu 8 jam dalam sehari, tentunya Anda tidak harus mencharge laptop hingga pekerjaan yang dikerjakan selesai. Benar-benar daya baterai yang powerfull bukan?

8. Grafis yang Berteknologi di Kelasnya

Sisi grafis yang benar-benar mumpuni menjadi salah satu kelebihan yang tidak dapat dianggap enteng dari perangkat ini. ASUS VivoBook 14 A416 cocok untuk keperluan work from home. Pasalnya mengandalkan Intel UHD Graphics G1 tanpa tambahan grafis diskrit. Kartu grafis ini digunakan di varian prosesor Intel Core i3.

Grafik-ASUS-VivoBook-14-A416
sumber: asus.com

Pabrikan juga menyematkan Intel UHD Graphics C1 yang mendapat usungan 32 execution unit (Eus) yang memiliki kecepatan 300 – 1100 MHz. Dukungan prosesor dan grafis seperti ini membuat VivoBook 14 A416 lumayan smooth untuk menjalankan beragam software Office, editing photo, browsing hingga meeting online.

Prosesor Intel Core i3 dari VivoBook 14 A416 memang cukup bagus untuk menangani komputasi harian, bekerja di rumah dan belajar di rumah.

Namun bagi yang merasa performa dan grafisnya kurang memuaskan, Anda bisa memilih Vivo 14 A416 dengan varian yang lebih tinggi, yakni prosesor Intel Core 15-1035G1 dengan kartu grafis diskrit Nvidia GeForce MX330.

Harga ASUS VivoBook 14 A416

Bagi yang sudah membaca kelebihan yang ditawarkan VivoBook 14 A416, mungkin banyak yang ingin langsung membeli. Ada tiga varian yang disematkan di sini dan tentu dari segi harga juga berbeda. Berikut rangkuman harga laptop VivoBook 14 A416 yang didapat dari website resmi ASUS langsung:

Tipe ProsesorKartu GrafisHarga Laptop
Celeron N4020Intel UHD Graphics 4GB/1TB HDDRp4.799.000
Celeron N4020Intel UHD Graphics/256GB PCle SSDRp4.899.000
Intel Core i3Intel UHD Graphics/4GB/1TB HDDRp6.699.000
Intel Core i3Intel UHD Graphics/4GB/512GB Pcle SSDRp7.099.000
Intel Core i3GeForce MX330/4GB/512GB PCle SSDRp7.499.000
Intel Core i5GeForce MX330/4GB/512GB Pcle SSDRp10.099.000
Intel Core i5GeForce MX330/4GB/1TB HDD + 256GB Pcle SSDRp 10.799.000

Spesifikasi ASUS VivoBook 14 A416

Berikut spesifikasi lengkap yang disematkan di perangkat laptop ini:

Main SpecVivoBook 14 A416
CPUIntel Celeron N4020 Prosesor  (4M Cache, up to 2.8 GHz)

Intel Core i3-1005G1 Prosesor (4M Cache, up to 3.4 GHz)

Intel Core i5-1035G1 Prosesor (6M Cache, up to 3.6 GHz)

Sistem OperasiWindows 10
Storage1 TB HDD + 256GB SSD

512 GB PCIe Gen3 x 2 SSD

256GB PCIe Gen3 x 2 SSD

1TB 5400 RPM SATA HDD

RAM4 GB DDR4 RAM
Display14.0” (16:9) LED backlit HD (1366×768) Anti-Glare

14.0” (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare

14.0” (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare

Kartu GrafisNVIDIA GeForce MX350 (optional) Intel UHD Graphics
KameraVGA Web Camera
Input/Output1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type A, Micro SD card reader
KonektivitasWi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1
ColorsTransparent Silver, State Grey
Weight1,6 kg
Baterai37 WHrs, 2-cell Li-ion, 2S1P
Dimensi32.54 x 21.60 x 1.99 – 1.99 cm
AudioSonic Master, Built-In microphone, Built-in speaker, Audio by ICEPower

ASUS VivoBook 14 A416 adalah laptop pabrikan ASUS terbaru yang rilis pada tahun 2020. Laptop ini sangat cocok untuk keperluan rumahan seperti bekerja, belajar, multimedia hingga komputasi modern.

Laptop ASUS VivoBook 14 A416

Meskipun disuguhi kelebihan dan fitur yang modern serta canggih, harga laptop tergolong terjangkau sehingga cocok untuk semua kalangan. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan prosesor karena harganya juga berbeda.

Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *