Cari Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan? Cek Disini!

Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan, JAKARTA – Halo Sobat Bintang!! Berbicara jurusan teknik, mungkin yang terlintas dalam pikiran kalian jurusan ini identik dengan laki-laki. Memang, karena pada umumnya kuliah dan praktiknya pun bisa terbilang berat dan kebanyakan yang tertarik pada jurusan ini adalah laki-laki. Tapi, jika kalian masih berpikiran seperti itu, maka kalian masih memiliki pikiran yang kuno atau ketinggalan jaman.

Di jaman sekarang ini, sudah banyak juga perempuan yang mulai melirik jurusan teknik karena sejumlah alasan. Pertama, jurusan teknik terkenal mempunyai prospek kerja yang bagus. Kedua, jurusan yang satu ini bisa membuat diri lebih tahan banting. Ketiga, Ilmu dan terapan pada jurusan ini pun bisa dikembangkan lebih luas lagi.

Sebenarnya, perempuan bebas untuk masuk jurusan teknik mana saja yang diinginkan. Namun, terkadang mereka bingung untuk memilih jurusan mana yang cocok untuknya. Jika kalian juga masih bingung menentukan jurusan, Yuk simak baik-baik jurusan teknik yang cocok untuk perempuan dari Bintang Sekolah Indonesia di bawah ini.

Baca juga: 10 Jurusan Paling Dicari di Tahun 2021, Kalian Harus Tahu!

Jurusan teknik yang cocok untuk perempuan
Dok. Jurusan Teknik yang Cocok Untuk Perempuan

Berikut Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan Versi Bintang Sekolah Indonesia

1. Teknik Biomedik

Jurusan teknik yang cocok untuk perempuan yang pertama yakni ada Teknik Biomedik. Singkatnya, Teknik Biomedik merupakan gabungan antara ilmu teknik dan medis. Teknik Biomedik yang terkadang disebut Teknik Biomedis ini terhitung sebagai jurusan kuliah yang masih baru di Indonesia. Di samping itu, masih sedikit juga universitas yang membuka jurusan Teknik Biomedik ini, di antaranya UI, ITB dan ITS.

Di sini kalian akan belajar bagaimana menerapkan ilmu teknik atau rekayasa pada bidang kesehatan/kedokteran atau pun Biologi. Selain itu, prospek kerjanya pun terbilang sangat luas apa lagi kalau berbicara mengenai negara-negara maju di luar sana. Dengan prospek kerja di bidang kesehatan dan teknologi ini lah yang menjadikan jurusan Teknik Biomedik ini cocok untuk perempuan.

2. Teknik Kimia

Jurusan teknik yang cocok untuk perempuan yang kedua yakni ada Teknik Kimia. Singkatnya, Teknik Kimia merupakan bidang studi ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi suatu barang atau produk dengan nilai ekonomis yang tinggi. Asal kalian tahu, jurusan ini berbeda dengan program studi kimia atau pendidikan kimia ya. Selain itu, masih belum terlalu banyak juga kampus yang menawarkan jurusan Teknik Kimia ini, di antaranya UI, ITB, dan UGM.

Di sini kalian akan belajar bagaimana pengelolaan energi, pengolahan limbah dan penyelesaian isu lingkungan. Di samping itu, kalian juga akan belajar menganalisis ekonomi bagi kesejahteraan Indonesia. Selain itu, Teknik Kimia ini tak terlepas dari prospek kerjanya di bidang industri pangan, barang konsumsi, hingga kosmetik. Dengan prospek kerja untuk perempuan yang tak terbatas pada ketiga bidang tersebut menjadikan jurusan Teknik Kimia ini cocok untuk perempuan.

3. Teknik Informatika

Jurusan teknik yang cocok untuk perempuan yang ketiga yakni ada Teknik Informatika. Singkatnya, Teknik Informatika merupakan bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal guna menangani suatu masalah. Untuk jurusan yang satu ini mungkin sudah terbilang banyak tersedia di berbagai kampus.

Namun ada beberapa kampus yang paling direkomendasikan, untuk kampus negeri ada ITB dan ITS. Sedangkan untuk kampus swasta ada Binus University, Telkom University, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dan Universitas Nusa Mandiri (UNM).

Di sini sehari-harinya kalian akan mempelajari bahasa pemrograman hingga kecerdasan buatan dan multimedia. Prospek kerja Teknik Informatika untuk perempuan pun terbilang bagus, seperti berkarier di bidang database warehouse dan konsultan IT. Bahkan di tiap kementerian atau lembaga apapun itu pasti membutuhkan sarjana lulusan Teknik Informatika. Hal tersebut yang menjadikan jurusan Teknik Informatika ini cocok untuk perempuan.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah Favorit di Bidang Teknologi (IT) Kampus Swasta 

4. Teknik Sipil

Jurusan teknik yang cocok untuk perempuan yang keempat yakni ada Teknik Sipil. Singkatnya, Teknik Sipil merupakan bidang ilmu yang mempelajari manajemen dan konservasi dari beragam fasilitas dan sistem untuk mendukung sebuah wilayah. Ada beberapa kampus yang paling direkomendasikan, untuk kampus negeri ada UI dan UGM. Sedangkan untuk kampus swasta ada Binus University dan Universitas Tarumanegara.

Di sini kalian akan mempelajari hampir seluruh bidang keteknikan seperti teknologi perancangan, pembangunan, pemeliharaan, dan renovasi suatu bangunan. Peluang kerja lulusan Teknik Sipil perempuan juga tidak kalah dengan peluang lulusan laki-laki. Contohnya, profesi surveyor yang bisa dilakoni oleh Sarjana Teknik Sipil, baik lelaki maupun perempuan. Bahkan, surveyor perempuan pada umumnya lebih teliti dan cermat dalam memeriksa dokumen.

5. Teknik Industri

Jurusan teknik yang cocok untuk perempuan yang kelima yakni ada Teknik Industri. Singkatnya, Teknik Industri merupakan bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi kegiatan ekonomi. Ada beberapa kampus yang paling direkomendasikan, untuk kampus negeri ada UI, ITB dan UGM. Sedangkan untuk kampus swasta ada Universitas Trisakti, Binus University dan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).

Di sini kalian akan mempelajari bagaimana cara merancang, mengelola, mengembangkan sampai menerapkan berbagai elemen menjadi sebuah sistem yang berkaitan dengan fungsi pabrik. Di samping itu, Teknik Industri terbagi ke dalam tiga bidang keahlian, yakni Sistem Manufaktur, Manajemen Industri, serta Sistem Industri dan Tekno Ekonomi.

Untuk Manajemen Industri merupakan salah satu bidang yang menarik minat banyak mahasiswi dibanding dua bidang lainnya. Dengan prospek kerja yang baik di dalamnya, menjadikan jurusan Teknik Industri ini cocok untuk perempuan.

6. Teknik Elektro

Jurusan teknik yang cocok untuk perempuan yang keenam yakni ada Teknik Elektro. Singkatnya, Teknik Elektro merupakan bidang ilmu yang mempelajari listrik dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa kampus yang paling direkomendasikan, untuk kampus negeri ada UI dan ITB. Sedangkan untuk kampus swasta ada Telkom University dan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).

Di sini kalian akan mempelajari tentang kelistrikan dengan berkutat pada aplikasi kelistrikan, elektronika, dan elektromagnet. Meskipun pada umumnya Teknik Elektro sering tak dihitung sebagai jurusan teknik untuk perempuan. Namun, tetap saja ada perempuan yang memiliki minat pada bidang kelistrikan dan lagi pula prospek kerja Teknik Elektro untuk perempuan pun terbuka lebar.

7. Teknik Pertanian

Jurusan teknik yang cocok untuk perempuan yang terakhir yakni ada Teknik Pertanian. Singkatnya, Teknik Pertanian merupakan bidang ilmu pertanian yang fokus pada penggunaan teknologi dan manajemen dalam proses produksi massa hayati serta penanganan dan pengolahannya. Ada beberapa kampus yang paling direkomendasikan, untuk kampus negeri ada IPB dan UNPAD. Sedangkan untuk kampus swasta ada Universitas Mercu Buana dan Universitas Djuanda.

Di sini kalian akan belajar mulai dari dari bagaimana merencanakan, merancang, mengembangkan, menilai, sampai menerapkan berbagai unsur dalam sistem produksi di sektor pertanian. Di jurusan ini juga terdapat peminatan Mikrobiologi yang biasanya disenangi oleh para mahasiswi. Prospek kerjanya pun terbilang sangat cocok untuk perempuan. Contohnya pada bidang industri pangan, alumni Teknik Pertanian biasanya bekerja di bagian R&D, QC, hingga pemasaran produk.

Baca juga: Jurusan Teknik Industri Miliki Prospek Kerja yang Sangat Luas

Itulah 7 jurusan teknik yang cocok untuk perempuan versi Bintang Sekolah Indonesia. Jurusan mana nih yang sesuai dengan minat kalian? Untuk informasi menarik dan bermanfaat lainnya, jangan lupa terus kunjungi website Bintang Sekolah Indonesia ya. Semoga bermanfaat!!

Dinar Ismunandar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - Al-Baqarah Ayat: 286, Haii, perkenalkan nama saya DInar Ismunandar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (10)