7 Tips Menabung untuk Pelajar, Pasti Bisa!

Tips Menabung Untuk Pelajar – Hai Sobat Bintang!! Teruntuk kalian nih para pelajar yang mempunyai keinginan namun sulit untuk mendapatkannya karena tidak memiliki uang yang cukup. Mimin punya tips dan solusinya nih, kalian tahu apa itu? Yups, menabung. Untuk kalian para pelajar mungkin sebagian besar masih memilik pendapatan dari orang tua yang sering kalian sebut sebagi uang jajan.

Nah, uang jajan ini bisa kalian dapat dengan cara beragam, mulai dari perhari sampai perbulan. Namun, apapun cara kalian mendapatkannya yang terpenting bisa menutupi kebutuhan kalian mulai dari transfortasi ke sekolah, jajan dan sebagainya. Lebih baik lagi jika kalian memiliki uang lebih untuk berjaga-jaga.

Selain berjaga-jaga untuk hal yang tidak terduga, kalian juga bisa menggunakan uang lebih tadi untuk memenuhi keinginan kalian yang lain. Seperti jalan-jalan dengan teman ataupun membeli suatu barang yang kamu inginkan. Bagaimana caranya agar bisa menabung? Nih, mimin sudah siapkan rangkuman tips menabung untuk pelajar khusus bagi Sobat Bintang. Simak baik-baik ya!!

Baca juga: 7 Tips Sukses Mengatur Waktu Versi Sobat Sekolah

Tips menabung untuk pelajar
Ilustrasi (Sumber: Haibunda.com)

Berikut Tips Menabung untuk Pelajar Versi Bintang Sekolah Indonesia

1. Menentukan tujuan menabung

Tips menabung untuk pelajar

Tips menabung untuk pelajar yang pertama yakni kalian harus terlebih dahulu menentukan tujuan untuk apa kalian menabung. Jadi, sebelum kalian memulai untuk menabung sebaiknya tentukan tujuan kalian menabung terlebih dahulu.

Contohnya seperti untuk keperluan sekolah seperti sepatu, buku, atau kebutuhan lainnya seperti Handphone dan lain sebagainya. Dengan begitu, kalian akan termotivasi untuk semangat dalam menabung. Selain itu tidak akan mudah tergoda juga untuk menggunakan uang tabungan kalian untuk hal lainnya.

2. Menyisihkan uang jajan

Tips menabung untuk pelajar

Tips menabung untuk pelajar berikutnya setelah menentukan tujuan menabung yakni mulailah untuk menyisihkan uang jajan kalian. Biasakan untuk menyisihkan uang jajan yang kalian terima dari orang tua kalian.

Walaupun dengan nominal yang sangat kecil, lambat laun jika terus kalian tabung akan menghasilkan jumlah yang banyak. Ingat kata pepatah “Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”, walaupun sedikit tetapi sering nanti pun akan menjadi banyak.

3. Mengurangi kegiatan nongkrong atau jajan

tips menabung untuk pelajar

Tips menabung untuk pelajar selanjutnya untuk dapat menyisihkan uang jajan yakni kalian harus mengurangi kegiatan-kegiatan seperti nongkrong atau jajan. Karena biasanya pelajar jika mempunyai uang jajan yang lebih, mereka sering menghabiskannya dengan nongkrong atau keseringan jajan.

Setiap hari sepuluh ribu, tanpa terasa tiba-tiba habis tak tersisa dan tidak ada sepeserpun untuk menabung. Tentunya kalian tidak mau seperti ini kan? Maka dari itu, tahan keinginan kalian untuk nonggkorng atau terlalu banyak jajan ya Sobat Bintang.

4. Jangan menyepelekan uang recehan

 

Tips menabung untuk pelajar

Tips menabung untuk pelajar selanjutnya agar kalian bisa menabung dengan uang yang kalian sisihkan yakni dengan tidak menyepelekan uang recehan. Banyak orang yang menganggap remeh terhadap uang recehan, padahal uang receh itu masih bisa kalian simpan atau tabung.

Baca juga:Begini 6 Tips Menyambut Bulan Ramadhan

Memang, uang dengan nominal seratus atau dua ratus perak tidak bisa kalian pakai untuk membeli suatu barang. Namun, jika kalian tabung maka lama-lama akan menjadi nominal yang besar juga. Selain dari pepatah tadi, ingat juga prinsip kecil-kecil namun lama-lama menjadi menggunung ya Sobat Bintang!

5. Membawa bekal

Tips menabung untuk pelajar

Tips menabung untuk pelajar beikutnya supaya kalian bisa menahan untuk tidak nongkrong dan banyak jajan yakni membawa bekal dari rumah. Nah, membawa bekal dari rumah juga bisa menjadi salah satu cara untuk menabung lho.

Bayangkan saja jika kalian mendapatkan uang jajan sepuluh ribu sehari dan tidak kalian pakai jajan karena membawa bekal dari rumah. Setelah itu, kalian tabungkan semuanya, otomatis kalian akan mempunyai tabungan yang lebih banyak dibanding hanya menyisihkan sebagian dari uang jajan.

6. Gunakan celengan yang unik dan menarik

tips menabung untuk pelajar

Tips menabung untuk pelajar selanjutnya supaya menambah keinginan kalian untuk menabung yakni gunakan celengan yang unik dan menarik. Dengan celengan yang unik dan menarik, biasanya akan membuat kalian lebih tertarik untuk mengisinya.

Selain itu cara ini juga bisa mengasah kreatifitas kalian, dengan membuat kerajinan celengan sendiri. Dengan begitu, kalian pasti akan lebih semangat lagi untuk menabung secara rutin.

7. Pikir ulang sebelum membelanjakan uang

tips menabung untuk pelajar

Tips menabung untuk pelajar yang terakhir setelah kalian bisa dan sukses menabung yakni memikirkan ulang sebelum membelanjakan uangnya. Dalam hal ini semestinya kalian sebagai pelajar dapat memikirkan ulang sebelum memakai uang tabungan tersebut.

Kalian harus bisa berfikir mana kebutuhan utama dan mana saja kebutuhan yang tidak terlalu penting. Dengan begitu, uang tabungan kalian akan terpakai sesuai dengan kebutuhan ataupun dana darurat lainnya.

Baca juga: Tips dan Trik Penggunaan Wordwall.net Untuk Pembelajaran Interaktif

Nah, itulah 7 tips menabung untuk pelajar versi bintang sekolah indonesia yang mimin rangkum khusus kalian. Semoga bermanfaat ya Sobat Bintang!! Untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya, kalian bisa terus mengunjungi bintang sekolah indonesia. Semangat ya Sobat Bintang!!

 

Respon (16)

  1. Dari SMP sudah dikasih uang bulanan sama orangtua sisanya selalu ditabung jadi kalau mau beli apa2 bisa beli pakai uang sendiri ga perlu minta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *