Inilah 5 Jenis Laboratorium dan Fungsinya, Sobat Bintang Harus Tahu Ini!!!

Bintang Sekolah Indonesia, Jenis Laboratorium – Masa sekolah menjadi masa yang paling indah, sebab selain memiliki banyak teman, sering berkumpul bersama dengan teman sebaya atau kakak/adik tingkat, Sobat bintang pasti pernah juga merasakan semua fasilitas sekolah, tak terkecuali dengan Laboratorium.

Jenis Laboratorium

Laboratorium atau yang biasa dikenal dengan sebutan Lab, merupakan salah satu tempat yang dapat digunakan untuk meriset sebuah penelitian, ataupun menjadi salah satu tempat yang dapat dimanfaatkan untuk bereksperimen, pengukuran atau pelatihan ilmiah. Laboratorium biasanya dibuat untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan secara terkendali.

Selain itu, ternyata laboratorium juga memiliki berbagai macam jenis dan berbagai fungsi yang berbeda. Nah, sebagai Sobat Bintang yang masih sekolah, adakalanya untuk mencari tahu jenis-jenis dari laboratorium apa aja, selain itu cari tahu juga fungsinya.

Baca Juga : Belum Terjawab, 7 Pertanyaan Mata Pelajaran Fisika Populer

Jenis Laboratorium

Dilansir pada laman genecraftlabs.com terdapat 5 jenis laboratorium berdasarkan kegunaan, diantaranya.

1. Laboratorium Pendidikan

Jenis laboratorium ini berada di lembaga pendidikan, seperti SD, SMP, SMA, SMK, hingga perguruan tinggi bertujuan menjadi tempat pembelajaran.

2. Laboratorium Penelitian

Laboratorium penelitian, menjadi tempat untuk melukan riset seperti  bentuk fisika, kimia, serta mikrobiologi dengan tujuan menjadi tempat penelitian dan pengembangan ilmu.

3. Laboratorium Pengendalian Proses

Jenis laboratorium ini berguna sebagai tempat melakukan Quality Control dengan sebutan laboratorium komputasi.

4. Laboratorium Pengembangan Produk

Merupakan laboratorium untuk melakukan pengembangan produk dengan memiliki sebutan laboratorium kultur jaringan atau laboratorium analisa pangan dan pakan.

5. Laboratorium Pelayanan Jasa

Merupakan jenis laboratorium yang berada di rumah sakit, apotek, hingga klinik dengan maksud memberikan pelayanan kesehatan bagi khalayak luas.

Baca Juga : Kamu Siswa Pindahan? Yuk, Simak 5 Cara Menyesuaikan Diri di Sekolah Baru

Fungsi Laboratorium

Selain menjadi wadah untuk sebuah penelitian, laboratorium juga memiliki banyak fungsi diantaranya sebagai tempat dan media menyeimbangkan teori dan praktik serta menambah keterampilan para peneliti. Selain itu, terdapat 5 fungsi laboratorium lain yang wajib sobat ketahui.

1.Media Penyeimbang Teori dan Praktik

Sebagai tempat dan media untuk menyeimbangkan antara teori dan praktik ilmu dan menyatukan antara teori dan praktik

2. Sarana Edukasi

Memberikan keterampilan kerja ilmiah bagi para peneliti, baik dari kalangan siswa, mahasiswa, dosen, atau peneliti lainnya. Hal ini disebabkan laboratorium tidak hanya menuntut pemahaman terhadap objek yang dikaji, tetapi juga menuntut seseorang untuk melakukan eksperimentasi.

3. Tempat Memupuk Keberanian

 Memberikan dan memupuk keberanian para peneliti (yang terdiri dari pembelajar, peserta didik, mahasiswa, dosen dan seluruh praktisi keilmuan lainnya) untuk mencari hakikat kebenaran ilmiah dari suatu objek keilmuan dalam lingkungan alam dan lingkungan sosial.

4. Sebagai Wadah Menggali Skill

Menambah keterampilan dan keahlian para peneliti dalam mempergunakan alat media yang tersedia di dalam laboratorium untuk mencari dan menentukan kebenaran ilmiah sesuai dengan berbagai macam riset ataupun eksperimentasi yang akan dilakukan.

5. Media Pencari Fakta Ilmiah

Memupuk rasa ingin tahu kepada para peneliti mengenai berbagai macam keilmuan sehingga akan mendorong mereka untuk selalu mengkaji dan mencari kebenaran ilmiah dengan cara penelitian, uji coba, maupun eksperimentasi.