Belum Terjawab, 7 Pertanyaan Mata Pelajaran Fisika Populer

Belum terjawab, beberapa pertanyaan mata pelajaran fisika yang populer dan cukup sulit untuk dipecahkan. Ilmu fisika yang terus berkembang cepat menjadikan manusia lebih erat mengenal ilmu pengetahuan fisika.

Akan tetapi masih ada beberapa pertanyaan yang masih belum terjawab dan bahkan mungkin tidak akan mampu dijawab.

Belum Terjawab, 7 Pertanyaan Fisika Populer

Meski pengetahuan fisika berkembang cukup pesat, akan tetapi 7 pertanyaan ini buat para ilmuwan penasaran dan pusing tujuh keliling dibuatnya, diantaranya:

Baca juga: 5 Permasalahan Belajar Yang Harus Kalian Ketahui

Dari apa Materi terbuat?

Berdasarkan sejarah urutannya materi terdiri dari atom, sedang atom terdiri dari proton, neutron dan elektron. Lalu, proton dan neutron terdiri dari partikel yang lebih kecil disebut quark. Nah, belum ada yang tahu jenis partikel penyusun apa quark itu?

Atom dikenal netral secara elektrik karena muatan positif proton ditangkal oleh muatan negatif elektron. dr Don Lincoln, Fisikawan partikel di Fermi National Accelerator Laboratory (Fermilab), Illinois mengatakan Model Standar fisika partikel tidak menjelaskan secara lengkap mengenai boson Higgs yang ternyata memiliki massa lebih besar, kuadriliun kali lebih berat dari kalkulasi sebelumnya, Mengapa demikian? Lincoln sendiri berkata “Tidak ada yang tahu”.

Gravitasi, ada apa?

Teori fisika yang seringkali diperdebatkan, Gravitasi. Ada apa dengan gravitasi?? Teori ini menjadi menarik karena berhubungan dengan tempat kita jalani kehidupan ini, di planet Bumi. Formulasi matematis gravitasi menggambarkan efek kelengkungan ruang. Gravitasi jauh lebih lemah dari tiga gaya lain yakni elektromagnetisme dan dua jenis gaya nuklir yang beroperasi dari jarak kecil. Kemungkinan ada ruang dimensi lain yang tersembunyi. Jika dimensi ekstra ini ada dan gravitasi merembes ke dalamnya, hal tersebut dapat menjelaskan mengapa gravitasi begitu lemah. Hingga saat ini eksperimen terhadap dimensi ekstra masih dicoba di mesin Penumbuk Hadron Raksasa (LHC) di CERN, Swiss. Namun hasilnya belum juga didapat.

Waktu hanya bergerak maju, Mengapa?

Einstein, Fisikawan menganggap ruang dan waktu sebagai pondasi struktur empat dimensi. Namun konsep fundamental ruang berbeda dengan konsep fundamental waktu. Beberapa fisikawan menduga hukum termodinamika kedua menyatakan bahwa entropi sistem fisik meningkat dari waktu ke waktu.

Contoh, kita bebas bergerak di luar angkasa akan tetapi konsep waktu tidak demikian. Kita terus bertambah tua, tidak bisa kembali muda. Kita bisa mengingat masa lalu, tetapi tidak bisa melihat masa depan. Peningkatan entropi yang sebabkan waktu hanya bergerak maju. Penjelasan tentang entropi ini belum cukup menjelaskan fundamental konsep ruang dan waktu.

Antimateri, pergi kemana?

Partikel materi biasanya memiliki partikel identik dengan muatan listrik yang berlawanan. Fisikawan telah menciptakan antimateri di laboratorium, dan hasilnya, materi biasa dalam jumlah sama. Namun, hampir sema yang kita lihat di sekitar kita, dari tanah hingga galaksi terjauh pun terbuat dari materi biasa, lalu kemana antimateri itu pergi? Semisal jumlah awal materi dan antimateri sama, maka mereka akan saling memusnahkan satu sama lain dala ledakan energi yang dasyat. Dan alam semesta tak akan pernah terbentuk.

Bagaimana satu benda punya dua sifat, cair dan padat?

Kita paham konsep benda cair dan benda padat. Akan tetapi ada satu benda yang punya dua sifat sekaligus. Contoh, pasir. Butiran pasir memang padat tetapi sejuta butir dapat mengalir seperti air dalam satu medium kosong.

Bisakah teori-teori dipersatukan?

Mekanika kuantum mengungkap latar belakang ruang dan waktu yang tetap, sementara pada teori relativitas umum, ruang dan waktu bersifat fleksibel. Kalau digabungkan, bagaimana jadinya konsep teori kuantum lengkungan ruang dan waktu? Tentu, Tidak ada yang tahu. Akan tetapi hal ini masih terus dicoba.

Baca juga: 10 Program Studi Buat Kamu yang Bosan Belajar Sejarah

Bagaimana kehidupan berevolusi?

Bagaimana kehidupan muncul? Sebelum evolusi biologis dimulai, para ilmuwan percaya ada evolusi kimiawi, bahwa molekul anorganik sederhana bereaksi membentuk molekul organik kompleks, kemungkinan besar di laut. Namun bagaimana proses ini dimulai? Memahami sistem kehidupan yang rumit dan tidak memiliki status ekuilibrium adalah masalah besar yang belum terpecahkan dalam bidang fisika sampai sekarang.

Inilah tujuh bidang ilmu fisika yang belum terjawab. Dan kemungkinan besar akan tetap menjadi misteri selamanya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (2)