Cek Penerima Bansos BLT KPM PKH 3,5 Juta di dtks.kemensos.go.id

Cek Penerima Bansos BLT KPM PKH 3,5 Juta di dtks.kemensos.go.id – Semenjak merebaknya virus Covid-19 di Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan berbagai program bantuan sosial (bansos) untuk mengurangi dampak virus ini. Bansos terbaru yang akan digelontorkan pada masyarakat adalah bansos BLT KPM PKH 3,5 juta rupiah.

Apakah BLT KPM PKH 3,5 Juta itu?

BLT KPM PKH 3,5 juta rupiah merupakan bantuan langsung tunai yang berupa modal usaha. Bantuan ini diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH (Program Keluarga Harapan) yang sudah digraduasi.

Dengan kata lain penerima BLT ini adalah mereka yang dahulu pernah terdaftar sebagai KPM PKH, namun kini mereka sudah dinyatakan tidak menjadi anggota PKH lagi. Akan tetapi, tidak semua KPM PKH Graduasi akan menerima bansos tersebut.

Hanya mereka yang menjalankan usaha ultra mikro saja yang akan memperoleh bantuan usaha senilai 3,5 juta rupiah ini. Nantinya, Kemensos akan melakukan seleksi berdasarkan data yang ada. KPM yang sudah terpilih akan dimasukkan pada DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Tujuan dari diberikannya bantuan ini adalah untuk membantu penerima manfaat mengembangkan usaha kecil yang mereka miliki. Dengan demikian, mereka dapat tetap bertahan dalam menjalankan bisnisnya meski diterpa oleh pandemi Covid-19.

BLT ini berbeda dari bantuan modal usaha yang diberikan oleh kementerian lain, contohnya BPUM dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Baca Juga: Cek Penerima PIP Kemdikbud

Pada program BPUM, kementerian Koperasi dan UKM mempersilahkan para pemilik usaha mikro untuk mendaftar secara mandiri atau kolektif melalui koperasi tempat mereka menjadi anggota.

Sedangkan pada program bansos 3,5 juta, masyarakat tidak dapat mendaftar atau mengajukan diri untuk menjadi penerima manfaat BLT tersebut. Hal ini karena Kemensos hanya menggunakan data yang telah mereka miliki.

Syarat Penerima Bansos BLT KPM PKH

Ketika menyeleksi calon penerima BLT 3,5 juta ini, Kemensos menggunakan parameter tertentu. Secara umum, KPM harus memenuhi syarat di bawah ini.

  1. Memiliki usaha ultra mikro atau usaha rintisan. Usaha ini boleh dalam bidang perdagangan, kuliner, penjahit, peternak, atau pertanian.
  2. Tergolong sebagai warga rentan miskin atau miskin.
  3. Pernah menjadi KPM PKH dan sudah digraduasi.

Cara Cek Penerima Bansos BLT KPM PKH

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) akan menghubungi para penerima manfaat untuk memberitahu bahwa mereka menerima bansos suntikan modal 3,5 juta. Akan tetapi, KPM juga dapat melakukan pengecekan sendiri.

Untuk mengetahui apakah Anda memperoleh BLT KPM PKH 3,5 juta atau tidak, Anda dapat mengeceknya melalui situs yang telah disediakan oleh Kemensos. Berikut ini cara mengeceknya:

pilih berdasarkan nik dtks kis

  1. Buka situs dtks.kemensos.go.id melalui HP atau PC.
  2. Jika situs telah terbuka, lihat form bagian atas yang terdapat keterangan Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST).
  3. Pilih identitas, misalnya NIK, nomor KIS, atau ID DTKS pada box paling atas.
  4. Isikan nomor identitas yang telah dipilih. Jika memilih NIK, maka isikan nomor KTP.
  5. Tulis nama lengkap sesuai identitas pada box berikutnya.
  6. Isikan kode verifikasi yang tertera dengan benar.
  7. Klik tombol Cek.
  8. Selanjutnya situs akan menampilkan halaman pop up hasil pencarian. Jika Anda terdaftar dalam DTKS, maka akan muncul data yang berisi nama, alamat, ID DTKS, NIK, dan status bansos yang diperoleh.

petunjuk bansos

Baca Juga: EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

Jika Anda menerima bansos suntikan modal dari Kemensos ini, Anda dapat menghubungi TKSK dan mencari info lebih lanjut tentang proses pencairan.

Proses Pencairan BLT KPM PKH

Pencairan bansos BLT KPM PKH 3,5 juta rupiah sudah dimulai sejak bulan Desember ini. Dana ini disalurkan melalui bank BNI, BRI, dan bank Himbara lainnya jika penerima sudah memiliki rekening tabungan di salah satu bank ini.

Namun, jika KPM tidak memiliki rekening tabungan di bank tersebut, maka dana akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia. Nantinya Kemensos juga akan memberikan pendampingan kepada para penerima BLT tersebut.

Setiap kelompok akan didampingi oleh satu pendamping dari TKSK. Dengan adanya pendampingan ini diharapkan para penerima insentif usaha ini dapat mengelola suntikan modal tersebut dengan lebih baik. Sehingga, bansos benar-benar tepat guna dan bermanfaat dalam memajukan usaha yang dimiliki KPM.

Kemensos berharap bahwa suntikan modal ini dapat membantu KPM PKH Graduasi menjadi lebih sejahtera. Selain itu, Kemensos juga berharap bahwa para usaha para penerima manfaat tetap dapat berdiri meski kondisi ekonomi sedang sulit.

Demikan informasi mengenai Cek Penerima Bansos BLT KPM PKH 3,5 Juta di dtks.kemensos.go.id . Semoga Bermanfaat

Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *