Cek Penerima PIP SD, SMP, SMA, SMK di https://pip.kemdikbud.go.id/home/cek_nisn

Cek Penerima PIP SD, SMP, SMA, SMK

Baru-baru ini, Pemerintah Indonesia telah menyalurkan dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) sebesar Rp. 9.627.539.300.000 kepada 18.092.891 siswa/i SD, SMP, SMA, dan SMK di seluruh wilayah Indonesia. Total besaran dana bantuan dan jumlah siswa/i penerima PIP tahun 2020 dapat dilihat di laman https://pip.kemdikbud.go.id/penyaluran/nasional

Berdasarkan data yang diakses di laman kemdikbud pada tanggal 20 Desember 2020 Jam 19.29 WIB, total dana PIP yang sudah dicairkan mencapai Rp. 4.896.837.025.000 dengan total jumlah siswa SD, SMP, SMA dan SMK sebanyak 9.707.393. Jika dipersentasekan, maka dana PIP sudah mencapai 50% yang dicairkan sampai saat ini.

Bagi siswa/siswi baik itu SD, SMP, SMA dan SMK alangkah baiknya segera cek nama data penerima PIP langsung di laman  https://pip.kemdikbud.go.id/index/ceknisn. Bagi yang belum tahu caranya simak langkahnya berikut:

Baca Juga: Cek Penerima Bansos BLT KPM PKH 3,5 Juta

Cek Data Penerima PIP

1. Buka situs https://pip.kemdikbud.go.id/home/cek_nisn

cek-penerima-pip-kemdikbud

2. Masukkan NISN, Tanggal Lahir dan Nama Ibu Kandung. Untuk NISN atau nomor induk siswa nasional dapat di cek di https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/caribynama/

3. Setelah NISN, Tanggal Lahir dan Nama Ibu Kandung sudah terisi semua silahkan klik Tombol Cari

cek-data-penerima-pip

4. Jika data yang dimasukkan benar dan ada dalam daftar penerima PIP maka akan muncul nama siswa, nama sekolah, tempat tinggal dan bank penyalur. Jika sebaliknya, maka dapat disimpulkan bahwa data yang dimasukkan tidak termasuk dalam daftar penerima PIP

data-penerima-pip-penyalur

Cek NISN

1. Buka situs https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/caribynama/

cek nisn siswa nasional

2. Masukkan Nama Lengkap Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu dan Kode Captcha yang tertera pada form.

Baca Juga: Cek Hasil Seleksi SNMPTN 2021

cek nisn isi data

3. Jika data sudah terisi semua, silahkan klik Cari Data

4. Maka nanti akan muncul Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) tersebut

Selamat mencoba dan Semoga informasi di atas bermanfaat 🙏

Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (55)

  1. Anak saya 2 orang di tahun 2018 tidak mendapatkan pencarian dana PIP., Walau sudah berulang kali tanya ke bank BRi sebagai penyalur, tapi jawabannya belum ada namanya. Tapi hari ini saya cek ternyata dananya telah di kembalikan ke negara. Yg jadi pertanyaan saya. Untuk apa buku tabungan yg di berikan kepada anak saya kalau uangnya itu di kembalikan. Bukankah buku rekening tersebut sebagai buku yg sah anak saya untuk menerima dan menyimpan/ menabung yg di berikan pemerintah..
    Atau hanya sebagai aksesoris aja
    Sungguh saya sangat kecewa. Saya sangat berharap uang itu bisa di berikan kembali pada anak anakku.

      1. Iya kak.. adek saya juga punya KIP .. waktu SD dapat.. tapi semenjak SMP kok gak pernah dapat.. saya cek di situs resminya juga ada.. tahun 2018 dikembalikan ke negara.. untuk tahun 2019 sama 2020 penyaluran lewat bank BRI tapi kok gak pernah dapat ya kak

  2. anak saya bernama Rizky Aditya kasianto punya kartu KIP tapi saya cek kok tidak bisa keluar setelah data diisi NISN, Tgl Lahir dan Nama Ibu setelah diklik cari, yang muncul kembali ke awal isian, mohon bantuannya

  3. selamat malam pak, pak untuk anak kami data sudah diisi ,tetapi begitu di klik cari tidak bisa,halaman kembali seperti semula,ini kendala nya dimana ya pak

  4. Saya dari keluarga yg sangat2 sederhana hidup di barak,kota palangka raya kec jekan raya,saya belum penah dapat bantuan dari perintah dari program perintah dari dulu sampai skrng,anak saya dua cowok, cewek dah SMA semua,cowok di muhamadiyah palangka raya naik kls3 ini sampai rapot pun blm bsa ambil,

  5. Selamat malam, saya mau menanyakan perihal pencairan pip anak saya.
    Anak saya yang pertama sudah dapet pip di bulan juli 2020,.
    Dan saya cek lagi nama anak saya keluar, apakah pada waktu pencairan ke dua harus minta SK dari Sekolahan lagi…..

  6. Anak saya saya cek ternyata terdaftar di thn 2019 tp dr pihak sekolah nggak ada pemberitahuan sama sekali, dan sayangnya buku tabungan anak saya hilang, apa masih bisa dicairkan pak.

  7. Anak saya dicek terdaftar di pip pas mau ngurus kesekolahan kata nya data tersebut eng terdaftar.padahal udah saya kasih ss dan print nya tapi tetap saja pihak sekolah eng ngasih surat pengantar.anak saya terdaftar di tahun 2020 . bagaimana kelanjutan pip anak saya 🙏

  8. Anak saya pernah terdaftar jadi penerima PIP th 2018,,tapi dari pihak sekolah gak ada pemberitahuan sama sekali, saya baru cek sebulan yg lalu pake aplikasi ini, disitu keterangan “dikembalikan ke negara”
    Apa bisa anak saya jadi penerima PIP lagi ?

  9. cara daftanya giman ya kak
    kami sekeluarga ndak atau belum mendapatkan
    apa namanya kartu kip soal nya
    samasekali putra putri kami sama sekali
    belum mendapat kan apa namanya bantuan itu coba tolong kak mintak sulusinya kak untuk daftar kok ndak bisa makasih .

  10. Maaf pak..kenapa KIP an.Rabels Gupanomi Bahy Pangestu dr SMP N 39 Semarang yg th 2020 ga cair..pdhal sdh lapor k pihak sekolah..tp jawabannya d tunggu/sabar aza..sedangkan teman2 yg lain sdh pd cair 2 x ( 2 semester)..trs lapor k sekolah lagikah pak..saat pandemi seperti ini….dana kan bisa buat beli quota jg(dr sklh cm dpt 1 X selama pandemi)

  11. Bagaimana cara untuk mendapatkan PIP ya.apakah PIP yang dari SD tidak bisa dilanjutkan ke SMP?
    padahal semasa di SD sudah pernah dapat PIP

  12. Ank sy dp kip dr th 2018 sy k sklh mnt surat pengantar dr pihak sekolah tdk mengizinkannya ktnya hrs pilih salah satu kip atau kjp klo kip kjp di blokir klo kjp ,kipnya yg d blokir sy pilih kjp sy pikir udah ada datanya sy d srh tanda tangan bahwa sy memblokir salah satu pak tp keponakan sy malah dpt ke2nya pak

  13. Anak saya terdaftar di Pip selama di SMP tidak bisa mencairkan bantuan tersebut karena pihak sekolah tidak mau mengurusi dana pip anak saya,apakah apabila melanjutkan ke SLTA bisa menerima dana bantuan pip

  14. Anak saya udah punya tabungan ma ATM tpi semenjak masuk SMP dari kelas satu sampai ini kelas dua ko ga dapat ya padahal teman2nya pada dapet

  15. Saya Nando Tarya Putra
    Asal:Dari lampung
    Asal Sekolah:SMUN 01 BARADATU
    SMPN:03 BARADATU
    SDN:01 BARADATU
    TGL:7-11-2005
    Belum pernah nerima bantuan dri pemerintah,dri SD smpe SMA mohong bantuan,agar di SMA sya dapat bantuan

  16. Mau tanya pak anak saya kan baru kelas 1 baru kemarin daftar pip blum tau ini dapet apa ngga nya .. tapi pas di cek di link barusan itu ada namanyaa ,, itu bener dapet apa baru terdaftar aja ya pak trimakasi .

  17. anak saya ada terdaftar SBG penerima pip penyaluran 2020 tapi sampai skrng blm ada pemberitahuan dari pihak sekolah,gmna tu pak