Dakwah Daring MAN 1 Karanganyar Selama Ramadhan 1441 H

Dakwah Daring MAN 1 Karanganyar Selama Ramadhan 1441 H

Dakwah Daring MAN 1 Karanganyar Selama Ramadhan 1441 H – Tidak seperti Ramadhan pada umumnya, Ramadhan tahun ini tentu sangat berbeda. Hal ini dikarenakan adanya pandemi Covid-19 sehingga pemerintah melakukan kebijakan untuk pembatasan terhadap setiap aktivitas. Pandemi membuat ruang gerak setiap orang terbatas dengan adanya gerakan physical distancing sehingga akan lebih baik jika tetap berada dirumah. Hal itu pula yang membuat pembelajaran di bangku sekolah dilakukan secara daring, begitu pula dengan bekerja.

Bulan suci Ramadhan biasanya memberikan kesan yang sangat istimewa. Umat muslim akan berkumpul untuk beribadah bersama, berbuka puasa bersama ataupun sahur bersama. Saat ini, karena adanya pandemi, setiap orang harus memperhatikan kesehatan masing-masing. Demi memerangi covid-19 maka ibadah dapat dilakukan di rumah.

Dakwah Daring MAN 1 Karanganyar Selama Ramadhan 1441 H

Dakwah Daring MAN 1 Karanganyar Selama Ramadhan 1441 H

MAN 1 Karanganyar menjadi sekolah yang tetap berpartisipasi dalam menyelenggarakan dakwah dalam jaringan (daring). Sekolah ini mengerahkan siswanya untuk tetap berkarya di tengah pandemi.  Hasil karya siswa dalam program Dakwah Ramadhan akan ditayangkan pada Channel Youtube Madrasah TV MAN 1 Karanganyar.

Baca Juga, Beasiswa Kuliah S1 UBSI 2020

Tidak tanggung-tanggung, program ini menghadirkan pemateri yang sangat kompeten. Materi yang disampaikan juga sangat bervariatif dan menarik. Program ini dijalankan dengan satu pemateri dan satu pemandu. Program Dakwah Ramadhan Daring MAN 1 Karanganyar juga dijadwalkan tayang setiap hari.

Semua kegiatan dan aktifitas di MAN 1 Karanganyar di desain secara online selama Covid-19 pandemi. Dakwah Ramadhan  online menjadi salah satu aktivitas dari MAN 1 Karanganyar dalam pandevi covid untuk tetap memberikan manfaat karena sebaik-baik manusia adalah yang memberikan banyak manfaat untuk orang lain”. Ucap Dr. H. Lanjar Utami,M.Pd selaku kepala sekolah MAN 1 Karanganyar.

Proses pengambilan gambar dilakukan dengan tetap memperhatikan physycal distancing sehingga tetap aman. Shooting dilaksankaan di laboratorium multimedia MAN 1 Karanganyar. Beberapa pengambilan gambar juga dilakukan secara outdoor. Program ini dapat diselenggarakan karena partisipasi dari siswa Multimedia, Guru, dan Staf, Presenter, dan Tim Dakwah Ramadhan Online MAN 1 Karanganyar.

Dakwah Daring MAN 1 Karanganyar Selama Ramadhan 1441 H
Jadwal Tayang Dakwah Ramadhan; MAN 1 Karanganyar

Partisipasi dari siswa juga menjadi salah satu kegiatan agar tidak bosan berada dirumah. Setiap tayangan dakwah juga dapat dirangkum oleh siswa-siswi MAN 1 Karanganyar sebagai bentuk tugas yang tidak terlalu memberatkan. Selain itu, dengan adanya dakwah Ramadhan, para siswa juga dapat terus menyimak materi dari setiap dakwah sebagai bentuk kegiatan positif selama bulan Ramadhan ditengah pandemi.

Alhamdulillah dari pada dirumah terus bosan. Beberapa siswa ada yang ditugaskan untuk liputan. Ini juga bisa untuk tugas anak-anak dirumah untuk merangkum acara ini sehingga menjadi konten untuk pembelajaran. Proses awalnya sulit dan melelahkan namun alhamdulillah tetap bisa dilaksanakan” Ujar Pak Iwan salah satu guru di MAN 1 Karanganyar.

Berbagai metode pembelajaran secara daring di tengah pandemi dapat dilakukan agar siswa tidak merasa bosan. Kreativitas MAN 1 Karanganyar dalam menggalakkan kegiatan di bulan suci juga menjadi bentuk partisipasinya terhadap kebijakan pemerintah untuk tetap dirumah saja.

Banyak sekali hal positif yang dapat dilakukan untuk untuk menghadapi pandemi. Walaupun hanya dirumah, namun jika ada kemauan dan kemampuan maka bukan tidak mungkin kita dapat melakukan berbagai aktivitas. Dengan adanya pandemi kita juga dituntut untuk lebih kreativ lagi dan memberikan karya terbaik yang bermanfaat untuk orang lain.

Dengan dakwah diharapkan setiap insan dapat selalu teringat akan indahnya bulan Ramadhan. Pandemi bukan menjadi halangan untuk tetap beribadah dan berdakwah. MAN 1 Karanganyar menjadi salah satu contoh penggerak untuk tetap beraktifitas di bulan Ramadhan dengan kegiatan yang positif dan memberikan manfaat untuk orang lain.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (39)

  1. Wahh,, hebat MAN 1 Karanganyar bisa memberikan kegiatan positif di tengah pandemi seperti ini,, semoga wabah ini cepat berlalu.. aminn

  2. Kegiatan yg sangat positif, semoga pandemi ini Segera berakhir agar kita semua bisa beraktivitas seperti biasa 🙏🙏🙏

  3. Yup betul sekali, meski dirumahaaja Banyak sekali hal positif yang bisa kita dilakukan, Agar aktivitas kita lebih produktif 😉

  4. Alhamdulilah tetap bisa menjalankan program yg sangat bermanfaat ditengah physical distancing, walaupun secara daring tetap tidak mengurangi ibadah di bulan suci

  5. Di situasi & kondisi seperti ini siswa MAN 1 Karanganyar membuat karya luar biasa berupa program Dakwah Ramadhan yg bermanfaat

  6. Luar biasaaaaaaa,,kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat,,,hebat MAN 1 Karanganyar,,teruslah berkaryaaaaa semangattt😉😉

  7. Kereeennn. Walopun dirumah aja tapi banyak banget hal positif yang masih bisa kita lakuin. Nice info min👍🏽