Kali Ini Kegiatan PKKMB UBSI, Hadir dengan Virtual Stage

  • Bagikan

Kegiatan PKKMB UBSI, Jakarta – Halo Sobat Bintang!! Masa pandemi Covid-19, membuat beberapa acara yang melibatkan banyak orang, terpaksa tidak bisa terselenggara dalam sementara waktu, demi ikhtiar mengurangi tingkat penyebaran virus corona.

Maka dari itu, saat ini live streaming menjadi solusi terbaik, untuk melangsungkan kegiatan juga menjadi solusi dari permasalahan ini. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melangsungkan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Kegiatan PKKMB UBSI
Foto : Virtual Stage Kegiatan PKKMB UBSI

Live streaming memungkinkan untuk tetap mengadakan acara dengan melibatkan banyak orang. Dalam hal ini, pada kegiatan Seminar Motivasi (Semot), sebagai salah satu rangkaian PKKMB yang dilaksanakan secara live streaming.

Baca Juga : Universitas BSI Berikan Beasiswa KIP-Kuliah Dalam Peningkatan Pendidikan

Kegiatan PKKMB UBSI dengan vitual stage

Pada Kegiatan PKKMB UBSI yang berlangsung Minggu (12/9), ketua tim Marketing and Communication (Marcom) Universitas BSI, Achmad Baroqah Pohan menyampaikan pada tahun ini, untuk kedua kalinya Semot dilaksanakan secara online tengah pandemi Covid-19.

“Dikala wabah, kita tidak bisa berkumpul secara massal dalam satu tempat. Karena Universitas BSI memiliki kampus yang berada dibeberapa area dan tetap harus menyambut mahasiswa baru di sana,” tutur beliau, Minggu (12/9).

Beliau mengatakan, tim Marcom dan kepanitiaan Semot Universitas BSI bahu-membahu mengeluarkan inovasi dan kreativitasnya. Sehingga pelaksanaan yang biasa berkumpul, tetap terasa ada. Namun secara fisik atau jasmani berada di beberapa kampus.

“Upaya yang kami lakukan yaitu melakukan live streaming di beberapa platform yaitu di Youtube, Instagram dan Tiktok,” ujar beliau.

Selain itu, konsep yang digunakan Kegiatan PKKMB UBSI ini adalah virtual stage. Di mana tayangan yang ditampilkan, seolah-olah berada dalam stage yang besar dan dapat berkomunikasi dengan para pembicara.

“Misalkan, tadi ada salah satu pemateri Semot yaitu Nadia Soekarno yang kami bisa hadirkan di tengah stage, meskipun fisik atau jasmaninya tidak di sini,” pungkas beliau.

Tambah beliau, hal ini juga menciptakan komunikasi dua arah serta menghadirkan tampilan tersebut ke seluruh kampus Universitas BSI yang tersebar di 29 lokasi di Indonesia. Dengan tampilan yang sangat entertaint (menghibur).

“Kami berupaya menghadirkan konsep virtual dan entertaint, serta disiarkan pada tiga platform digital antara lain Tiktok, Instagram dan Youtube,” terang beliau.

“Tantangannya adalah bagaimana menghadirkan suasana Semot yang awalnya offline bisa hadir dalam Semot yang dilangsungkan secara online,” ungkap beliau.

Baca Juga : 5 Prodi Penguasa Teknologi yang Ada di Universitas BSI

Beliau menginformasikan, ini pertama kali dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta yang mengadakan PKKMB-nya melalui beberapa platform sekaligus.

Universitas BSI adalah Perguruan Tinggi Swasta yang pertama kali mengadakan PKKMB dengan live streaming di tiga platform digital serentak, tanpa recording atau delay,” papar beliau.

Selanjutnya, beliau cukup bangga dengan kreativitas tim Marcom Universitas BSI yang menghadirkan acara keren seperti ini.

  • Bagikan

Respon (9)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *