Jurusan Teknologi Komputer Jadi Lulusan Incaran Era Society 5.0

  • Bagikan
Lulusan incaran era society
Dok. Lulusan incaran era society 5.0

Lulusan Incaran Era Society 5.0, JAKARTA – Halo Sobat Bintang!! Saat ini era society 5.0 sudah di depan mata. Era tersebut banyak memerlukan SDM dari lulusan Program Studi (prodi) Teknologi Komputer. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah hadir prodi Teknologi Komputer.

“Society 5.0 adalah era dimana semua teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri. Internet bukan hanya sebagai informasi melainkan untuk menjalani kehidupan,” tutur Kepala Program Studi (Kaprodi) Teknologi Komputer Universitas BSI, Rahmat Adi Purnama, Senin (17/5).

Baca juga: Jurusan Teknik Industri Miliki Prospek Kerja yang Sangat Luas

Lulusan Incaran Era Society 5.0

Rahmat memaparkan, pada era Revolusi Industri 4.0, menggunakan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang merupakan komponen utama dalam membuat perubahan di masa yang akan datang. Sedangkan Society 5.0 menggunakan teknologi modern hanya saja mengandalkan manusia sebagai komponen utamanya.

“Teknologi komputer merupakan disiplin ilmu yang diwujudkan untuk ilmu pengetahuan dan teknologi dalam hal desain, konstruksi, implementasi, serta pemeliharaan. Baik perangkat lunak maupun komponen perangkat keras sistem komputasi modern maupun seluruh peralatan yang dikendalikan oleh komputer,” ujar beliau.

Menurut beliau, pertumbuhan teknologi saat ini sangatlah pesat. Hal tersebut juga mendorong perkembangan revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0 yang sangat membutuhkan seseorang yang dapat merancang, membangun, mengimplementasikan dan memelihara perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), serta jaringan komputer (networking). Semua itu dapat dipelajari di Prodi Teknologi Komputer di Universitas BSI.

Beliau menjelaskan, prodi Teknologi Komputer Universitas BSI yang merupakan lulusan incaran era society 5.0 ini hasil kombinasi dari beberapa ilmu. Ilmu-ilmu tersebut yakni ilmu komunikasi yang saling terintegrasi antara ilmu teknik elektro dengan ilmu komputer.

“Di Prodi Teknologi Komputer Universitas BSI, mahasiswa akan mempelajari bagaimana caranya merancang dan membangun ‘otak’ dari komputer atau alat elektronik lainnya yang dapat digunakan untuk mengontrol jalannya sistem,” kata beliau.

Baca juga: Jurusan Teknik Industri Miliki Prospek Kerja yang Sangat Luas

Ia menyebutkan, prospek karier lulusan Teknologi Komputer sangat luas dan menarik. “Lulusan Prodi Teknologi Komputer bisa bekerja sebagai software engineering, konsultan IT, arsitek jaringan komputer, hardware engineer, game developer, dan arsitek komputer,” tutup beliau.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *