Praktik Kerja Lapangan (PKL) Sebagai Pengenalan Siswa Terhadap Dunia Kerja

  • Bagikan

Jakarta, Bintang Sekolah Indonesia – Praktik Kerja Lapangan (PKL) telah menjadi kewajiban para siswa/i SMK, di tahun ketiga mereka sekolah. Para siswa/i bisa memilih tempat PKL sendiri, di perusahaan atau tempak PKL yang sesuai dengan jurusan mereka.

Hal ini untuk memberikan pengalaman dan soft skill tambahan bagi para siswa/i SMK, agar setelah lulus, sudah punya pengalaman di dunia kerja. Ini juga yang membuat lulusan SMK, cepat dapat kerja.

Tak hanya di perusahaan, kegiatan PKL bisa di lembaga pendidikan seperti kampus, menjadi opsi yang sesuai. Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya salah satunya, yang membuka peluang bagi para siswa/i untuk melakukan praktik kerja lapangan disana.

Baca Juga : Daftar Kuliah Tanpa Ribet? Universitas BSI Sediakan Solusinya

Praktik Kerja Lapangan di Universitas BSI

Kampus yang beralamat di jl. Tanuwijaya No.4, Empangsari, Tawang, Kota Tasikmalaya ini, memberikan peluang kepada para siswa/i melalui PKL. Agung Baitul Hikmah selaku kepala kampus Universitas BSI kampus Tasikmalaya mengungkapkan, peran teknologi saat ini, menjadi peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Beliau menuturkan, banyak juga SMK yang membuka jurusan informatika, dan mereka bisa mengasah skill tersebut saat PKL di kampus Universitas BSI.

“Selain informatika, kami juga ajarkan mereka keahlian lain. Terutama digital marketing. Mulai dari pembuatan konten, penerapan website untuk konten marketing, dan lainnya,” kata beliau, dari rilis yang diterima, Rabu (3/11).

Menurut beliau, keadaan pandemi yang masih belum usai, memungkinkan pelaksanaan PKL ini secara online dan offline. Sudah banyak SMK yang bekerja sama dengan Universitas BSI, dan sebagian dari mereka sudah selesai melaksanakan PKL ini.

“Dari SMKN 1 Padaherang, sudah melaksanakan PKL selama 4 bulan. Itu blended juga, ada offline dan online,” ujar beliau.

Pembimbing PKL dari SMKN 1 Padaherang, Ade Roni menjemput anak didiknya, setelah selesai pada Kamis (28/10) silam. Menurutnya, PKL memberikan kesempatan bagi siswa/i kelas XII (12) untuk bisa mempraktikkan ilmu yang sudah dipelajari di sekolah.

“Manfaat dari PKL ini, bisa terbentuk kesinambungan antara ilmu-ilmu dasar di sekolah,” kata beliau.

Baca Juga : Miliki Bakat Jadi Youtuber, Galuh Raih Beasiswa Kuliah di Universitas BSI Kampus Yogyakarta

Praktik Kerja Lapangan jadi jembatan siswa dengan dunia kerja

Foto : Siswi SMKN 1 Padaherang yang telah melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan di Universitas BSI kampus Tasikmalaya.

Di sisi lain, beliau mengungkapkan, bahwa manfaatnya akan sangat terasa oleh siswa. Dengan begitu, mereka akan lebih bisa mengenali seperti apa dunia kerja, dan bagaimana cara menghadapi masalah di dunia kerja.

“Meski tak sepenuhnya porsirnya itu di lingkungan pekerjaan, namun cukup buat bekal mereka tahu seperti apa dunia kerja,” jelas beliau.

Para siswa/i pun akan mendapatkan pengalaman dan ilmu baru tentunya, yang tidak di dapat di sekolah. Seperti yang diungkapkan Alya, salah satu siswi dari SMKN 1 Padaherang.

“Hal lain pada proses pelaksanaan PKL, kami bisa mendapatkan pengalaman dan ilmu-ilmu baru yang tidak kami dapat di sekolah. Pengalaman yang berharga untuk melatih kami berinteraksi dengan dunia kerja. Itu tentu saja akan menumbuhkan sikap profesionalisme,” jelasnya.

Baca Juga : Kuliah Tahun Ini atau Tahun Depan! Daftar Segera di UBSI Kampus Tasikmalaya

Sementara itu, Agung Baitul Hikmah mengatakan, Universitas BSI kampus Tasikmalaya, menerima sekolahan, yang ingin menitipkan anak didiknya untuk PKL di kampus IT populer di Tasikmalaya itu.

“Kita menerima siswa/i, yang ingin melakukan PKL di kampus Universitas BSI. Jangan sungkan untuk bergabung,” terang beliau.

  • Bagikan

Respon (6)

  1. PKL memang penting banget untuk siswa dan siswi karena pada saat mereka terjun ke lapangan pekerjaan yang sesungguhnya mereka dapat beradaptasi dengan cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *