Prodi SIA Universitas BSI Akan Gelar Webinar Database

  • Bagikan
Webinar Database
Dok. Webinar Database Universitas BSI

Webinar Database Universitas BSI, JAKARTA – Halo Sobat Bintang!! Di era digital ini penggunaan sistem informasi sangat dibutuhkan dalam meningkatkan produktivitas dalam suatu perusahaan. Karena, dengan semakin banyaknya persaingan, membuat perusahaan berpikir keras dalam menjalankan proses bisnisnya.

Sistem database menjadi salah satu pilihan proses bisnis dalam pengelolaan data perusahaan. Seperti Database Management System (DBMS) yang dapat memudahkan perusahaan dalam mengakses dan menyimpan data informasi.

Baca juga: UBSI Margonda Sukses Gelar Workshop Fotografi

Webinar Database Universitas BSI

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Fakultas Teknik & Informatika (FTI), Program Studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA), akan menggelar webinar. Lebih tepatnya webinar database yang bertajuk “Peningkatan Efektifitas Pengelolaan Data Dengan Optimasi Basis Data”. Webinar ini akan dilangsungkan secara daring melalui zoom pada Kamis (27/5) mendatang, pukul 19.00–21.00 WIB mendatang.

Dipandu oleh Sifa Mauziah, pembicara yang akan hadir ialah Heru Susanto yang merupakan peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Adi Supriyatna selaku ketua panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa memahami database sebagai keamanan data dan informasi perusahaan.

“Banyaknya manfaat database ini, memberikan berbagai manfaat bagi manusia dalam membantu pekerjaannya. Mulai dari pengumpulan data, penyimpanan data, menghapus data, mengelompokkan data penting, dan masih banyak lagi. Database juga menjadi instrumen penting bagi programmer dalam membuat suatu aplikasi web atau hardware guna menghindari redundancy,” jelas Adi dalam keterangan pers, Jumat (21/5).

Beliau menambahkan bahwa DBMS tidak hanya untuk mengakses dan menyimpan data suatu perusahaan. DBMS juga bisa digunakan untuk memantau apa yang terjadi pada kegiatan operasional. Sehingga dapat mengambil langkah tepat dan cepat dalam menangani masalah yang terjadi.

“Misalnya penjualan yang cepat harus diikuti manajemen inventori yang cepat. Bagian keuangan juga dengan cepat bisa menghitung rugi dan laba untuk membantu manajemen dalam menentukan apakah perlu menambah produksi, membeli bahan mentah dan lain sebagainya,” imbuh beliau.

Baca juga: UBSI Pontianak Sukses Gelar Workshop Desain Grafis

Webinar database ini ditujukan untuk mahasiswa semester dua prodi sistem informasi akuntansi Universitas BSI. Hal ini bertujuan agar mereka mampu mengasah softskill dan hardskill dalam dunia kerja, serta mengetahui database trend pada 2021.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *