6 Tips Mengisi Baterai HP Agar Cepat Penuh

Tips mengisi baterai HP cepat penuh memang menjadi salah satu cara yang paling banyak dicari. Sebab banyak orang yang ingin baterai ponselnya cepat penuh meski tidak ada fitur Fast Charging.

Jika ponsel anda punya fitur Fast Charging, Kemungkinan ini bukan sebuah masalah besar. Tetapi bagi banyak orang jika ponsel yang tidak dilengkapi fitur ini, mengisi daya baterai ponsel umumnya akan memerlukan waktu yang lama agar bisa terisi penuh.

Banyak yang bilang bahwa baterai ponsel bisa cepat penuh bila mengisi daya sambil mematikan ponsel tersebut. Tetapi bagaimana bila anda harus mengakses data atau catatan penting di dalam ponsel?

Baca juga: Cara melihat ip address pada komputer

Bagi anda semua yang menginginkan baterai Hp segera terisi penuh dalam waktu yang singkat, maka ada beberapa tips yang bisa anda ikuti. Bahkan anda tidak perlu mematikan Hp anda ketika melakukan pengisian baterai.

Daripada anda penasaran, simak informasi selengkapnya di bawah ini mengenai cara supaya pengisian baterai bisa cepat penuh.

Tips Agar Baterai HP Cepat Penuh

1. Menjaga Ponsel Agar Tetap Dingin

Ponsel yang panas atau overheating tentu akan sangat menguras daya baterai. Oleh sebab itu. sebaiknya hindari hal-hal yang dapat membuat ponsel menjadi cepat panas. Menjaga supaya suhu ponsel tetap dingin menjadi salah satu tips agar baterai cepat penuh saat diisi.

Hal yang membuat menjadi cepat panas seperti mengisi daya baterai sambil mengoperasikan berbagai aplikasi yang berat misalnya bermain game atau mengisi daya baterai di bawah sinar matahari langsung.

2. Menggunakan Pengisi Daya dan Steker yang Tepat

Sebaiknya charge baterai telepon anda pada steker listrik, bukan dari laptop atau PC. Sebab untuk mengisi daya ponsel dengan cepat, anda harus menggunakan USB 3 yang bisa menghasilkan 4,4 watt.

Sementara port USB 2.0 hanya bisa mengeluarkan listrik 2,5 watt saja. Maka dari itu, penggunaan pengisi daya serta steker yang tepat harus diperhatikan bila anda ingin pengisian baterai cepat penuh.

3. Menggunakan Mode Hemat Baterai

Berbagai macam smartphone mulai dari OS Lollipop hingga Android tentunya mempunyai mode penghemat baterai. Ternyata cara untuk mengaktifkan mode ini cukup mudah.

Anda hanya tinggal pergi ke menu Pengaturan, lalu pilih Baterai dan pilih Penghemat Baterai. Menggunakan mode hemat baterai menjadi salah satu tips agar baterai cepat penuh saat diisi tanpa perlu mematikan ponsel anda.

4. Mengaktifkan Airplane Mode

Saat anda mengaktifkan airplane mode atau mode pesawat, tentunya semua radio nirkabel bisa terblokir dari ponsel anda. Dengan demikian, ponsel tidak bekerja keras untuk menangkap atau mencari sinyal.

Oleh sebab itu, ponsel dapat lebih cepat terisi daya baterainya ketika airplane mode ini diaktifkan. Salah satu kekurangannya hanyalah anda tidak dapat menerima pemberitahuan atau notifikasi.

Baik berupa chat, panggilan telepon, atau SMS. Meskipun demikian, anda masih tetap bisa mengakses catatan atau data yang ada pada ponsel anda. Pengisian daya baterai lebih cepat dan ponsel anda tak perlu dimatikan.

5. Nonaktifkan Fitur yang Tidak Dipakai

Selanjutnya tips agar baterai cepat penuh yang bisa anda ikuti adalah dengan mematikan berbagai fitur yang tidak perlu. Fitur-fitur yang dimaksud biasanya adalah NFC, bluetooth, wi-fi atau GPS.

Secara sadar atau tidak, fitur-fitur tersebut sangat menyedot daya baterai. Oleh karena itu, bila anda ingin pengisian baterai bisa berlangsung dengan cepat, maka anda nonaktifkan saja fitur-fitur yang tidak perlu.

6. Jangan Memakai Powerbank

Tips selanjutnya agar baterai ponsel cepat penuh adalah jangan menggunakan powerbank. Sebab setiap powerbank dibuat dengan tegangan listrik yang beragam sesuai daya voltnya.

Hal ini beresiko bila anda menggunakan powerbank. Khususnya bila tegangan listrik bawaan dari powerbank tidak sama dengan tegangan standar yang ada di ponsel anda.

Selain dapat membuat proses pengisian baterai ponsel anda lebih lama, juga dapat membuat baterai menjadi rusak.

Bila anda terpaksa menggunakan powerbank untuk pengisian daya, sebaiknya pilihl powerbank yang berkualitas. Namun, pastikan bahwa tegangan listriknya sama seperti standar tegangan listrik yang ada pada ponsel anda.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (13)