3 Cara Melihat IP Address Pada Komputer

Tahukah sobat bahwa ketika PC terhubung dengan jaringan, maka kita akan mendapatkan sebuah alamat jaringan atau biasa di sebut dengan IP. IP merupakan singkatan dari Internet Protocol dan nomor yang membedakan router kita dengan para pemilik router di internet. Ketika kita menghubungkan PC dengan jaringan maupun internet, maka PC akan memiliki IP internal yang menandai lokasi di jaringan lokal dan IP eksternal yang merupakan alamat IP dari koneksi internet yang kita gunakan.

Namun tidak semua orang mengerti bagaimana melihat IP Address ini, Nah Berikut adalah beberapa metode yang bisa Sobat gunakan untuk dapat melihat IP Address internal maupun eksternal.

Baca juga: 3 Cara mudah screenshot di Laptop

1. Cara Melihat IP Public dengan Mesin Pencarian

CARA MELIHAT IP ADDRESS Pada KOMPUTER
cara melihat ip di google search engine

Tahukah sobat bahwa Google bukan hanya bisa digunakan untuk mencari informasi saja, Google juga bisa digunakan untuk pencarian IP Public. Berikut adalah cara melihat IP Public melalui mesin pencarian.

a. Buka Google

Google bisa membantu sobat ketika ingin mengetahui IP eksternal dan Public secara cepat. kemudian Google akan menampilkan IP address dari router yang digunakan.

b. Ketikan “WHAT IS MY IP” pada kolom pencarian

Setelah membuka Google langkah selanjutnya yang dapat sobat lakukan adalah dengan mengetikan “what Is my IP pada kolom pencarian google lalu tekan tombol enter.

c. Temukan IP address

Ketika sobat sudah membuka akun google dan menuliskan “What Is My IP” dan ketika sobat klik atau tekan tombol enter maka IP Sobat akan keluar di laman google pencarian

2. Cara Menemukan IP Privat dengan Command Promp

Untuk menukan IP Privat, sobat bisa mencarinya menggunakan Command Prompt. Dengan cara ini mungkin sedikit lebih rumit dibandingan cara melihat IP Public. Tapi jangan khawatir, Sobat bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

a.Buka Command Prompt

CARA MELIHAT IP ADDRESS Pada KOMPUTER
cara melihat ip di CMD

Langkah pertama yang bisa sobat lakukan ketika ingin melihat IP dengan Command Promp adalah sobat harus membuka Command Promp terlebih dahulu dengan cara Tekan simbol Windows+R yang ada pada keyboard, lalu ketikan cmd di kolom yang tersedia. Setelah itu Tekan enter maka lembar Command Prompt akan segera terbuka. Namun jika sobat menggunakan Windows 8 ke atas , sobat bisa membukanya dengan cara tekan simbol Windows+X di Keyboard dan Pilih Command Prompt pada menu yang tersedia.

b.Ketikan “ipconfig” pada laman Command Prompt

Setelah membuka Command Prompt maka langkah berikutnya yang bisa sobat lakukan adalah mengetikan “ipconfig” pada laman command Prompt lalu kemudian tekan enter. Setelah menekan tombol enter maka layar sobat akan menampilkan sejumlah daftar informasi koneksi jaringan. Semua koneksi jaringan pada PC sobat akan di tampilkan secara keseluruhan.

c.Temukan IP Address

Temukan IP Address pada laman Command Prompt yang sudah muncul berbagai informasi jaringan IP yang di cari akan muncul

3. Cara Menemukan IP Private dengan Network Connections

Selain menggunakan Command Prompt, sobat juga bisa melihat IP Address privat secara mudah melalui Network Connections pada PC. Berikut adalah cara menemukan Windows Privat IP dengan menggunakan Network Connections.

a.Buka menu Network Connections di PC

Langkah pertama yang bisa sobat lakukan adalah membuka laman Connections di PC dengan cara menekan simbol Windows+R yang ada pada keyboard, lalu ketikan cpl dan tekan enter untuk membuka window.

b.Klik kanan di koneksi aktif pada PC

Langkah yang kedua yaitu Klik kanan di koneksi aktif pada PC lalu pilih menu Status untuk membuka status koneksi PC. Apabila sobat menggunakan Wondows XP maka sobat bisa klik tombol Support.

c.Buka Network Connection Details

Langkah yang terakhir adalah sobat membuka Network Connection Details kemudian klik tombol Details maka network connections Detail akan menampilkan IP Address.

Sekian Tutorial dari saya, semoga sedikit tutorialnya dapat membantu sobat dalam mencari IP Address pada Komputer.

Fanny Fatma Wati

"Tidak pernah ada kata terlambat atau terlalu cepat, Semuanya terjadi pada waktu yang telah ditetapkan" Keep semangat

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *