K-Pop Saga: BTS Vs Blackpink

Hallo sobat bintang! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya masih dalam keadaan sehat ya. Mungkin banyak sobat bintang yang menjadikan musik sebagai “Mood Booster” untuk mengawali aktifitas hariannya. Seperti mendengarkannya di layanan streaming digital atau ada juga yang masih setia mendengarkan musik lewat stasiun radio kesayangan. Pasti semangat dong bisa Sing-along playlist lagu favoritnya.

Industri musik Korea atau dikenal juga dengan Korean Wave saat ini memang sedang mengguncang dunia musik internasional, tidak terkecuali Indonesia. Berbagai macam layanan streaming musik digital, dalam playlist top hitsnya pasti terdapat lagu dari korea yang lebih kita kenal dengan istilah K-Pop. Begitu pula pada kanal berbagi video, K-Pop grup ini tidak pernah absen dari kolom trending Youtube. Dahsyat kan?

Pada beberapa tahun belakangan ini, jika mendengar kata K-Pop publik akan langsung mengidentikkan dengan dua idol grup ini, Blackpink dan BTS. Termasuk bagi saya sendiri yang masih awam dalam musik asal korea selatan ini. Jadi, disclaimer dulu nih buat para fans fanatik mereka, Blink & Army. Mohon maaf jika ada kesalahan yah, hehe.

  • MTV VMA 2020

Sampai dengan bulan September ini, Blackpink dan BTS tidak henti-hentinya melakukan kejar-kejaran raihan prestasi di dunia musik internasional. Pekan lalu dalam ajang MTV Video Music Awards 2020, BTS mendapat 4 penghargaan sekaligus menyapu bersih semua kategori yang dinominasikan. Hanya terpaut satu penghargaan dari Lady Gaga yang meraih 5 penghargaan.

Pada ajang penghargaan itu, BTS mencetak sejarah baru dalam kategori Best Pop melalui video musik “On” yang biasanya selalu didominasi oleh musisi AS. Disusul oleh Blackpink yang menjadi grup K-Pop wanita pertama yang memenangkan penghargaan Song of Summer MTV Video Music Awards melalui video musik “How You Like That”. Kedua idol grup ini berhasil menuliskan sejarah di ajang MTV VMA 2020.

Pada bulan Juni lalu, Blackpink dan BTS juga menorehkan sejumlah rekor baru. BTS dengan merilis lagu “Stay Gold” langsung menjadi trending. Berdasarkan tangga musik Oricon Chart milik Jepang, BTS menduduki peringkat keseluruhan penjualan album untuk awal tahun 2020 setelah penjualan album Map of the Soul: 7 terjual hingga 429.000 kopi. Sementara Blackpink dengan lagu “How You Like That” mencatatkan rekor menjadi video YouTube yang paling banyak dilihat dalam 24 jam pertama, dengan jumlah 86,3 juta viewers. Blackpink menjadi video musik grup korea tercepat yang mampu melampaui One Direction.

  • iHeartRadio Music Awards 2020

Pada ajang penghargaan ini, BTS dan Blackpink juga menyabet penghargaan terbaru mereka. BTS mendapatkan Best Music Video untuk single mereka “Boy With Luv” yang berkolaborasi dengan Halsey. BTS juga mendapatkan penghargaan Best Fan untuk Army yang merupakan kali ketiga secara berturut-turut dalam ajang ini. Sementara Blackpink mendapatkan penghargaan kategori Favorite Music Video Choreography melalui single mereka “Kill This Love” yang dirilis pada tahun 2019 lalu.

  • Billboard HOT 100

Pada chart Billboard HOT 100, BTS berhasil menduduki peringkat pertama selama dua pekan berturut-turut dengan lagu terbaru mereka “Dynamite”. Lagu ini berhasil menjadi lagu terpopuler dan terlaris di Amerika Serikat sekaligus berhasil unggul dari hits ternama penyanyi lainnya.

Blackpink juga siap menyusul BTS dengan lagu terbaru mereka bersama Selena Gomez “Ice Cream”. Pada minggu pertamanya langsung menempati posisi ke 13 yang merupakan rekor dibandingkan dengan lagu mereka sebelumnya. Video Musik lagu ini juga langsung menjadi trending di YouTube yang telah ditonton lebih dari 214 juta pasang mata.

Itulah sederet prestasi dari dua idol grup asal korea selatan tersebut pada tahun 2020 ini. Bagi kalian para Army dan Blink mungkin lebih tahu banyak mengenai idola kalian masing-masing ya. Industri musik korea memang tidak hanya mengedepankan kualitas audio mereka, tetapi segi visual juga sangat mereka perhatikan kualitasnya. Sebagai orang yang awam pada K-Pop, bagi saya sulit sekali membedakan setiap personel mereka, soalnya cantik-cantik dan tampan-tampan semuanya. Saya seperti melihat antara kunyit, jahe, lengkuas dan kencur. Mirip. No Offense yah buat para penggemarnya, hehe.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (3)