10 Manfaat Rajin Membaca, Kalian Harus Tahu!

  • Bagikan
10 Manfaat Rajin Membaca, Kalian Harus Tahu!
Ilustrasi (Sumber: beritagar.id)

Hai sobat bintang! Ada informasi menarik nih khusus buat kalian, ada 10 manfaat rajin membaca yang harus kalian ketahui. Simak baik-baik ya sobat bintang!

10 Manfaat Rajin Membaca

1. Memperkuat Otak

Manfaat rajin membaca yang pertama yaitu dapat memperkuat otak kalian. Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa rajin membaca dapat memperkuat otak seseorang. Hal ini sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian yang sudah diakui oleh para ahli. Para ahli peneliti menyimpulkan bahwa kegiatan membaca melibatkan jaringan sirkuit dan sinyal kompleks yang terdapat dalam otak kalian. Hal ini akan menjadikan jaringan-jaringan itu akan menjadi lebih kuat dengan sendirinya.

2. Stimulasi Mental

Selanjutnya manfaat rajin membaca lainnya yaitu dapat menstimulasi mental kalian. Beberapa studi menunjukan bahwa dengan membaca setiap hari dapat terhindar dari penyakit Alzheimer dan Demensia. Panyakit ini dapat menghancurkan memori dan fungsi mental lainnya. Oleh karena itu, dengan membaca otak kalian akan terjaga tetap aktif dan membuat ingatan kalian tidak mudah hilang.

3. Mengurangi Stres

Berikutnya manfaat dengan rajin membaca yakni dapat mengurangi stres. Para ilmuan telah menilai berbagai aktifitas yang dapat menurunkan tingkat stress salah satunya yaitu dengan rajin membaca. Membaca dalam waktu 6 menit saja dapat menurunkan tingkat stress seseorang hingga 68 persen. Besar sekali ya sobat bintang! Bahkan, efek ini jauh lebih besar dari pada berjalan kaki, minum kopi dan mendengarkan musik yakni sekitar 40-61 persen.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Nah sobat bintang, dengan rajin membaca juga ternyata bisa meningkatkan kualitas tudur lho. Hal ini terbukti karena sejumlah dokter menyarankan untuk menjadikan membaca menjadi rutinitas sebelum tidur secara teratur. Cara ini dapat membuat tidur kalian menjadi lebih baik. Dan disarankan, untuk mendapatkan hasil terbaik pilihlah bacaan buku fisik di banding buku digital.

5. Menambah Usia

Nih Sobat bintang, apa masih malas untuk membaca setelah membaca manfaat yang satu ini? Manfaat rajin membaca yang satu ini yaitu dapat menambah usai kalian. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah tim yang pernah melakukan penelitian terhadap orang dewasa di atas usia 50 tahun. Mereka menemukan bahwa orang yang membaca, khususnya membaca buku selama 30 menit dalam sehari, dapat hidup hampir 2 tahun lebih lama.

Baca Juga – 10 Kampus Terkenal dengan Sistem E-Learning

6. Menambah Pengetahuan

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, manfaat rajin membaca juga dapat menambah pengetahuan kalian. Karena segala sesuatu yang kalian baca akan memenuhi kepala kalian dengan pengetahuan yang terkandung dalam bacaan tersebut. Semakin banyak pengetahuan yang kalian dapat, semakin baik kalian untuk dapat menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

7. Menambah Kosakata

Nah kalau yang ini kalian pasti tahu kan? Dengan banyak kalian membaca, maka akan semakin banyak juga kosakata baru yang kalian temui. Hal itu pasti akan masuk ke dalam kosakata yang akan kalian pakai untuk sehari-hari. Dengan bertambahnya kosakata yang kalian miliki, kalian bisa berbicara dengan baik dan berpengetahuan lebih luas tentang berbagai topik.

8. Terampil Menulis

Setelah Kosakata kalian bertambah manfaat rajin membaca lainnya yaitu dapat menjadikan kalian terampil dalam menulis. Hal ini terbukti dengan membaca karya yang diterbitkan dan ditulis dengan baik, memiliki dampak yang nyata pada tulisan orang lain. Oleh karena itu, mengamati irama, aliran dan gaya penulisan orang lain akan mempengaruhi tulisan kalian sendiri.

9. Meningkatkan Kreativitas dan Fleksibititas

Manfaat yang lainnya yaitu dapat meningkatkan kreativitas dan fleksibilitas kalian. Dalam hal ini membaca, terutama memabaca fiksi dapat menambah kreativitas dan fleksibilitas. Telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang hasilnya meperlihatkan bahwa yang lebih fleksibel dan kreatif yaitu pembaca fiksi dibanding pembaca esai. Jadi, jika kalian ingin meningkatkan kreatifitas dan fleksibilitas, cobalah untuk membaca cerita fiksi dengan rutin. Tetapi, ini tidak menutup kemungkinan untuk membaca esai juga ya sobat bintang.

10. Ketenangan

Manfaat rajin membaca yang terakhir yaitu dapat memberikan ketenangan bagi kalian. Dalam hal ini, membaca teks yang berbau spiritual dapat menurunkan tekanan darah kalian dan menumbulkan rasa tenang dan damai. Disamping itu telah terbukti dengan membaca buku self-help dapat membantu orang-orang yang memiliki penyakit mental ringan menjadi lebih tenang.

Baca Juga – 10 Kampus Terbaik yang Menyediakan Kuliah Online

Nah sobat bintang! Gimana, masih malas kah untuk membaca? Mimin harap setelah membaca tulisan ini kalian lebih rajin membaca ya. Aamiin… Semoga bermanfaat! Keep Fighting 🙂

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *