Tingkatkan Kualitas Olahragamu dengan Aplikasi ini

Hallo Sobat Bintang! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu dengan terus berolahraga ya. Saat ini kita wajib menjaga daya tahan tubuh dengan rutin melakukan aktifitas fisik, karena saat ini kita masih berada di tengah situasi pandemi yang belum juga berakhir.

Bagi yang sudah sejak lama konsisten berolahraga outdoor terutama olahraga lari dan sepeda, tentunya sudah mengenal banyak aplikasi penunjang kegiatan tersebut. Sebut saja Endomondo, Run Tracker, Strava, Relive dan aplikasi sejenis lainnya. Aplikasi tersebut sudah tersedia untuk pengguna Smartphone Android dan Iphone.

Baca juga: Tren gowes kembali naik daun

Tingkatkan Kualitas Olahragamu dengan Aplikasi ini
Aplikasi Strava

Kali ini kita akan membahas salah satu aplikasi tersebut yakni Strava. Aplikasi ini sangat berguna bagi sobat yang ingin mengukur kemampuan berolahraganya secara akurat. Pada aplikasi ini kita dapat memilih beragam jenis olahraga yang akan kita jalankan, seperti berlari, sepeda, jalan kaki, hiking outdoor, kayak, panjat tebing, dan banyak olahraga outdoor lainnya.

Aplikasi ini dapat langsung sobat unduh di playstore ataupun Appstore. Setelah itu silakan untuk melakukan registrasi sampai dengan selesai. Isi semua formulir secara lengkap, karena Strava ini seperti halnya sebuah platform media sosial. Kita dapat saling berinteraksi dengan sesama pengguna Strava yang lain. Seperti menyukai dan mengomentari aktifitas teman kita yang lain.

Setelah proses registrasi selesai, kita bisa langsung merekam aktifitas olahraga yang kita inginkan. Tapi sebelum itu, pastikan pengaturan GPS di smartphone sobat sudah pada pengaturan High Accuracy, serta berikan izin pada aplikasi Strava untuk berjalan pada background sistem.

Tingkatkan Kualitas Olahragamu dengan Aplikasi ini
Tampilan aplikasi strava

Untuk mulai merekam aktifitas olahraga, sobat bisa langsung memilih menu Record. Tidak perlu terburu-buru menekan tombol start, silakan pilih terlebih dahulu jenis olahraga yang akan kita rekam. Bermodalkan sepeda pinjaman, sebagai contoh saya pilih Ride/Sepeda. Hehe.

Selama dalam perjalanan kita dapat beristirahat sejenak jika merasa lelah. Jangan khawatir, aplikasi ini dapat pause secara otomatis jika tidak ada pergerakan. Jadi sobat bisa rehat untuk minum dulu sambil berfoto ria.

Setelah tiba ke titik tujuan atau kembali ke titik keberangkatan, kita bisa langsung menekan tombol Finish. Kemudian kita bisa menuliskan judul kegiatan serta menambahkan foto selama perjalanan. Saat semuanya telah tersimpan, kita dapat melihat detail rekaman aktifitas olahraga yang telah kita lakukan.

  • Melihat Analisis Rekaman Olahraga

Tingkatkan Kualitas Olahragamu dengan Aplikasi ini
Melihat rekaman olahraga

Inilah yang menjadikan aplikasi ini sangat bermanfaat. Kita dapat melihat data dan fakta yang terjadi saat kita berolahraga, bukan hanya berdasarkan perkiraan saja. Disini terlihat jalur lintasan yang telah kita lewati, seberapa jauh jarak yang telah ditempuh, berapa banyak waktu yang dibutuhkan, kecepatan rata-rata sampai kecepatan maksimal yang kita peroleh.

olahraga
Analysis olahraga

Analisis lebih lanjut, kita dapat melihat sudut elevasi selama perjalanan, jalanan menanjak dan turunan dapat terlihat jelas pada aplikasi ini. Detail grafik dari kecepatan selama perjalanan juga dapat kita lihat. Bahkan jika kita berlangganan untuk versi berbayar, kita dapat juga melihat rekaman detak jantung/Heart Rate Zones sampai berada pada level maksimal. Keren kan?

Naah, ini yang paling penting bagi kaum milenial, hasil rekaman olahraga tersebut dapat langsung sobat bagikan ke berbagai media sosial pribadi. Untuk sobat bucin dapat langsung share ke pacarnya sebagai bahan laporan, atau untuk para jomblo bisa dijadikan feed atau instastory terbaru. Hehe.

  • Meningkatkan kualitas olahraga

Aplikasi sejenis ini berpotensi untuk meningkatkan kualitas dari olahraga kita, tentunya diawali dengan niat yang kuat ya sobat. Dengan aplikasi ini kita dapat mengukur kemampuan serta meningkatkan pencapaian dalam olahraga. Pada tab explore, terdapat fitur lain seperti Challenges, Clubs dan Segment. Pada menu Challenges, kita dapat melihat berbagai jenis olahraga yang direkomendasikan. Bagi yang mencari komunitas olahraga, sobat bisa memanfaatkan menu Clubs. Disana terdapat banyak beragam komunitas dari berbagai jenis olahraga yang disarankan oleh aplikasi Strava. Banyak sekali manfaatnya kan?

Perkembangan dunia teknologi informasi memang telah merambah ke setiap sendi kehidupan kita, termasuk mendukung lifestyle/gaya hidup. Semuanya tergantung bagaimana caranya kita menyikapinya. Seperti halnya dalam berolahraga, aplikasi semacam ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas olahraga, jadi olahraganya kali ini tidak hanya untuk kebutuhan instastory saja ya sobat. Salam Olahraga!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *