5 Contoh Teks Pidato Lengkap dengan Penjelasannya!

  • Bagikan

Contoh Teks Pidato – Halo Sobat Bintang! Pasti kita sering mendengar orang yang sedang berpidato, khususnya di sekolah saat upacara bendera pada hari senin. Selain itu, pidato juga merupakan salah satu teori yang kalian pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Karenanya, kalian sebagai generasi muda harus menguasai teknik berpidato dengan baik dan benar.

Secara umum, pidato merupakan kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan suatu pendapat dengan berbagai tema khusus. Sebelum berpidato, biasanya seseorang harus memiliki persiapan yang sangat matang. Mulai dari naskah pidato sampai mental untuk menyampaikan pidato tersebut di depan banyak orang.

Isi dari naskah pidato dapat memengaruhi pemikiran orang lain terhadap kalian sebagai orang yang berpidato. Semakin bagus dan menarik pidato kalian, semakin banyak juga orang yang akan memandang kalian sebagai orang yang sangat berwibawa. Untuk itu kalian harus mempersiapkannya secara matang.

Sebelum itu, kalian harus tahu terlebih dahulu mengenai seputar pidato mulai dari pengertian hingga struktur dari pidato tersebut. Untuk mengetahuinya, yuk simak baik-baik contoh teks pidato lengkap dengan penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: 5 Contoh Teks Inspiratif

Contoh Teks Pidato
Ilustrasi Contoh Teks Pidato, (Sumber: titikdua.net)

Sebelum kita melihat contoh teks pidato di bawah, yuk kita pelajari dahulu apa teks pidato itu. Mulai dari pengertian, macam-macam, metode, tujuan serta struktur dari teks pidato itu sendiri. Berikut penjelasan seputar teks pidato:

Pengertian Teks Pidato

Dalam KBBI, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak, atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. Jadi, Teks Pidato merupakan sebuah teks yang berisi mengenai gagasan, pendapatan, dan pengetahuan terhadap suatu hal tertentu yang nantinya akan disampaikan di depan umum.

Macam-Macam Teks Pidato

Dilansir dari KBBI, ada 4 macam pidato yang harus kalian ketahui. Berikut keempat macamnya:

  1. Pidato Kenegaraan: Pidato kepala negara di depan DPR/MPR atau pidato resmi kepala negara.
  2. Pidato Pengukuhan: Pidato yang diucapkan secara tradisional oleh seorang guru besar universitas pada saat diangkat secara resmi.
  3. Pidato Radio: Pidato yang diucapkan atau disiarkan melalui radio.
  4. Pidato Televisi: Pidato yang diucapkan atau ditayangkan melalui televisi.

Metode Pidato

Saat berpidato, ada beberapa metode yang dapat kalian gunakan yakni:

  1. Impromptu: Metode ini merupakan suatu metode pidato yang dapat kalian lakukan secara langsung dengan spontanitas tanpa adanya persiapan terlebih dahulu.
  2. Memoriter: Metode ini merupakan suatu metode pidato yang dapat kalian lakukan dengan cara menghapalkan naskah teks pidato terlebih dahulu
  3. Naskah: Metode ini merupakan metode pidato yang paling mudah kalian lakukan yakni dengan cara membacakan teks yang telah kalian siapkan sebelumnya.
  4. Ekstemporar: Metode ini merupakan metode yang dapat kalian lakukan dengan menyiapkan konsep pidato secara garis besar dengan catatan kecil terlebih dahulu.

Tujuan Teks Pidato

Adapun tujuan dari teks pidato, yakni:

  1. Informatif: Contoh teks pidato untuk memberikan pemahaman atau informasi terhadap orang lain.
  2. Argumentatif: Contoh teks pidato untuk meyakinkan pendengar.
  3. Rekreatif: Contoh teks pidato untuk membuat orang lain senang dengan teks pidato yang kalian sampaikan karena bersifat menghibur.
  4. Persuasif: Contoh teks pidato untuk memberikan pengaruh pada orang lain agar bersedia untuk mengikuti kemauan yang kalian inginkan sebagai orator atau orang yang berpidato.

Baca juga: 5 Contoh Teks Deskripsi

Struktur Teks Pidato

Selain itu, ada juga struktur dalam teks pidato yang harus kalian perhatikan, yakni:

  1. Pembukaan
    Dalam contoh teks pidato bagian pembukaan pidato terdiri 4 bagian, yakni:
    – Salam Pembuka.
    – Ucapan Penghormatan, biasanya terdiri dari penyebutan orang-orang yang memiliki jabatan tertinggi sampai terendah.
    – Ucapan Syukur, biasanya berisi ucapan rasa syukur orator kepada tuhan yang maha esa.
    – Pengantar ke topik utama.
  2. Isi pidato
    Dalam contoh teks pidato bagian isi pidato biasanya harus berisi informasi-informasi yang akan kalian sampaikan. Selain itu, isi pidato juga harus disertai dengan alasan yang meyakinkan untuk mendukung pandangan kalian. Kemudian, harus kalian susun secara logis dengan menggunakan sumber terpercaya yang, contoh yang logis, serta terkenal di kalangan orang banyak.
  3. Penutup Pidato
    Setelah itu dalam contoh teks pidato ada bagian penutup, pada bagian ini biasanya berisi kesimpulan dari hal yang telah kalian sampaikan. Kemudian, permintaan maaf jika terjadi kesalahan dalam penyampaian pidato serta salam penutup.

Contoh Teks Pidato

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *