5 Contoh Teks Inspiratif Lengkap Beserta Strukturnya

Contoh Teks Inspiratif – Halo Sobat Bintang!! Kembali lagi membahas tentang sebuah teks, kali ini ada teks inspiratif atau bisa juga kita sebut sebagai cerita inspirasi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Inspirasi memiliki arti sebagai ilham atau sesuatu yang dapat menggerakkan hati. Dalam beberapa literasi lainnya juga menjelaskan bahwa, inspirasi merupakan percikan ide-ide kreatif yang muncul akibat pengaruh lingkungan sekitar.

Jadi, singkatnya teks inspiratif adalah teks yang berisi cerita fiksi maupun pengalaman seseorang yang mampu menggugah inspirasi dan semangat pembacanya. Ingin tahu lebih lengkapnya tentang teks inspiratif? Yuk, simak baik-baik 5 contoh teks inspiratif lengkap beserta strukturnya di bawah ini!!

Baca juga: 5 Contoh Teks Eksplanasi, Lengkap Dengan Penjelasannya!

Contoh Teks Inspiratif
Ilustrasi, (Sumber: id.berita.yahoo.com)

 

Berikut 5 Contoh Teks Inspiratif Lengkap Beserta Strukturnya

Sebelum kita melihat contoh teks inspiratif di bawah, alangkah baiknya kita mempelajari terlebih dahulu seperti apa teks Inspiratif itu. Mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, sampai langkah-langkah untuk menulis teks inspiratif. Berikut penjelasan seputar teks inspiratif:

Pengertian Teks Inspiratif

Teks inspiratif atau cerita inspirasi merupakan teks yang berisikan rangkaian cerita seseorang yang berbentuk narasi. Selain itu, teks tersebut memiliki pesan dan kesan yang mendalam yang dapat menyentuh hati para pembacanya. Di samping itu, isinya pun bisa berbentuk karangan bebas tapi biasanya itupun berdasarkan pengelaman pribadi seseorang yang diceritakan kembali.

Tujuan dari teks inspiratif ini yakni untuk memberikan inspirasi atau motivasi kepada pembaca. Lebih tepatnya, cerita inspiratif ini dapat memotivasi pembaca agar lebih semangat untuk menjalani hidup. Intinya, salah satu teks ini akan memunculkan kebaikan atau nilai positif bagi pembaca. Teks ini sangat cocok dibaca oleh kalian yang mungkin sedang merasa kehilangan motivasi hidup.

Ciri-ciri Teks Inspiratif

Adapun ciri-ciri dari teks inspiratif yang bisa mempermudah kita untuk mengenali jenis dari teks ini. Berikut ciri-ciri dari teks eksplanasi:

1. Contoh teks inspiratif memiliki struktur teks yang terdiri dari orientasi, komplikasi peristiwa, komplikasi, resolusi, dan kode.
2. Contoh teks inspiratif biasanya memiliki tema yang spesifik dan dapat dikembangkan menjadi cerita yang menarik.
3. Contoh teks inspiratif biasanya memiliki alur cerita yang teratur sehingga pembaca dapat memahami cerita yang disajikan dan pesan yang terkandung di dalamnya.
4. Contoh teks inspiratif juga memiliki pesan atau kesan yang ingin disampaikan kepada pembaca.
5. Contoh teks inspiratif pun adalah teks yang bersifat narasi. Karena penulis menceritakan tentang seseorang atau sesuatu yang dapat menginspirasi siapa saja untuk membaca ceritanya.
6. Contoh teks inspiratif juga umumnya menceritakan kisah kehidupan karakter yang bisa menjadi panutan bagi pembacanya. Karakter dalam teks tersebut dapat berupa karakter dalam kehidupan nyata atau fiksi.

Struktur Teks Inspiratif

Teks inspiratif terdiri dari 5 unsur sebagai struktur dalam penyusunannya. Berikut struktur-struktur dari teks inspiratif:

1. Orientasi, bagian ini merupakan tahap pengenalan dan biasanya berisi pengenalan tokoh, latar, dan latar belakang cerita.
2. rangkaian atau kerumitan peristiwa, bagian ini merupakan paragraf yang berisi awal terjadinya sebuah peristiwa sampai pada puncak masalah.
3. komplikasi, bagian ini merupakan tahap puncak dari peristiwa-peristiwa yang dikembangkan dari tahap kerumitan peristiwa hingga menemukan jalan keluarnya.
4. resolusi, bagian ini merupakan tahap dari penyelesaian masalah. Peristiwa atau masalah yang dikembangkan dari bagian kerumitan peristiwa dan komplikasi terpecahkan pada bagian ini.
5. Koda, bagian ini merupakan bagian penutup dari sebuah cerita inspiratif dan jenis teks narasi lainnya. Dalam bagian ini terdapat kesimpulan dan pesan moral yang dapat diambil dari cerita tersebut.

Selain itu, adapun langkah-langkah untuk menyusun teks inspiratif diantaranya:

1. Menentukan tema dan amanat/pesan yang akan kalian sampaikan.
2. Menetapkan sasaran pembaca.
3. Merancang peristiwa-peristiwa utama yang akan kalian tampilkan dalam bentuk skema alur
4. Membagi peristiwa utama itu ke dalam bagian awal, perkembangan, dan akhir cerita sesuai dengan struktur teks inspiratif.
5. Merinci peristiwa-peristiwa utama ke dalam detail-detail peristiwa sebagai pendukung.
6. Menyusun tokoh serta wataknya, latar, dan sudut pandangan.
7. Mengerti aturan tanda baca dalam kalimat-kalimat tertentu.

Baca juga: 5 Contoh Teks Deskripsi, Simak Selengkapnya Disini!

Contoh Teks Inspiratif

Dikutip dari penulisgarut.web.id, berikut beberapa contoh teks inspiratif beserta strukturnya:

1. Contoh teks inspiratif sahabat

Sahabat

A. Orientasi

Diceritakan ada dua orang yang sudah bersahabat cukup lama, yaitu Andi dan Azka. Andi adalah tipe orang yang pendiam dan selalu memahami karakter Azka. Sedangkan Azka adalah tipe orang yang suka blak-blakan sehingga sering menyakiti orang.

B. Kerumitan Peristiwa

Meski persahabatan mereka sudah dibangun sejak SD, Andi kadang-kadang sakit hati sama karakter Azka. Andi sering bergumam, mengapa sifat sahabatnya itu tidak berubah dari dulu ya?

C. Komplikasi

Pernah di suatu hari, Andi menasihati Azka. Dia mengatakan, “Azka, sifat kamu ubah dong! Kalau kamu gitu terus, orang-orang yang berada di sekitarmu bisa menjauh. Termasuk aku”.

Azka membalas, “Kamu kan sahabat saya. Tahu saya dari dulu kayak gimana. Kamu kan orang yang selalu memahami karakter saya. Tapi kalau kamu sudah tidak tahan dengan karakter saya, ya sudah ayo kalau persahabatan kita mau sampai di sini mah”

D. Resolusi

Sebagai sahabat terdekat Azka, niat Andi sebenarnya baik. Ia menasihati Azka agar bisa berubah karena kepalang kesel sama karakternya yang blak-blakan itu. Akan tetapi di lain sisi, oleh karena ingat sama kebaikan-kebaikan yang sudah Azka berikan kepadanya dari kecil sehingga ia menerimanya.

Di hari-hari berikutnya pun, bahkan sampai mereka lulus kuliah, Andi tidak lagi menyuruh Azka untuk berubah. Andi yakin, tanpa disuruh pun, Azka pasti sadar kalau perilaku menyakiti orang lain itu tidak baik.

E. Koda

Dalam persahabatan, sesekali kita perlu menyadarkan sahabat kita. Ini demi kebaikan sahabat kita sendiri. Tapi ketika dengan mudah ingin menyudahi persahabatan dengan teman kita dari kecil, alangkah baiknya pikirkan kembali. Sebab, boleh jadi sahabat kita sudah memberikan kebaikan-kebaikan yang tak terhitung.

Dalam persahabatan, kalau sahabat kita sudah menolak untuk dinasehati (terutama soal perubahan sikap) maka yakin saja kelak ia bisa berubah. Tanpa kita suruh.

2. Contoh teks inspiratif pahlawan

Pahlawan Pandemi Covid-19

A. Orientasi

Sejak Covid-19 melanda Indonesia, perawat muda bernama Mbak Aminah sudah ditugaskan di Rumah Sakit Gunawan Sukaharjo. Sosoknya yang masih muda itu totalitas sekali dalam melayani pasien. Orang tua Mbak Aminah mengapresiasi kinerjanya.

B. Kerumitan Peristiwa

Meski Mbak Aminah sudah totalitas dalam bekerja, tetap saja di lingkungan pekerjaannya sering diremehkan karena usianya masih dianggap muda. Istilahnya, dianggap belum memiliki pengalaman. Tentu ini membuat Mbak Aminah sakit hati. Namun, ia menguatkan tekadnya untuk terus bekerja guna menyembuhkan pasien-pasiennya.

C. Komplikasi

Nasib Mbak Aminah ditakdirkan untuk tidak senyaman tinggal di rumah orang tuanya. Sebab, selain di rumah sakit diremehkan oleh orang-orang yang berada di tempat kerjanya, di lingkungan sekitar kontrakannya pun orang-orang sering menjauh melihatnya. Orang-orang ini takut Mbak Aminah membawa virus dan menular kepadanya. Bahkan, Mbak Aminah pernah dengar kalau corona adalah konspirasi. Menyakitkan!

D. Resolusi

Akan tetapi dari semua problem yang dihadapi oleh Mbak Aminah, ia tetap untuk fokus bekerja. Bekerja membantu orang-orang yang saat ini sedang membutuhkan jasanya. Beberapa pasien yang sudah dinyatakan sembuh memuji Mbak Aminah dan teman-temannya. Katanya, pahlawan itu ternyata kalian. Kalian yang sudah melayani kami dengan baik dan totalitas!

Mbak Aminah berharap, mudah-mudahan dunia kembali seperti semula. Lebih dari itu, ia berharap agar orang-orang mematuhi protokol kesehatan. Peduli akan kesehatan.

E. Koda

Kerja totalitas yang diaplikasikan Mbak Aminah memunculkan keikhlasan. Diuji oleh berbagai ujian, ia tetap kuat. Dia lah salah satu pahlawan yang patut kita apresiasi.

3. Contoh teks inspiratif Tokoh

Michael Jordan

A. Orientasi

Sejak kecil Jordan memiliki ketertarikan dalam bidang olah raga. Salah satu cabang olah raga kesukaannya adalah bola basket.

B. Kerumitan Peristiwa

Saat baru duduk di bangku SMA, Jordan pernah ditolak saat ingin mengikuti seleksi masuk tim basket sekolahnya. Alasan utama pada saat itu adalah karena badannya yang terlalu pendek. Selain itu, ia juga dinilai kurang mahir dalam permainan tersebut.

C. Komplikasi

Jordan sangat sedih mendengar hal itu, tapi ia tak menyerah. Ia tetap berlatih dengan giat setiap hari di rumah. Tidak hanya tekniknya, ia juga melatih fisiknya dengan sangat keras dan disiplin. Dua tahun berikutnya, ia kembali mengikuti seleksi tim sekolahnya dan diterima.

D. Resolusi

Pada kompetisi SMA tahun 1981 Jordan membuktikan kerja kerasnya. Pada game pertamanya, ia berhasil mencetak 40 angka. Ia juga memiliki statistik yang mengesankan, rata-rata 25 angka per game, dan memenangkan kompetisi SMA di tahun yang sama.

E. Koda

Ia pensiun tahun 2003 dan tercatat sebagai pemain yang mencetak angka terbanyak kedua dalam satu musim. Kini Jordan menjadi pemilik klub NBA, pebisnis, dan salah satu legenda basket sepanjang masa.

4. Contoh teks inspiratif kehiupan

Kehidupan

A. Orientasi

Suatu hari ada seorang pria dan keledai yang jatuh ke dalam sebuah lubang yang dalam. Dia tidak bisa menarik keledai tersebut keluar, tidak peduli seberapa keras ia mencobanya. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk mengubur keledainya hidup-hidup.

B. Kerumitan Peristiwa

Tanah mulai ditimbun ke lubang tempat keledai berada dari atas. Keledai yang merasa tertimpa tanah, menggoyangkan tubuhnya untuk menjatuhkan tanah di atas tubuhnya, dan melangkah di atas tanah tersebut. Tanah berikutnya ditimbun kembali ke dalam lubang.

C. Komplikasi

Keledai itu mengibaskan kembali tubuhnya dan menaiki tanah tersebut. Semakin tanah ditimbun, semakin tinggi tanah tersebut naik.

D. Resolusi

Menjelang siang, keledai itu dapat keluar dari lubang, lalu merumput di padang rumput hijau.

E. Koda

Setelah banyak ‘mengibaskan’ masalah, Dan melangkah (belajar dari kisah di atas), Suatu saat setelah terlepas dari masalah, anda akan mampu merumput di padang rumput hijau. Anda akan mampu meraih apa yang anda impikan.

5. Contoh teks inspiratif cinta

Cinta

A. Orientasi

Perjuangan kita dalam hidup mengembangkan kekuatan kita. Tanpa perjuangan, kita tidak pernah tumbuh dan tidak pernah menjadi lebih kuat, jadi penting bagi kita untuk mengatasi tantangan kita sendiri, dan tidak bergantung pada bantuan dari orang lain.

Beberapa waktu lalu, seorang lelaki menghukum putrinya yang berusia 3 tahun karena menyia-nyiakan gulungan kertas pembungkus emas.

B. Kerumitan Peristiwa

Uang sangat ketat dan ia menjadi geram ketika anak itu mencoba mendekorasi sebuah kotak untuk diletakkan di bawah pohon. Namun demikian, gadis kecil itu membawa hadiah itu kepada ayahnya keesokan paginya dan berkata, “Ini untukmu, Ayah.”

C. Komplikasi

Pria itu menjadi malu dengan reaksi berlebihan sebelumnya, tetapi kemarahannya terus berlanjut ketika dia melihat bahwa kotak itu kosong. Dia berteriak padanya; “Apa kamu tidak tahu, ketika kamu memberi seseorang hadiah, seharusnya ada sesuatu di dalam?”.

Gadis kecil itu menatapnya dengan air mata berlinang dan menangis;
“Oh, Ayah, sama sekali tidak kosong. Saya meniup ciuman ke dalam kotak. Semuanya untuk Anda, Ayah”.

Sang ayah hancur. Dia memeluk gadis kecilnya, dan dia memohon maaf padanya. Hanya beberapa saat kemudian, sebuah kecelakaan merenggut nyawa anak itu.

D. Resolusi

Ayahnya menyimpan kotak emas di samping tempat tidurnya selama bertahun-tahun dan, setiap kali dia berkecil hati, dia akan mengeluarkan ciuman imajiner dan mengingat cinta anak yang telah meletakkannya di sana.

E. Koda

Cinta adalah hadiah paling berharga di dunia.

Baca juga: 10 Manfaat Rajin Membaca, Kalian Harus Tahu!

Nah, Itulah contoh teks Inspiratif beserta pengertian, ciri-ciri, dan strukturnya khusus kalian Sobat Bintang. Semoga bermanfaat!! Untuk materi dan informasi menarik yang tentunya bermanfaat lainnya kalian bisa terus mengunjungi website Bintang Sekolah Indonesia. Jangan lupa tetap jaga semangat ya Sobat Bintang!!

Dinar Ismunandar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - Al-Baqarah Ayat: 286, Haii, perkenalkan nama saya DInar Ismunandar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *