5 Contoh Teks Inspiratif Lengkap Beserta Strukturnya

  • Bagikan

Contoh Teks Inspiratif – Halo Sobat Bintang!! Kembali lagi membahas tentang sebuah teks, kali ini ada teks inspiratif atau bisa juga kita sebut sebagai cerita inspirasi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Inspirasi memiliki arti sebagai ilham atau sesuatu yang dapat menggerakkan hati. Dalam beberapa literasi lainnya juga menjelaskan bahwa, inspirasi merupakan percikan ide-ide kreatif yang muncul akibat pengaruh lingkungan sekitar.

Jadi, singkatnya teks inspiratif adalah teks yang berisi cerita fiksi maupun pengalaman seseorang yang mampu menggugah inspirasi dan semangat pembacanya. Ingin tahu lebih lengkapnya tentang teks inspiratif? Yuk, simak baik-baik 5 contoh teks inspiratif lengkap beserta strukturnya di bawah ini!!

Baca juga: Contoh Teks Ekplanasi

Sebelum kita melihat contoh teks inspiratif di bawah, alangkah baiknya kita mempelajari terlebih dahulu seperti apa teks Inspiratif itu. Mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, sampai langkah-langkah untuk menulis teks inspiratif. Berikut penjelasan seputar teks inspiratif:

Pengertian Teks Inspiratif

Teks inspiratif atau cerita inspirasi merupakan teks yang berisikan rangkaian cerita seseorang yang berbentuk narasi. Selain itu, teks tersebut memiliki pesan dan kesan yang mendalam yang dapat menyentuh hati para pembacanya. Di samping itu, isinya pun bisa berbentuk karangan bebas tapi biasanya itupun berdasarkan pengelaman pribadi seseorang yang diceritakan kembali.

Tujuan dari teks inspiratif ini yakni untuk memberikan inspirasi atau motivasi kepada pembaca. Lebih tepatnya, cerita inspiratif ini dapat memotivasi pembaca agar lebih semangat untuk menjalani hidup. Intinya, salah satu teks ini akan memunculkan kebaikan atau nilai positif bagi pembaca. Teks ini sangat cocok dibaca oleh kalian yang mungkin sedang merasa kehilangan motivasi hidup.

Contoh Teks Inspiratif
Ilustrasi, (Sumber: id.berita.yahoo.com)

Ciri-ciri Teks Inspiratif

Adapun ciri-ciri dari teks inspiratif yang bisa mempermudah kita untuk mengenali jenis dari teks ini. Berikut ciri-ciri dari teks eksplanasi:

1. Contoh teks inspiratif memiliki struktur teks yang terdiri dari orientasi, komplikasi peristiwa, komplikasi, resolusi, dan kode.
2. Contoh teks inspiratif biasanya memiliki tema yang spesifik dan dapat dikembangkan menjadi cerita yang menarik.
3. Contoh teks inspiratif biasanya memiliki alur cerita yang teratur sehingga pembaca dapat memahami cerita yang disajikan dan pesan yang terkandung di dalamnya.
4. Contoh teks inspiratif juga memiliki pesan atau kesan yang ingin disampaikan kepada pembaca.
5. Contoh teks inspiratif pun adalah teks yang bersifat narasi. Karena penulis menceritakan tentang seseorang atau sesuatu yang dapat menginspirasi siapa saja untuk membaca ceritanya.
6. Contoh teks inspiratif juga umumnya menceritakan kisah kehidupan karakter yang bisa menjadi panutan bagi pembacanya. Karakter dalam teks tersebut dapat berupa karakter dalam kehidupan nyata atau fiksi.

Struktur Teks Inspiratif

Teks inspiratif terdiri dari 5 unsur sebagai struktur dalam penyusunannya. Berikut struktur-struktur dari teks inspiratif:

1. Orientasi, bagian ini merupakan tahap pengenalan dan biasanya berisi pengenalan tokoh, latar, dan latar belakang cerita.
2. rangkaian atau kerumitan peristiwa, bagian ini merupakan paragraf yang berisi awal terjadinya sebuah peristiwa sampai pada puncak masalah.
3. komplikasi, bagian ini merupakan tahap puncak dari peristiwa-peristiwa yang dikembangkan dari tahap kerumitan peristiwa hingga menemukan jalan keluarnya.
4. resolusi, bagian ini merupakan tahap dari penyelesaian masalah. Peristiwa atau masalah yang dikembangkan dari bagian kerumitan peristiwa dan komplikasi terpecahkan pada bagian ini.
5. Koda, bagian ini merupakan bagian penutup dari sebuah cerita inspiratif dan jenis teks narasi lainnya. Dalam bagian ini terdapat kesimpulan dan pesan moral yang dapat diambil dari cerita tersebut.

Baca juga: Contoh Teks Deskripsi

Selain itu, adapun langkah-langkah untuk menyusun teks inspiratif diantaranya:

1. Menentukan tema dan amanat/pesan yang akan kalian sampaikan.
2. Menetapkan sasaran pembaca.
3. Merancang peristiwa-peristiwa utama yang akan kalian tampilkan dalam bentuk skema alur
4. Membagi peristiwa utama itu ke dalam bagian awal, perkembangan, dan akhir cerita sesuai dengan struktur teks inspiratif.
5. Merinci peristiwa-peristiwa utama ke dalam detail-detail peristiwa sebagai pendukung.
6. Menyusun tokoh serta wataknya, latar, dan sudut pandangan.
7. Mengerti aturan tanda baca dalam kalimat-kalimat tertentu.

Contoh Teks Inspiratif

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *