Informasi Beasiswa Kuliah Terbaru dari Berbagai Sumber Penyedia Dana

  • Bagikan

Beasiswa Kuliah Terbaru – Halo Sobat Bintang! Hampir semua lulusan SMA sederajat tentu menginginkan agar bisa melanjutkan Pendidikan ke jenjang lebih demi mencapai masa depan cerah. Sebagai bentuk dukungan atas tingginya minat belajar para siswa, kini ada begitu banyak beasiswa kuliah yang bisa Sobat Bintang dapatkan secara mudah.

Macam-macam beasiswa yang tersedia juga cukup beragam, seperti:

  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik
  • Beasiswa Bidikmisi
  • Beasiswa KIP Kuliah
  • Beasiswa Bantuan Biaya Mahasiswa, dan lain-lain.

Setiap jenis beasiswa tersebut pastinya menetapkan syarat tertentu yang harus dipenuhi dan berasal dari sumber pendana yang berbeda.

Nah, untuk lebih jelasnya, kenali terlebih dahulu sumber dana beasiswa kuliah berikut.

Baca Juga : Tips Masuk Perguruan Tinggi Favorit

Macam-Macam Sumber Dana Beasiswa Kuliah

Secara umum ada beberapa sumber dana atau pemberi beasiswa yang bisa digunakan oleh mahasiswa.

1. Beasiswa Pemerintah

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM yaitu dengan memberikan beasiswa kuliah bagi pelajar Indonesia. Selain bisa digunakan di Perguruan Tinggi dalam negeri, beasiswa Pemerintah juga dapat dimanfaatkan untuk jenjang Pendidikan di luar negeri.

LPDP dari Kemerintrian Keuangan merupakan salah satu jenis beasiswa Pemerintah yang paling populer. Syarat dan cara pendaftaran beasiswa LPDP juga cenderung mudah serta cepat.

2. Beasiswa Swasta

Pihak swasta seperti koporat juga kerap membuka program beasiswa bagi mahasiswa Indonesia. Nominal beasiswa yang masuk dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) pun tidak tanggung-tanggung.

Nah, salah satu beasiswa swasta yang paling terkenal di Indonesia adalah Djarum Plus, Sampoerna Foundation, dan beasiswa Peduli Anak Bangsa dari BCA Finance.

Hanya saja, untuk lolos pada program beasiswa korporat ini, mahasiwa harus mampu memenuhi standar nilai minimum yang ditetapkan.

3. Beasiswa Internasional

Sebagai bentuk kerjasama dalam sektor Pendidikan, pemerintah Indonesia dan negara sahabat sering kali mengadakan beasiswa terbuka. Umumnya beasiswa internasional ini dikelola oleh lembaga khusus.

Contoh beasiswa internasional adalah Beasiswa Fullbright dari Amerika Serikat. Pastinya jenis beasiswa ini bisa digunakan pada perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

4. Beasiswa Perguruan Tinggi

Selain berasal dari luar perguruan tinggi, pihak kampus juga sering membuka kuota beasiswa prestasi. Tentu untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, Sobat Bintang harus mampu memenuhi standar IPK dan syarat lain yang telah ditentukan.

Nominal dan masa pemberian beasiswa sendiri sangat bergantung dengan kebijakan perguruan tinggi terkait. Oleh sebab itu, tidak semua mahasiwa dari PT atau univ berbeda akan mendapatkan beasiswa dengan nominal sama.

5. Beasiswa Yayasan

Satu lagi sumber dana beasiswa yang bisa Sobat Bintang temukan, yaitu dari yayasan atau organisasi tertentu. Pemberian beasiswa kuliah ini biasanya sebagai bentuk penyelarasan visi dan misi yayasan tersebut.

Nama beasiswa populer dari kategori ini antara lain adalah beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie.

Baca Juga : 7 Sifat Generasi Milenial dan Jurusan Kuliah yang Sesuai

Mencari Info Beasiswa Kuliah Terbaru

Kabar baik bagi Sobat Bintang, karena informasi tentang beasiswa ini juga sudah tersebar di internet, sehingga sangat memungkinkan bagi siapa saja untuk mendaftar program beasiswa terkait.

Nah, untuk mendapatkan info beasiswa terbaru, Sobat Bintang bisa langsung mengeceknya di Universitas 123. Tentunya semua informasi tentang beasiswa kuliah bisa Sobat Bintang dapatkan secara lengkap melalui satu platform ini.

beasiswa kuliah universitas123

Di sini Sobat Bintang bisa mencari beasiswa berdasarkan sumber dana seperti yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, informasi beasiswa dari perguruan tinggi populer juga didapatkan secara mudah.

Nah, bagi Sobat Bintang yang bercita-cita untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, Universitas 123 juga menyediakan info beasiswa kuliah terbaru untuk luar negeri, mulai dari Jepang, Australia, Turki, Jerman, Rusia, Mesir dan masih banyak lainnya.

Semua informasi beasiswa tersampaikan secara detail, baik dari sumber penyedia dana, persentase potongan biaya yang akan Sobat Bintang dapatkan, masa berlaku beasiswa hingga syarat dan lokasi penggunaan beasiswa.

Untuk memudahkan pencarian beasiswa kuliah yang diincar, Sobat Bintang bisa memanfaatkan fitur Filter. Di sini Sobat Bintang bisa memilih info beasiswa kuliah terbaru, tujuan negara hingga tipe penyedianya.

Selamat mencoba, semoga berhasil!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *