Tips Masuk Perguruan Tinggi Favorit

Tips Masuk Perguruan Tinggi Favorit – Setiap pelajar yang telah lulus SMK/SMA ataupun MA pasti akan bingung saat akan memilih perguruan tinggi baik itu PTN/PTS. Terkadang kedua orang tua kita sudah menentukan pilihan perguruan tinggi yang menurut mereka bagus, tapi belum tentu perguruan tinggi yang di pilihkan itu sesaui dengan keinginan kita. Tak heran juga banyak universitas yang baik dari segi akreditasi maupun dari segi jurusan yang ada. Tentunya  hal tersebut akan membuat sobat bingung dalam menentukan Perguruan tinggi.

Beberapa siswa kadang juga dibuat galau dengan jurusan mana yang akan di pilih atau PTN/PTS mana yang diingkan. Belum lagi ketakutan akan gagal diterima di universitas yang diinginkan. Hal tersebut merupakan hal yang lumrah dan hampir dirasakan oleh semua murid lulusan SMA/SMK. Untuk itu ada beberpa tips masuk perguruan tinggi favorit  yang dapat dilakukan untuk memperbesar peluang agar diterima di perguruan tinggi favorit.

Baca Juga, Beasiswa Kuliah D3 dan S1 UBSI – Batch 3

Tips Masuk Perguruan Tinggi Favorit

Tentukan Pilihan

tips masuk perguruan tinggi yang pertama yang harus kalian lakukan setelah lulus SMA/SMK/MA adalah menentukan pilihan. Tentukan pilihan kampus yang kalian inginkan dan tentukan jurusan yang akan dipilih sesuai dengan minat dan keinginan serta melihat prospek kerja yang bagus. Hal tersebut merupakan faktor utama yang harus kalian persiapkan dan pikirkan matang-matang agar kalian tidak merasa salah jurusan. Serta sobat dapat melihat dari beberapa faktor dari segi akreditasi kampus, kualitas, fasilitas, prospek kerja terhadap jurusan yang dipilih serta jarak tempuh dengan kota asal.

Ukur Kemampuan Diri

Tips masuk perguruan tinggi favorit yang kedua, Jika sobat sudah menentukan perguruan tinggi dan jurusan yang diingkan, cobalah untuk mengukur kemampuan diri masing-masing dengan pilihan yang telah kita tentukan. Jika sekiranya sobat merasa memang bisa dan mampu maka lanjutkan, tapi jika sekiranya sobat sudah merasa tidak mampu maka jangan di paksakan karna hal tersebut akan membuat sobat kecewa apabila tidak di terima di kampus yang diinginkan. Jangan terlalu overconfident dengan membidik target yang tinggi, namun juga jangan underestimate dengan diri sendiri. Intinya adalah sesuaikan kemampuan diri kita dengan perguruan tinggi yang akan kita tuju.

Cari Infromasi

tips masuk perguruan tinggi favorit  yang ketiga, Jauh-jauh hari sebelum memasuki dunia kampus, yang perlu sobat lakukan adalah mencari informasi sebanyak mungkin. Berbagai info dapat sobat dapatkan dengan membuka website dari masing-masing kampus atau dengan melihat di media masa, dengan bertanya ke mahasiswa atau alumni dan lain sebagainya. Dengan informasi yang di dapat tentunya bisa menambah wawasan informasi dari kampus yang di inginkan agar bisa masuk dan diterima di kampus tersebut.

Jangan malas, Rutinlah berlatih dari Berbagai Soal Ujian

tips masuk perguruan tinggi favorit yang keempat, Semakin sering berlatih mengerjakan soal-soal ujian maka sobat akan lebih mengetahui tipe dari tiap-tiap soal yang nantinya akan membuat sobat lolos ketika ujian masuk perguruan tinggi Favorit. Langkah ini bisa di lakukan dengan cara mendownload soal-soal yang ada di internet ataupun dengan membeli buku latihan soal untuk ujian masuk ke perguruan tinggi.

Konsisten dan Disiplin dalam Persiapan Masuk Universitas

tips masuk perguruan tinggi favorit yang kelima, Seberapa banyak waktu yang sobat gunakan jika tidak konsisten dan disiplin tinggi semuanya akan memberikan hasil yang tidak maksimal. Tentukan seberpa lama kamu belajar dalam satu hari, dan jangan terlalu memaksakan yang justru membuat tidak efektif. Belajar satu atau dua jam setiap hari jelas akan jauh lebih efektif daripada belajar hingga 12 jam, namun sekali saja.

Sekian Tips masuk perguruan tinggi favorit yang perlu sobat lakukan, selamat mencoba semoga bermanfaat.

Fanny Fatma Wati

"Tidak pernah ada kata terlambat atau terlalu cepat, Semuanya terjadi pada waktu yang telah ditetapkan" Keep semangat

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (17)

  1. Terimakasih tips nya, tapi jika kita sudah berusaha dan berdoa belum diterima di universitas pilihan jangan putus asa dan tetap semangat

  2. Makasih tipsnyaa,, 👍 sangat bermanfaat sekali dan mudah-mudahan dengan tipsnya ini bisa masuk perguruan tinggi favorit,,,