7 Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta yang Tepat

Tips Memilih perguruan tinggi swasta – Setelah lulus dari jenjang SLTA sederajat, sebagian besar siswa di Indonesia memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk melanjutkan studinya. Semua itu berlandasan pada pemikiran siswa yang menganggap bahwa PTN itu lebih baik. Namun, daya tampung di PTN sangat sedikit dari total siswa yang lulus dari tahun ke tahun. Jadi tidak semua siswa mampu masuk ke PTN.

Ketika apa yang sobat bintang cita-citakan untuk kuliah di PTN gagal, jangan berkecil hati sobat !! Zaman sekarang sudah berbeda, banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang menyediakan kualitas pembelajaran yang tidak kalah saing dengan PTN. Dengan catatan, kalian harus teliti sebelum memilih Perguruan Tinggi Swasta untuk tempat menimba ilmu kelak.

Baca juga: Beasiswa Kuliah D3 dan S1 UBSI – Batch 3

Nah berikut tips memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) supaya kamu kuliah di tempat yang benar legal dan tentunya benar-benar menjadi jembatan untuk sobat bintang ketika sudah lulus mendapatkan  peluang kerja yang sangat besar.

Tips memilih Perguruan Tinggi Swasta Yang Tepat

1. Nama Universitas Terkenal

Nama Kampus yang sobat bintang pilih tentunya harus mempunyai nama atau dibisa dibilang terkenal di masyarakat. Ini menunjukan bahwa, kampus tersebut sangat eksis dan sudah pasti sering berinteraksi di lapangan sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengenal kampus tersebut.

2. Akreditasi Kampus dan Program Studi

Akreditasi merupakan suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan negeri dan swasta. Semakin bagus akreditasi, maka kampus tersebut semakin baik pula dalam hal fasilitas ataupun kualitas pembelajaran yang ditawarkan.

3. Biaya KuliahTerjangkau

Ini nih sobat bintang yang harus difahami betul. Setelah kalian menentukan dua pilihan diatas, kalian harus membandingkan biaya kuliah sampe lulus. Jangan sampai, sobat bintang putus kuliah di tengah jalan gara-gara tidak ada biaya karena biaya kuliah yang mahal. Untuk itu, carilah kampus swasta yang legal, terkareditasi dan tentunya biaya yang terjangkau.

4. Lokasi Kampus

Carilah lokasi universitas yang terdekat dengan tempat tinggal anda. Di era new normal ini lokasi kampus/universitas sangat penting, disamping untuk menjaga diri dengan tidak  bepergian keluar kota supaya tidak tertularnya virus corona,  kamu juga bisa menghemat biaya untuk tinggal selama kuliah. Untuk itu, carilah kampus swasta yang legal, terkareditasi, biaya kuliah terjangkau dan tentunya kampus tersebar di berbagai penjuru Indonesia.

5. Fasilitas Kampus

Fasilitas kampus ini harus kalian ketahui, karena ini menyangkut dengan kenyamanan kamu ketika belajar di kelas. Selain itu, kemudahan dalam pembelajaran, laboratorium yang lengkap harus kamu bandingkan juga.

6. Keberhasilan Alumni

Carilah informasi keberhasilan alumni dari universitas yang sedang kamu incar. Semakin banyak alumni yang sukses, maka semakin luas juga peluang kerja kamu ketika sudah lulus kelak.

7. Izin Orang Tua

Izin orang tua sangatlah penting, mereka akan merasa sangat dihargai ketika diajak untuk berdiskusi apalagi untuk menentukan masa depan anaknya. Ketika kamu sudah mendapatkan izin di universitas yang kamu pilih, maka jalanilah kuliah dengan baik supaya tidak mengecewakan pilihan orang tuamu.

Itulah Tips memilih perguruan tinggi swasta supaya kamu menimba Ilmu di tempat yang sesuai dengan harapan dan tentunya diakui oleh pemerintah alias legal. Semoga bermanfaat ya sobat bintang. Teruskan Pendidikanmu !!

“Belajar tanpa berpikir itu tidaklah berguna, tapi berpikir tanpa belajar itu sangatlah berbahaya!” Ir. Soekarno.

Irwan Herliawan

Halo Sobat Bintang! Kalian tau engga? Semua orang itu bisa merencanakan, tapi tidak semua bisa mengimplementasikan. So, Just do it! Jangan menunggu sempurna untuk memulai !! @irwan046_

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (9)

  1. Yang paling penting saat ini point ketiga, tapi walau biaya murah kwalitas jangan murahan.
    Infonya dong min, univ swasta murah tapi oke

    1. Betul banget ka. Apalagi di masa pandemi seperti ini, ekonomi masih tersendat-sendat, tapi kehidupan harus terus berlanjut seperti biasanya. Pendidikan harus tetap diteruskan demi masa depan yang lebih cerah