Pilihan Universitas di Yogyakarta

Universitas di Yogyakarta – Siapa yang tak kenal kota pelajar Yogyakarta. Kota ini mendapatkan julukan kota pelajar karena di daerah ini terdapat fasilitas sekolah dan universitas yang berkualitas, terjamin mutunya dan sudah terakreditasi. Berikut sedikit pilihan universitas yang dapat dijadikan rujukan untuk kuliah.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Pilihan Universitas di Yogyakarta
sumber; googlestreetview

Universitas Gadjah Mada merupakan universitas negeri di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universiteit tanggal 16 Desember 1949.

Universitas Gadjah Mada adalah salah satu universitas tertua di Indonesia yang berdiri 71 tahun yang lalu. Saat ini UGM memiliki 18 fakultas, 1 sekolah pascasarjana, dan 1 sekolah vokasi. Masing-masing fakultas tersebut memiliki departemen yang berisi program studi. UGM mendapatkan peringkat A dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) untuk institusinya dan untuk program studinya mayoritas mendapatkan akreditasi A.

UGM berada di alamat Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Pilihan Universitas di Yogyakarta
sumber; goolestreetview

Universitas Negeri Yogyakarta adalah universitas yang berdiri sejak 56 tahun yang lalu. Dahulu universitas ini bernama IKIP Yogyakarta. Saat ini UNY mempunyai 8 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), dan Program Pascasarjana (PPs). UNY mendapatkan peringkat akreditasi Institusi A dan mayoritas program studinya mendapatkan akreditasi A.

3. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA)

UIN Sunan Kalijaga adalah universitas di Yogyakarta yang berdiri sejak 69 tahun yang lalu. Kampus UIN SUKA memiiki 8 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana, dimana tiap fakultasnya memiliki banyak pilihan program studi. Beberapa Fakultas di UIN SUKA terdiri dari Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pascasarjana. Saat ini untuk akreditasi institusinya adalah A dan akreditasi program studinya juga banyak yang sudah mendapatkan akreditasi A.

4. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPN)

UPN merupakan universitas swasta yang bertransformasi menjadi universitas negeri pada tahun 2014. Saat ini UPN memiliki 5 fakultas yakni Fakultas Teknologi Mineral, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. UPN mendapatkan nilai akreditasi institusi B dari BAN PT, tetapi juga banyak program studinya akreditasi yang akreditasinya sudah A. Beberapa Program studi yang paling favorit di UPN adalah Teknik Geologi, Agribisnis dan Teknik Pertambangan.

5. Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Yogyakarta

Pilihan Universitas di Yogyakarta
sumber; googlestreetview

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Sejak tahun 2018 telah resmi menjadi Universitas. kampus yang terkenal dengan tagline “Kuliah…? BSI Aja” . Maka sejak saat itu semua program studinya merumpun ke dalam masing-masing fakultas. Total sampai dengan saat ini terdapat 3 Fakultas dengan berbagai program studi yang ada di UBSI, diantaranya:

Fakultas Teknik dan Informatika

  • Sistem Informasi (S1 & D3)
  • Ilmu Komputer (S1)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (S1)
  • Teknologi Informasi (S1)
  • Teknik Industri (S1)
  • Teknik Elektro (S1)
  • Teknologi Komputer (D3)
  • Sistem Informasi Akuntansi (D3)

Fakultas Komunikasi dan Bahasa

  • Ilmu Komunikasi (S1)
  • Hubungan Masyarakat/ Public Relation (D3)
  • Penyiaran/ Broadcasting (D3)
  • Periklanan/ Advertising (D3)
  • Sastra Inggris (S1)
  • Bahasa Inggris (D3)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • Manajemen (S1)
  • Akuntansi (S1 & D3)
  • Administrasi Perkantoran (D3)
  • Administrasi Bisnis (D3)
  • Manajemen Pajak (D3)
  • Perhotelan (D3)

Dari 3 fakultas tersebut terdapat 20 program studi yang dapat dipilih, baik untuk jenjang D3 maupun S1 yang tersebar di kota-kota indonesia yaitu di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Kalimantan Barat. Saat ini UBSI mempunyai akreditasi institusi B, namun rata-rata akreditasi program studi UBSI adalah A dan B.

Ketika kamu menginginkan kampus dengan biaya kuliah yang terjangkau, maka UBSI menjadi tempat yang paling tepat. Biaya kuliah berkisar 2,5 juta persemester untuk jenjang S1 dan 1,9 juta untuk jenjang D3. Kamu juga dapat memilih jam kuliah agar lebih fleksibel. Ketika kamu sudah bekerja, maka kamu dapat memilih kuliah Sore/Malam.

Pada masa pandemi ini, UBSI juga menyediakan berbagai beasiswa untuk meringankan biaya perkuliahan. Terdapat 3 jenis beasiswa yang bisa sobat bintang pilih, antara lain:

Daftar disini, Kuliah Gratis Melalui jalur Beasiswa Kuliah D3 dan S1 UBSI – Batch 3 

Beasiswa Prestasi – Beasiswa yang diperuntukan bagi yang memiliki prestasi di bidang akademik/non akademik minimal setingkat kota/kabupaten. Untuk beasiswa prestasi dapat diikuti sampai dengan lulusan SMA/sederajat angkatan 2017.

Beasiswa Talenta – Jenis beasiswa ini merupakan bentuk kepedulian UBSI terhadap banyaknya anak muda kaum milenial yang memiliki bakat pada bidang lain, seperti tahfidz Qur’an, atau juga influencer seperti youtuber maupun selebgram. Bagi yang memiliki bakat/prestasi pada bidang ini juga berkesempatan mendapatkan beasiswa dari UBSI.

Beasiswa Kompetensi – Beasiswa Kompetensi (BIKOM) ini dikhususkan bagi yang baru saja lulus SMA Sederajat pada tahun 2020 ini. Syaratnya cukup memiliki rangking kelas dimulai dari rangking 1-20. Untuk beasiswa ini cukup melakukan registrasi secara online, kemudian mengerjakan tes potensi skolastik pada aplikasi M-Tryout.

Info lanjut bisa langsung menghubungi media sosial UBSI Kampus Yogyakarta. Bisa juga datang langsung ke alamat kampusnya di Jl. Ring Road Barat, Ambarketawang, Gamping, Gamping Kidul, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *