5 Contoh Teks Deskripsi, Simak Selengkapnya Disini!

Contoh Teks Deskripsi – Haii Sobat Bintang!! Mungkin bagi kalian mendengar tentang teks deskripsi sudah tidak asing lagi. Namun, mungkin ada sebagian dari kalian yang belum faham dan mengerti betul tentang teks deskripsi. Sebagian dari kalian mungkin belum bisa membedakan teks deskripsi dengan teks-teks lainnya. Untuk itu, yuk simak baik-baik contoh teks deskripsi beserta pengertian, ciri-ciri, jenis dan strukturnya dibawah ini.

Baca juga: Isi Surat Lamaran Pekerjaan (Pembahasan Modul Kelas 12) Bahasa Indonesia Bagian 1

Contoh teks deskripsi
(Ilustrasi, Sumber: Titikdua.net)

Berikut contoh teks deskripsi beserta pengertian, ciri-ciri, jenis dan strukturnya

Sebelum kita melihat contoh teks deskripsi alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian, ciri-ciri, jenis dan struktur teks deskripsi. Berikut uraian mengenai teks deskripsi:

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi merupakan sebuah teks atau paragraf yang berisi tentang pemaparan atau penggambaran mengenai suatu objek secara jelas dan terperinci. Teks tersebut memuat susanan dari kata-kata atau kalimat-kalimat yang dapat merangsang panca indra pembacanya. Hal ini, dapat membuat pembaca seolah-olah menyaksikan atau merasakan sendiri objek yang dideskripsikan oleh penulis.

Tujuan dari teks deskripsi ini yakni untuk menggambarkan suatu objek dengan sangat rinci secara subjektif dari sudut pandang penulis. Di sini penulis harus menggambarkan objek dengan sejelas mungkin agar pembaca seakan-akan bisa melihat atau merasakan apa yang dijelaskan.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Adapun ciri-ciri dari teks deskripsi yang bisa mempermudah kita untuk mengenali jenis dari sebuah teks. Berikut Ciri-ciri umum serta dari segi penggunaan bahasa pada teks deskripsi:

Ciri-ciri umum teks deskripsi

1. Berisi tentang penjabaran atau penggambaran suatu objek seperti benda, tempat, suasana dan sebagainya.
2. Berisi penjelasan yang melibatkan seluruh panca indera mulai dari penglihatan, pendengaran, hingga perabaan.
3. Berisi pemaparan ciri-ciri fisik dan sifat dari suatu objek secara jelas dan sangat terperinci.
4. Pembaca dapat seolah-olah merasakan atau mengalami langsung apa yang tersaji dalam teks.

Ciri-ciri teks deskripsi dari segi penggunaan bahasa

1. Berisi kata-kata khusus untuk menggambarkan objek serinci mungkin (warna dirinci merah, kuning, hijau).
2. Berisi kalimat rinci dalam penggambaran objek.
3. Berisi kata sinonim dengan emosi kuat.
4. Berisi majas untuk melukiskan secara konkret.
5. Berisi Teks deskripsi yang memunculkan kata ganti orang.

Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi terbagi menjadi beberapa jenis. Jika kita lihat dari bentuknya, teks deskripsi bisa dibedakan menjadi dua kategori. Dua kategori tersebut yakni:

1. Teks deskripsi yang berdiri sendiri sebagai teks.
2. Teks deskripsi yang menjadi bagian teks lain (cerpen, novel, lagu, iklan, dan sebagainya).

Selain itu, jika kita lihat berdasarkan objeknya teks deskripsi dibedakan menjadi tiga, yakni:

1. Teks deskripsi subjektif merupakan teks deskripsi yang penggambaran objeknya menurut kesan yang dimiliki oleh penulis.
2. Teks deskripsi spasial merupakan teks deskripsi yang menggambarkan objek berupa tempat, benda, ruang, dan lainnya.
3. Teks deskripsi objektif merupakan teks deskripsi yang menggambarkan objek apa adanya atau berdasarkan keadaan yang sebenarnya tanpa penambahan opini dari penulis.

Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi terdiri dari 3 unsur sebagai struktur dalam penyusunannya. Berikut struktur-struktur dari teks deskripsi:

1. Identifikasi, pada bagian ini berisikan identitas atau gambaran umum dari sebuah objek.
2. Klasifikasi, merupakan unsur dari penyusun yang bersistem dalam suatu kelompok menurut kaidah atau standar yang sebelumnya sudah ditetapkan.
3. Bagian Deskripsi, berisikan gambaran atau pemaparan tentang suatu objek atau topik yang ada dalam paragraf tersebut secara jelas dan terperinci.

Selain itu, adapun langkah-langkah untuk menyusun teks deskripsi diantaranya:

1. Menentukan atau memilih objek.
2. Menentukan tujuan teks.
3. Mengumpulkan data serta menentukan rincian yang mencakup struktur teks.
4. Membuat kerangka tulisan kemudian mengembangkan kerangka tulisan.

Baca juga: Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan (Pembahasan Modul Kelas 12) Bahasa Indonesia Bagian 2

Contoh Teks Deskripsi

Dikutip dari dosenpendidikan.co.id, berikut beberapa contoh teks deskripsi dari berbagai objek:

1. Contoh teks deskripsi tentang hewan

Harimau

Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar” itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging. Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi taringnya kuat dan tajam untuk mengoyak daging.

Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya. Harimau mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Harimau dapat hidup di hutan, padang rumput, dan daerah payau atau hutan bakau. Di Indonesia harimau dapat ditemukan di hutan dan hutan bakau di Pulau Sumatera dan Jawa.

2. Contoh teks deskripsi tentang alam

Sungai Serayu

Sungai Serayu adalah sungai yang bersih dan juga alami. Lebar dari sungai serayu bisa lebih dari 10 meter, sungai ini sangat luas dan juga panjang. Sungai serayu memiliki air yang bersih dan juga sangat segar.

Sungai yang satu ini merupakan sungai yang sangat bersih dan juga indah, karena di sekitar sungai serayu tidak terdapat sampah dan di pinggir pinggri sungai serayu terdapat tumpukan bebatuan yang ditumpuk secara rata dan rapi.

Bebatuan bebatuan tersebut sering digunakan sebagai tempat duduk untuk orang orang yang sedang memancing ikan di pinggir sungai serayu tersebut. Sungai serayu merupakan salah satu sungai yang sering dijadikan sebagai tempat mancing.

3. Contoh teks deskripsi tentang makanan

Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas yang Sering ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Disajikan dalam berbagai varian rasa yang dapat disesuaikan dengan keinginan para konsumen. Aroma khas dari bumbu nasi goreng akan membuat siapapun yang menciumnya merasa kelaparan.

Nasi Goreng pada umumnya memiliki warna coklat khas dari kecap, namun ada juga yang memiliki warna kuning, ungu, merah, kuning dan hitam warna-warna tersebut baru-baru ini muncul di public. Biasanya nasi goreng dihidangkan dengan telor ceplok dan tambahan sayuran pemanis seperti tomat dan mentimun.

4. Contoh teks deskripsi tentang benda

Lemari

Ayahku adalah penggemar lemari antik. Ada satu lemari antik yang cantik yang diletakkan di ruang tamu. Lemari itu terbuat dari kayu besi. Lemari itu memiliki warna gelap dan agak kusam. Mungkin warna kusam itu karena umur lemari yang memang sudah tua. Meski pun sedikit kusam, tapi lemari itu tetap terlihat menarik.

Lemari itu memiliki dua pintu. Di pintu sebelah kanan, terdapat cermin berbentuk oval. Di tepian lemari juga terdapat ukir-ukiran yang cantik. Ukiran itu berbentuk seperti lekukan bunga dan naga. Setiap hari, ayahku membersihkan lemari itu dengan kain basah.

5. Contoh teks deskripsi tentang tokoh

Ki Hadjar Dewantara

Raden Mas Soewardi Soerjaningrat lahir di Yogyakarta, pada tanggal 2 Mei 1889. Ia juga dikenal sebagai Ki Hadjar Dewantara. Dia tinggal di era kolonial. Ki Hadjar Dewantara bisa mendapat pendidikan yang lebih baik karena ia berasal dari keluarga kerajaan. Dia adalah menteri pertama pendidikan nasional Republik Indonesia.

Dia meninggal di Yogyakarta, pada tanggal 26 April 1959. Dia adalah pendiri Taman Siswa Sekolah. Ia merasa terhormat untuk menjadi Pahlawan Nasional Indonesia. Tanggal lahirnya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Ki Hadjar Dewantara terkenal dengan pepatah untuk pendidikan. Pepatah tersebut adalah Ing ngarso sung tulodo, ing Madyo Mangun Karso, tut wuri handayani. Ing ngarso sung tulodo berarti (bagi mereka) di depan menjadi contoh, (bagi mereka) di tengah membangkitkan semangat, dan (bagi mereka) di belakang memberi dorongan.

Saat ini, bagian dari peribahasa tersebut, Tut Wuri Handayani, digunakan sebagai motto Departemen Pendidikan Indonesia. Hal itu dimaksudkan untuk menggambarkan seorang guru yang ideal, setelah transmisi pengetahuan kepada siswa mereka, guru akan berdiri di belakang siswa mereka dan memberi mereka dorongan.

Baca juga: Definisi dan Teori Perubahan Sosial (Pembahasan Modul Kelas 12), Sosiologi Bagian 1

Itulah contoh teks deskripsi beserta pengertian, ciri-ciri, jenis dan strukturnya khusus kalian Sobat Bintang. Semoga bermanfaat!! Untuk materi dan informasi menarik yang tentunya bermanfaat lainnya kalian bisa terus mengunjungi website Bintang Sekolah Indonesia. Tetap semangat ya Sobat Bintang!!

Dinar Ismunandar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - Al-Baqarah Ayat: 286, Haii, perkenalkan nama saya DInar Ismunandar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *