5 Contoh Teks Eksplanasi, Lengkap Dengan Penjelasannya!

  • Bagikan

Contoh Teks Eksplanasi – Halo Sobat Bintang!! Berbicara tentang teks, telah banyak jenis teks yang ada hingga saat ini. Salah satunya teks eksplanasi, kalian tahu apa itu teks eksplanasi? Kalian mungkin pernah membaca teks tentang peristiwa bencana alam di media berita. Nah, itu merupakan salah satu contoh teks eksplanasi.

Jenis teks ini pun tidak hanya terdapat di media berita atau sejenisnya, akan tetapi banyak juga ditemukan dalam buku-buku pelajaran. Seperti dalam buku sains, geografi dan sejarah kalian yang ada di sekolah. Untuk lebih lengkap dan jelasnya, yuk simak baik-baik contoh teks eksplanasi lengkap dengan penjelasannya di bawah ini!!

Baca juga: Contoh Teks Deskripsi

Nah, sebelum kita melihat contoh teks eksplanasi mari kita pelajari terlebih dahulu pengertian, ciri-ciri dan struktur teks eksplanasi. Berikut penjelasan seputar teks eksplanasi:

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan sebuah teks atau paragraf yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ terjadinya sebuah peristiwa. Peristiwa tersebut bisa merupakan penomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya yang dapat terjadi. Karena, suatu kejadian baik itu kejadian alam maupun kejadian sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan proses.

Tujuan dari teks eksplanasi ini yakni untuk menjelaskan suatu peristiwa atau kejadian dengan hubungan sebab akibat serta prosesnya. Di sini penulis harus menjelaskan kejadian dengan sejelas mungkin agar pembaca bisa mendapatkan informasi penting dari apa yang dijelaskan.

contoh teks eksplanasi
Ilustrasi contoh teks eksplanasi, (Sumber: titikdua.net)

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Adapun ciri-ciri dari teks eksplanasi yang bisa mempermudah kita untuk mengenali jenis dari sebuah teks. Berikut ciri-ciri dari teks eksplanasi:

1. Contoh teks eksplanasi berisi tentang Informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual).
2. Contoh teks eksplanasi berisi pembahasan suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
3. Contoh teks eksplanasi bersifat informatif dan tidak berusaha memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.
4. Contoh teks eksplanasi menggunakan kata penanda urutan.
5. Contoh teks eksplanasi berfokus pada hal umum (generik), bukan partisipan manusia. Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, kemarau, gunung meletus dan lainnya.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi terdiri dari 3 unsur sebagai struktur dalam penyusunannya. Berikut struktur-struktur dari teks eksplanasi:

1. Pernyataan Umum, pada bagian ini sebuah teks eksplanasi menjelaskan tentang gambaran umum fenomena/peristiwa alam yang akan dibahas. Berisi tentang proses bagaimana fenomena/peristiwa alam tersebut bisa terjadi.
2. Urutan Sebab Akibat, pada bagian ini dijelaskan tentang penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari fenomena tersebut. Bagian ini disebut juga dengan deretan penjelas.
3. Interpretasi, pada bagian ini dapat dikatakan sebagai penarikan kesimpulan. Penulis bisa memberikan tanggapan atau pernyataan terkait fenomena yang diangkat dalam teks tersebut.

Selain itu, adapun kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi seperti berikut:

Baca juga: Contoh Teks Inspiratif

1. Contoh teks eksplanasi menggunakan kalimat pasif
2. Contoh teks eksplanasi menggunakan konjungsi kasual dan waktu
3. Dalam contoh teks eksplanasi terdapat istilah ilmiah
4. Contoh teks eksplanasi menggunakan kata kerja material dan rasional
5. Contoh teks eksplanasi bersifat informatif

Contoh Teks Eksplanasi

Dikutip dari dosenpendidikan.co.id, berikut beberapa contoh teks eksplanasi kejadian alam:

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *