Sejarah dan Makna Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Hari Sumpah Pemuda – Hai Sobat Bintang! Sebentar lagi seluruh bangsa Indonesia akan merayakan peringatan Sumpah Pemuda yaitu pada Kamis, 28 Oktober 2021. Sumpah Pemuda tentu sudah tidak asing untuk Sobat bukan? Hasil pertemuan para pemuda Indonesia pada 28 Oktober 1928 silam telah membuahkan suatu ikrar yang berisikan 3 poin.

Sejarah Sumpah Pemuda

Rapat perdana dilaksanakan untuk pertama kali pada 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB) di Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta. Acara dimulai dengan sambutan dari Sugondo Djojopuspito yang menyatakan dan berharap kongres dapat memperkuat semangat persatuan para pemuda di tanah air.

Pada saat itu, Moh Yamin mengungkapkan bahwa terdapat lima faktor yang dapat memperkuat persatuan Indonesia yaitu bahasa, sejarah, adat, hukum, kemauan dan pendidikan. Di hari berikutnya, rapat kembali di gelar dengan berfokus pada pendidikan.

Baca Juga: Tradisi Tahun Baru Islam di Indonesia

Lalu, rapat ketigapun digelar di hari yang sama di Indonesische Clubgebouw. Rapat dibuka oleh Soenario dengan membahas pentingnya demokrasi dan nasionalisme. Ramelan juga berpendapat bahwa gerakan kepanduan tidak dapat dipisahkan dari pergerakan nasional.

Selain itu, Ramelan juga menyampaikan bahwa gerakan kepanduan dapat mendidik generasi muda untuk dapat bersikap mandiri dan disiplin. Diperdengarkannya lagu Indonesia Raya menjadi penutp udari kongres. Setelah itu barulah diumumkan rumusan sumpah setia yang dinkneal dengan Sumpah Pemuda.

Hari Sumpah Pemuda

Lahirnya rumusan sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta) membuat tanggal tersebut diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda hingga saat ini. Dengan diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda setiap tahunnya, maka diharapkan jiwa nasionalisme dapat terus tumbuh dan bangkit pada pemuda-pemudi di tanah air.

Selain itu, dengan diperingatinya Hari Sumpah Pemuda, diharapkan dapat memberikan semangat Kemerdekaan Indonesia dan melaksanakan cita-cita bangsa. Semangat Sumpah Pemuda juga mmeberikan rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda

Pembuatan teks Sumpah Pemuda memiliki makna yang sangat mendalam untuk generasi muda. Adapun makna dari Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut:

Pada kalimat “bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia” bermakna para pemuda akan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia  hingga titik darah penghabisan.

Pada kalimat “mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia” bermakna para pemuda Indonesia yang berasal dari suku, ras dan agama yang berbeda, namun tetap bersatu dalam satu bangsa, yaitu Indonesia.

Pada kalimat “menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia” bermakna mempersatukan menjadi Indonesia maka bahasa persatuan menjadi identitas keseluruhan sehingga setiap rakyat menjunjung Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Jawaban Teka-Teki Nama Kota Di Indonesia

Teks Sumpah Pemuda

Agar Sobat Bintang dapat mendalami makna dari Sumpah Pemuda, maka Sobat perlu mengetahui isi teks dari Sumpah Pemuda. Adapun isi dari teks sumpah pemuda adalah sebagai berikut:

  • Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia
  • Kami putra dan putri Indonesa mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia
  • Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesa

makna hari sumpah pemuda

Quotes/Kata Ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda

Sebagai penyemangat Sobat Bintang di Hari Sumpah Pemuda, maka Sobat dapat menggunakan Quotes/Kata Ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda. Berikut beberapa Quotes/Kata Ucapan yang dapat digunakan:

Bung Karno pernah berkata: Berikan aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia. Selamat Hari Sumpah Pemuda! Selamat hari Sumpah Pemuda 2021. Dengan semangat pemuda, mari terus jaga persatuan dan kesatuan NKRI sampai titik darah penghabisan. Tuhan tidak akan merubah nasib suatu bangsa jika bukan bangsa itu sendiri yang mengubahnya. Dengan semangat pemuda, mari ubah negeri ini menjadi lebih baik lagi, Selamat Hari Sumpah Pemuda!. Teriakan siapa kita Indonesia, maka akan muncul semangat pemuda yang menyuarakan persatuan. Sebagai generasi muda kita harus ikut membangun dan menjaga NKRI. Selamat Hari Sumpah Pemuda!. Yang muda yang berkarya. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Sesungguhnya masa depan kemajuan bangsa Indonesia ada di genggaman Para Pemuda. Oleh karena itu dengan Semangat Sumpah Pemuda, mari bersatu untuk membangun Negeri. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Tegas dan berani itulah Pemuda, Negara ini berdiri karena seluruh Pemudanya bersatu. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Gampailah mimpi setinggi langit! Jangan takut jatuh, karena walaupun jatuh, akan ada ribuan bintang-bintang. Kami bangga lahir di Indonesia, Kami Bangga Bertanah air, berbangsa, dan berbahasa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021. Bangkitlah pemuda, kita masih dalam masa perjuangan yang sesungguhnya, tetaplah berpedoman dengan ikrar Sumpah Pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

Itu dia sejarah, makna dan quotes/kata ucapan Hari Sumpah Pemuda. Selain memperingati, sebagai kaum muda Sobat juga harus dapat memaknai Sumpah Pemuda agar dapat meneruskan cita-cita para pemuda bangsa Indonesia.

Respon (10)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.