6 Kampus di Jakarta Pusat ini Terbaik untuk Jadi Referensi

Kampus di Jakarta Pusat – Halo Sobat Bintang!! Kali ini ada yang ingin kuliah di jakarta pusat tapi bingung memilih kampus mana yang tepat? Selain itu, pastinya kalian ingin kuliah di kampus yang terbukti berkualitas. Tenang, di sini mimin punya rangkuman daftar kampus di jakarta yang terbaik yang bisa kalian jadikan sebagai referensi.

Sekilas tentang kota Jakarta Pusat, Kota ini merupakan kota administrasi terkecil di Provinsi DKI Jakarta. Jakarta Pusat berdiri berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1978. Selain itu, kota ini juga merupakan daerah otonom yang tidak memiliki DPRD tersendiri. Di samping itu, untuk kantor Walikota Administrasi Jakarta Pusat ini terletak di Kecamatan Tanah Abang.

Di balik merupakan sentral pemerintahan di DKI Jakarta, Kota Jakarta Pusat ini juga memiliki banyak kampus favorit dan unggulan. Semua kampus itu menghasilkan para alumni yang berkualitas yang telah terjun dalam berbagai sektor di masyarakat. Kampus mana saja itu? Yuk simak baik-baik rangkuman daftar kampus di Jakarta Pusat ini. Mungkin bisa kalian jadi sebagai referensi kalian untuk melanjutkan pendidikannya di Jakarta Pusat.

Baca juga: Cari Universitas di Jakarta Selatan? Kalian Musti Simak Ini Dulu!

Kampus di Jakarta Pusat
Dok. Kampus di Jakarta Pusat

Berikut Kampus di Jakarta Pusat Terbaik Versi Bintang Sekolah Indonesia

1. Universitas Prof. Dr. Moestopo (UPDM)

kampus di jakarta pusat
Dok. kampus di jakarta pusat

Referensi kampus di Jakarta Pusat yang pertama yakni ada Universitas Prof. Dr. Moestopo (UPDM). UPDM berdiri sejak tahun 1962 di bawah Yayasan Universitas Prof.Dr.Moestopo berdasarkan akte Notaris R.Kadiman No. 62. Awal berdiri kampus ini berdiri dengan 6 (enam) fakultas, tetapi 2 (dua) diantaranya tidak diselenggarakan dan ditutup.

Kampus UPDM in beralamat di Jl. Swadarma Raya No.54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12250. Saat ini UPDM memiliki 4 (empat) fakultas dan 1 (satu) program pascasarjana. Keempat fakultas tersebut yakni:

  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Ilmu Komunikasi

Untuk Informasi lebih lengkapnya kalian bisa langsung datang ke alamat kampus yang tertera di atas atau mengunjungi website resmi UPDM

2. Universitas Yarsi

Kampus di Jakarta Pusat
Dok. Kampus di Jakarta Pusat

Referensi kampus di Jakarta Pusat selanjutnya yakni ada Universitas Yarsi. Yarsi telah berdiri sejak tanggal 15 April 1967 di bawah naungan Yayasan Rumah Sakit Islam Indonesia. Awalnya kampus ini bernama Sekolah Tinggi Kedokteran Yarsi, namun seiring bertambahnya fakultas pada tahun 1989 berubah nama menjadi Universitas Yarsi.

Universitas Yarsi ini berlokasi di Menara YARSI, Kav. 13, Jl. Let. Jend. Suprapto. Cempaka Putih, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Indonesia. 10510. Saat ini Universitas Yarsi memiliki 6 (enam) fakultas dan 1 program pascasarjana dengan total 13 (tigas belas) program studi (Prodi). Keenam fakultas tersebut yakni:

  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Teknologi Informasi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Psikologi

Untuk Informasi lebih lengkapnya kalian bisa langsung datang ke alamat kampus yang tertera di atas atau mengunjungi website resmi Universitas Yarsi.

3. Universitas BSI (Bina Sarana Informatika)

Kampus di Jakarta Pusat
Dok. Kampus di Jakarta Pusat

Referensi kampus di Jakarta Pusat berikutnya ada Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Dengan berjuta-juta mahasiswanya, kampus ini pernah mendapatkan rekor perguruan tinggi dengan kelulusan mahasiswa terbanyak. Hal ini, menjadikan kampus ini termasuk kedalam Universitas terbaik di Indonesia. Kampus yang terkenal dengan Tageline Kuliah…? BSI Aja…!! ini telah resmi menjadi universitas pada tahun 2018.

Universitas BSI tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dengan total mencapai 17 (tujuh belas) wilayah, salah satunya di Jakarta Pusat ini. Di Jakarta Pusat ini terdapat dua lokasi kampus yang berbeda yakni UBSI Kampus Kramat 98 dan Kampus Salemba 22. Untuk UBSI Kampus Kramat 98 beralamat di Jl. Kramat Raya No. 98, Senen, Jakarta Pusat. Sedangkan UBSI Kampus Salemba 22 beralamat di Jl. Salemba Tengah No. 22, Jakarta Pusat.

Universitas BSI menyediakan 3 (tiga) fakultas dengan total 22 (dua puluh dua) program studi (Prodi). Ketiga fakultas tersebut yakni:

  • Fakultas Teknik dan Informatika
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Komunikasi dan Bahasa

Untuk Informasi lebih lengkapnya kalian bisa langsung datang ke alamat kampus yang tertera di atas atau mengunjungi website resmi Universitas BSI.

Baca juga: Kampus Swasta di Karawang? Simak Informasi 5 Kampus Berikut Ini!

4. STIE & STMIK Jayakarta

Kampus di Jakarta Pusat
Dok. Kampus di Jakarta Pusat

Referensi kampus di Jakarta Pusat yang selanjutnya yakni ada STIE & STMIK Jayakarta. Kampus ini berdiri pada awal tahun 1990-an di bawah Yayasan Dharma Pendidikan Jakarta. Awal berdirinya kampusini yakni bernama Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta (AMIK Jayakarta). Kemudian, berdasarkan SK. Mendikbud Nomor 159/D/0/1993 ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta (STMIK Jayakarta).

Selain itu adapun Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta (STIE Jayakarta) yang berdiri dengan SK Pendirian Institusi 0697/0/1990. Untuk STMIK Jayakarta lokasi kampusnya yakni di Jl. Salemba I No.8-10 Jakarta Pusat. Sedangkan Untuk STIE Jayakarta berlokasi di Jalan Salemba Raya No.24 / Jalan Salemba I No. 10. Dari kedua kampus yang berbeda tersebut, kampus ini memilki program studi (Prodi) 5 (lima) prodi. Kelima prodi tersebut yakni:

  • Manajemen Informatika (D3)
  • Sistem Informasi (S1)
  • Teknik Informatika (S1)
  • Akuntansi (S1)
  • Manajemen (S1)

Untuk Informasi lebih lengkapnya kalian bisa langsung datang ke alamat kampus yang tertera di atas atau mengunjungi website resmi STIE & STMIK Jayakarta.

5. Universitas Nusa Mandiri (UNM)

Kampus di Jakarta Pusat
Dok. Kampus di Jakarta Pusat

Referensi universitas di Jakarta Pusat yang berikutnya yakni ada Universitas Nusa Mandiri (UNM) Kampus Warung Jati. Kampus yang terkenal dengan Tageline Jadi Sarjana…? Nusa Mandiri Tempatnya…!! ini telah resmi menjadi universitas pada tahun 2021. Resminya menjadi universitas ini melalui keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI No.82/E/0/2021.

UNM memiliki 7 kampus yang tersebar di 4 kota yaitu Jakarta (Jatiwaringin, Cengkareng, Kramat 18, Warung Jati), Depok (Margonda), Bekasi (Kaliabang), dan Tangerang (Daan Mogot). UNM kampus di Jakarta Pusat ini (Kramat 18) berlokasi di Jl. Kramat Raya No.18, RT.5/RW.7, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. UNM hadir dengan dua fakultas yakni:

  • Fakultas Teknologi Informasi
  • Fakultas Ekonomi & Bisnis

Untuk informasi lebih lengkapnya kalian bisa langsung datang ke alamat kampus yang tertera di atas atau mengunjungi website resmi Universitas Nusa Mandiri.

6. Politeknik Hang Tuah Jakarta

Kampus di Jakarta Pusat
Kampus di Jakarta Pusat

Referensi kampus di Jakarta Pusat yang terakhir yakni ada Politeknik Hang Tuah Jakarta. Kampus ini telah berdiri melalui Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 1339/KPT/I/2018 tanggal 31 Desember 2018. Politeknik Hang Tuah Jakarta ini merupakan gabungan dari Akademi Teknik Gigi, Akademi Keperawatan, dan Akademi Farmasi. Penggabungan ketiga akademi itu diselenggarakan oleh Yayasan Nala yang bergerak dalam bidang pendidikan perguruan tinggi.

Politeknik Hang Tuah Jakarta ini terletak di Jl. Bend. Hilir Raya No.17, RT.4/RW.3, Bendungan Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Dilihat dari umurnya yang masih muda Politeknik Hang Tuah Jakarta saat ini hanya memiliki 3 (tiga) program studi (Prodi) saja. Ketiga Prodi atau jurusan tersebut yakni:

  • Prodi Keperawatan
  • Prodi Farmasi
  • Prodi Teknik Gigi

Untuk Informasi lebih lengkapnya kalian bisa langsung datang ke alamat kampus yang tertera di atas atau mengunjungi website resmi Politeknik Hang Tuah Jakarta.

Baca juga: 6 Universitas di Jakarta Barat ini Bisa Jadi Referensi Kalian!

Nah, itulah 6 Kampus di Jakarta Pusat yang bisa kalian jadikan sebagai referensi kalian untuk melanjutkan kuliah. Semoga bermanfaat!! Untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya, kalian bisa terus mengunjungi Bintang Sekolah Indonesia.  Jangan lupa Terus semangat ya Sobat Bintang!

Respon (27)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *