7 Rekomendasi Kampus di Purwokerto Beserta Fakultas yang Ditawarkan

Kampus di Purwokerto – Hai Sobat Bintang!! Ada yang tau kota dengan julukan kota pensiunan? Pasti pada bingung yah, ya udah mimin kasih tau nih. Jawabannya yaitu kota Purwokerto. Kota ini terkenal dengan julukan kota pensiunan karena begitu banyaknya pejabat-pejabat negara yang pensiun dan menetap di kota ini.

Tak hanya kota pensiunan, kota ini juga mempunyai julukan lainnya lho, yakni sebagai kota wisata, kota kripik, dan kota transit. Di kota ini juga terdapat musium Bank Rakyat Indonesia, karena bank pertama kali berdiri berada di kota ini. Selain itu pendiri dari bank tersebut yakni Raden Bei Aria Wirjaatmadja putra daerah Purwokerto.

Di kota Purwekerto juga, terdapat perguruan tinggi yang berkualitas dan telah terakreditasi. Sama dengan kota-kota lain di Indonesia, perguruan tinggi yang ada di kota ini juga sekarang sudah cukup banyak. Nah, Khusus untuk Sobat Bintang, mimin sudah merangkum 7 rekomendasi kampus di purwokerto beserta fakultasnya. Simak baik-baik ya Sobat Bintang!!

Baca juga: 6 Rekomendasi Kampus di Pontianak Beserta Fakultas yang Ditawarkan

Kampus di purwokerto
Ilustrasi (Sumber: traveloka.com)

Berikut 7 Rekomendasi Kampus di Purwokerto Beserta Fakultas yang Disediakan:

1. Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

kampus di purwokerto

Rekomendasi kampus di purwokerto yang pertama yakni Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto. Kampus UNSOED Purwokerto merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang terltak di Purwokerto. Kampus ini berdiri sejak tahun 1963 dengan tiga fakultas, yakni Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, dan Fakultas Ekonomi.

Kini, kampus yang beralamat di Jl. Prof. HR. Bunyamin 708, Purwokerto ini telah memiliki fakultas dengan total dua belas fakultas. Kedua belas Fakutas tersebut yakni:

– Fakultas Pertanian

– Fakultas Biologi

– Fakultas Ekonomi dan Bisnis

– Fakultas Peternakan

– Fakultas Hukum

– Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

– Fakultas Kedokteran

– Fakultas Teknik

– Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan

– Fakultas Ilmu Budaya

– Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

– Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi laman resmi dari UNSOED Puwokerto.

2. Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Rekomendasi kampus di Purwokerto selanjutnya yakni ada Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). UMP merupakan perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Tengah bagian barat, yang terakreditasi B. Kampus ini telah berdiri sejak tahun 1965 dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Purwokerto. Pada awal berdiri, kampus ini hanya terdiri dari dua fakultas yakni Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Pendidikan Umum.

Kini, kampus yang beralamat di Jl. KH. Ahmad Dahlan, Purwokerto ini memiliki sebelas fakultas dan satu program pascasarjana. Kesebelas fakultas tersebut terdiri dari:

– Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

– Fakultas Ekonomi dan Bisnis

– Fakultas Teknik dan Sains

– Fakultas Pertanian

– Fakultas Agama Islam

– Fakultas Psikologi

– Fakultas Farmasi

– Fakultas Sastra

– Fakultas Hukum

– Fakutlas Ilmu Kesehatan

– Fakultas Kedokteran

Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi laman resmi dari UMP

3. Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Purwokerto

kampus di purwokerto

Rekomendasi kampus di Purwokerto berikutnya yakni ada Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Sejak tahun 2018, kampus yang terkenal dengan tagline Kuliah…? BSI Aja…!! ini telah resmi menjadi Universitas. Maka sejak saat itu semua program studi yang ada di kampus ini terbungkus ke dalam masing-masing fakultasnya. Kini, Universitas BSI memiliki tiga fakultas yang membungkus dengan total sembilan belas program studinya, yakni:

– Fakultas Teknik & Informatika

  • Teknologi Informasi (S1)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (S1)
  • Teknologi Komputer (D3)
  • Sistem Informasi (S1&D3)
  • Sistem Informasi Akuntansi (D3)
  • Teknik Elektro (S1)
  • Teknik Industri (S1)

– Fakultas Ekonomi & Bisnis

  • Manajemen (S1)
  • Akuntansu (D3 & S1 )
  • Administrasi Bisnis (D3)
  • Administrasi Perkantoran (D3)
  • Manajemen Pajak (D3)
  • Perhotelan (D3)

– Fakultas Komunikasi & Bahasa.

  • Ilmu atau Sains Komunikasi (S1)
  • Sastra Inggris (S1)
  • Hubungan Masyarakat (D3)
  • Penyiaran (D3)
  • Periklanan (D3)
  • Bahasa Inggris (D3)

Universitas BSI Kampus Perwokerto ini merupakan salah satu cabang UBSI yang berdiri pada tahun 2006. Kampus yang beralamat di Jalan Prof. Dr. Bunyamin No. 106, Purwokerto ini menyelenggarakan pendidikan vokasi dan menawarkan program siap kerja. Selain itu, kampus ini berfokus pada satu fakultas yakni Fakultas Teknik & Informatika. Hal ini menjadikan kampus ini menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin memiliki keahlian praktis di bidang Informatika.

Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi laman resmi dari Universitas BSI.

Baca juga: 10 Kampus Terbaik yang Menyediakan Kuliah Online

4. Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

Rekomendasi kampus di Purwokerto selanjutnya yakni Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto. UHB Purwokerto ini merupakan perguruan tinggi swasta yang berdiri di bawah Yayasan Pendidikan Dwi Puspita. Kampus ini berdiri sejak tahun 2002 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa Purwokerto.

Kampus yang beralamat di Jl. Raden Patah No. 100, Purwokerto ini memiliki tiga fakultas. Ketiga fakultas tersebut yakni:

– Fakultas Kesehatan

– Fakultas Sains

– Fakultas Sosial

Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi laman resmi dari UHB Pontianak.

5. Institut Teknologi Telkom Purwokerto

kampus di purwokerto

Rekomendasi kampus di Purwokerto berikutnya ada Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP). ITTP berdiri sejak tahun 2002. Kampus ini dikelola oleh Yayasan Pendidikan Telkom di bawah naungan PT. Telkom Indonesia. ITTP merupakan perguruan tinggi swata berbasis teknologi informasi yang berfokus pada bidang Healthcare, Agro-Industry, Tourism, dan Small Medium Enterprise (HATS).

Kampus yang beralamat di Jl. D. I. Panjaitan No. 128, Purwokerto ini memiliki tiga fakultas. ketiga fakultas tersebut terdiri dari:

– Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro

– Fakultas Informatika

– Fakultas Rekayasa Industri dan Desain

Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi laman resmi dari ITTP.

6.Sekolah Tinggi Teknik Wiworotomo Purwokerto

Rekomendasi kampus di Purwokerto yang lainnya yakni ada Sekolah Tinggi Teknik (STT) Wiworotomo Purwokerto. STT Wiworotomo Purwokerto merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang berdiri di bawah Yayasan Pendidikan Wiworotomo. Kampus yang berdiri sejak tahun 1983 ini sebelumnya dikenal dengan Akademi Teknik Wiworotomo (ATWI). Pada awal berdiri kampus ini hanya membuka dua program studi saja yakni Teknik Mesin (D3) dan Teknik Listrik (D3).

Kini, kampus yang beralamat di Jl. Semingkir No.1, Purwokerto Barat ini telah memiliki lima program studi. kelima program studi tersebut yakni:

  • Teknik Elektro (D3&S1)
  • Teknik Mesin (D3&S1)
  • Teknik Industri (S1)

Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi laman resmi dari STT Wiworotomo Purwokerto.

7. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Cipta Husada

Rekomedasi kampus di Purwokerto berikutnya yakni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Bina Cipta Husada. Stikes Bina Cipta Husada merupakan perguruan tinggi yang berdiri di bawah Yayasan Pendidikan Bina Cipta Husada. Kampus ini berdiri sejak tahun 2003 dan mulai beroperasi pada tahun 2005.

Kampus yang beralamat di Jl. Pahlawan No.V/6, Purwokerto ini memilki lima program studi. kelima program studi tersebut terdiri dari:

  • Kesehatan Masyarakat (S1)
  • Farmasi (D3&S1)
  • Kebidanan (D3)
  • TLM (D4)

Untuk informasi lebih lengkapnya kalian bisa mengunjungi laman resmi dari Stikes Bina Cipta Husada.

Baca juga: 10 Kampus Terbaik yang Menyediakan Kuliah Online

Nah, demikian 7 Rekomendasi Kampus di Purwokerto Beserta Fakultas yang Ditawarkan versi Bintang Sekolah Indonesia. Semoga bermanfaat!! Terus kunjungi Bintang Sekolah Indonesia untuk mendapatkan informasi yang menarik dan bermanfaat lainnya. Tetap semangat ya Sobat Bintang!!

Dinar Ismunandar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - Al-Baqarah Ayat: 286, Haii, perkenalkan nama saya DInar Ismunandar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (23)

  1. Memilih kampus harus ada pertimbangan, biar pas dijalan bisa dinikmati. Pelajaran mudah dipahami, prestasi pun bisa diukir. Dan bisa menentukan ke mana arah karier di masa depan.