KIP Kuliah 2021, Harus Tahu!

KIP Kuliah 2021 – Haii Sobat Bintang! Untuk kalian yang ingin melanjutkan kuliah tetapi memiliki keterbatasan ekonomi, kalian tidak usah khawatir.

Pada tahun 2020 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia resmi membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). Yuk sobat bintang, simak baik-baik ya seputar KIP Kuliah 2021 yang sudah mimin rangkum untuk kalian.

Baca juga : 2 Beasiswa Hebat Buat Kamu

KIP Kuliah 2021
Ilustrasi (Sumber: warta17agustus.com)

Berikut Penjelasan Seputar KIP Kuliah 2021

Apa itu KIP Kuliah?

KIP Kuliah merupakan program bantuan pendidikan untuk siswa/i lulusan SMA, SMK dan sederajat yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidkan. Penerima KIP Kuliah ini dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas atau akademi secara gratis. Beasiswa ini merupakan program pengganti Bidikmisi yang diluncurkan pemerintah sebelumnya.

Disamping itu, merangkum dari laman KIP Kuliah Kemendikbud, KIP Kuliah ini berbeda dengan beasiswa biasanya. Hal tersebut sesuai dengan penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Bahwa, beasiswa pada umumnya merupakan pemberian penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi. Sedangkan, KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan bagi yang memiliki potensi akademi baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

KIP Kuliah 2021

Kemendikbud akan melanjutkan program KIP kuliah ini di tahun 2021 sebagai bagian dari Program Indonesia Pintar (PIP). Nadim Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) telah menyampaikan hal tersebut terkait program prioritas Kemendikbud di tahun 2021. Di dalam penyampaiannya, Nadiem akan menargetkan 1 juta mahasiswa penerima KIP Kuliah di tahun 2021 ini.

Selain itu, pada KIP Kuliah 2021 ini Kemendikbud akan melakukan berbagai macam pembaruan dan revitalisasi dalam pendistribusian KIP Kuliah. Hal ini bertujuan untuk mendorong pendidikan yang berkualitas untuk mahasiswa sebagai penerus bangsa Indonesia. Selain itu, PIP dan KIP di tahun ini telah mengalami transformasi yang luar biasa, di berbagai macam daerah pun telah merasakannya.

Manfaat KIP Kuliah 2021

Setelah kalian memiliki KIP Kuliah dan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), kalian akan mendapatkan pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi. Seleksi itu meliputi ujian tulis berbasis computer, seleksi mandiri PTN dan PTS, serta seleksi lainnya.

Setelah kalian lulus, kalian akan mendapat pembebasan dari biaya kuliah/pendidikan yang akan kalian jalani. Dalam hal ini pemerintah akan membayarkan langsung ke perguruan tinggi yang kalian tuju. Kalian juga akan mendapat bantuan biaya hidup sebesar Rp. 700.000,- (tujuh ratus ribu rupiah) perbulan selama  jenjang pendidikan pilihan kalian. Jenjang pendidikan tersebut mulai dari selama 8 Semester (S1/D4), 6 semester (D3), 4 semester (D2), dan 2 semester (D1).

Baca juga : Cek Penerima Bansos BLT KPM PKH 3,5 Juta

Syarat Mendapatkan Beasiswa KIP Kuliah 2021

– Kalian harus merupakan siswa/i SMA, SMK atau sederajat yang akan lulus pada tahun belajar atau lulus dua tahun sebelumnya. Serta kalian memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.

– Kalian memiliki potensi akademik yang baik dan keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah. Dokumen ini bisa berupa Kartu Indonesi Pintar atau Kartu Keluarga Sejahtera.

– Kalian lulus dari seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN atau PTS yang terakreditasi A atau B. Namun dalam kasus tertentu, kalian mungkin bisa memilih kuliah di PTN atau PTS yang terakreditasi C.

Tidak Semua PTS Yang Menerima KIP Kuliah, Lantas Mana Saja?

KIP Kuliah telah memberikan akses kepada seluruh siswa di Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi demi menggapai cita-cita. Akses tersebut yakni jalur seleksi masuk SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, UMPN, Seleksi Mandiri PTN dan Seleksi Mandiri PTS.

Agar kalian bisa menikmati fasilitas KIP Kuliah 2021, kalian harus terlebih dahulu lulus dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru. Setelah itu diterima di PTN atau PTS yang terakreditasi A atau B. Namun dalam kasus tertentu, kalian mungkin bisa memilih kuliah di PTN atau PTS yang terakreditasi C.

Namun, tidak semua PTS menerima KIP Kuliah. Kalian hanya bisa memakai KIP Kuliah ini pada PTS yang SPP-nya sesuai dengan besarnya subsidi dari negara. Salah satu PTS yang menerima KIP Kuliah yakni Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Pada tahun 2020 PTS ini membuka 36 program studi, baik dari D3 maupun S1 yang menerima KIP Kuliah.

UBSI ini merupakan PTS yang selalu mengedepankan Teknologi Informasi dalam kegiatan di kampusnya. PTS ini juga merupakan kampus pertama yang menerapkan sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui aplikasi Android. Selain itu, adanya perkuliahan dengan sistem E-learning, ujian online, hingga Sistem Informasi Akademik Mahasiswa melalui aplikasi Android menjadikan PTS ini dikenal dengan sebutan cyber campus.

Untuk mengetahui secara pasti PTN dan PTS mana saja yang menerima KIP Kuliah, kalian bisa mengunjungi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Melalui laman Profil Perguruan Tinggi, kalian bisa mendapatkan informasi PTN dan PTS mana saja yang menerima KIP Kuliah beserta profilnya masing-masing.

Baca juga : Cek Kuota SNMPTN 2021

Itulah seputar KIP Kuliah 2021 yang sudah mimin rangkum. Semoga bermanfaat ya sobat bintang! Untuk informasi lainnya seputar pendidikan, kalian bisa terus kunjungi Bintang Sekolah Indonesia. Tetap semangat ya sobat bintang!

Dinar Ismunandar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - Al-Baqarah Ayat: 286, Haii, perkenalkan nama saya DInar Ismunandar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *