Pendaftaran SNMPTN 2021 Sebentar Lagi, Buruan !

  • Bagikan

Pendaftaran SNMPTN 2021 – Halo sobat bintang! Tidak terasa pendafataran SNMPTN tiinggal sebentar lagi ya! Sudahkah kalian melakukan registrasi akun LTMPT? Pastikan sudah ya, berhubung jadwal dari registrasi akun LTMPT paling lambat tanggal 1 Februari 2021 pukul 15.00 WIB.

Tahapan pendaftaran SNMPTN 2021 lainnya sampai terbukanya pendaftaran yakni penetapan siswa eligible dan pengisian PDSS oleh sekolah. Apa itu siswa eligible dan PDSS? Siswa eligible merupakan siswa yang telah memenuhi persyaratan registrasi seperti mengisi PDSS dan mempunyai prestasi serta nilai rapor yang baik. Sedangkan, PDSS yakni singkatan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa yang berisikan rakam jejak sekolah dan nilai rapor siswa.

Di sini mimin telah merangkum tahapan pendaftaran SNMPTN Tahun 2021. Simak baik-baik ya sobat bintang!

Baca juga: Cek Kuota SNMPTN 2021

pendaftaran snmptn 2021
bintangsekolahindonesia.com – jadwal pendaftaran snmptn 2021

Berikut Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2021

1. Cek Kuota SNMPTN 2021

pendaftaran snmptn 2021

Sebelum melakukan pendaftaran SNMPTN 2021 kalian harus mengecek kuota dulu yang telah diumumkan sejak 28 Desember 2020. setiap sekolah yang siswanya ingin mendaftar melalui jalur SNMPTN 2021 dapat mengeceknya di laman https://www.ltmpt.ac.id.

Pastikan kalian dan sekolah kalian sudah melakukan tahapan ini ya. Karena layanan pengecekan kuota ini paling lambat pada tanggal 15 Januari 2021 pukul 15.00 WIB.

2. Registrasi Akun LTMPT

pendaftaran snmptn 2021

Tahapan pendaftaran SNMPTN 2021 yang selanjutnya ini bersifat wajib untuk semua siswa kelas 12. Kalian wajib melakukan registrasi akun melalui laman portal LTMPT. Selain siswa, dari pihak sekolah pun harus mempunyai akun LTMPT. Bagi sekolah yang sudah mempunya akun LTMPT tidak perlu untuk registrasi kembali. Namun, bagi sekolah yang belum mempunya akun LTMPT wajib melakukan registrasi melalui laman portal LTMPT.

Pastikan kalian dan sekolah kalian sudah melakukan registrasi LTMPT yang di mulai 4 Januari 2021 ini ya. Karena pendaftaran akun ini paling lambat pada tanggal 1 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Selain itu, Pendaftaran akun LTMPT ini khusus untuk kalian yang lulus di tahun 2021 dan akan mengikuti SNMPTN 2021.

3. Penetapan Siswa Eligible dan Pengisian PDSS

pendaftaran snmptn 2021

Setelah melakukan registrasi akun LTMPT tahap pendaftran SNMPTN 2021 selanjutnya yakni Penetapan Siswa Eligible dan Pengisian PDSS. Perlu diingat, yang mengisi PDSS ini yakni dari pihak sekolah mulai dari tanggal 11 Januari 2021 sampai 8 Februari 2021. Untuk melakukan penggisian PDSS ini pihak sekolah bisa mengakses laman PDSS LTMPT dan telah login menggunakan akun yang telah terdaftar.

Setelah login, maka akan masuk ke laman Informasi Sekolah yang isinya tentang profil sekolah dan jurusan. Selanjutnya pihak sekolah dapat mengisi PDSS yang merupakan Finalisasi Data Sekolah. Ketua LTMPT telah menegaskan untuk melakukan finalisasi data sekolah agar bisa melakuakan proses selanjutnya.

Setelah selesai melakukan finalisasi data sekolah, pihak sekolah dapat menetapkan siswa eligible. Penentuan siswa eligible ini dilakukan dengan pemeringkatan siswa setiap jurusan dengan finalisasi ranking nilai setiap mata pelajaran siswa. Jika terdapat nilai yang sama sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik. Sedangkan, untuk penetapan siswa eligible oleh sekolah sendiri paling lambat pada tanggal 8 Februari 2021 pukul 15.00 WIB.

SNMPTN di tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang dapat diikuti oleh semua siswa. Untuk tahun ini LTMPT sudah mengumumkan dulu jumlah kuota untuk setiap sekolah. Misalkan, di suatu sekolah akreditasi A ada 100 siswa, maka sekolah itu bisa mendaftarkan 40 siswanya untuk menguti SNMPTN 2021. Jadi, sekitar 40 persen siswa dari suatu sekolah terakreditasi A yang bisa mengikuti SNMPTN 2021.

Baca juga: KIP Kuliah 2021, Yuk Cari Tahu!

4. Pendaftaran SNMPTN 2021

Tahap selanjutnya yakni melakukan pendaftaran SNMPTN 2021. Harus kalian ingat, yang bisa melakukan tahap ini adalah siswa yang telah ditetapkan sebagai siswa eligible oleh sekolahnya masing-masing. Kalian bisa melakukan pendaftaran SNMPTN 2021 ini mulai dari 15 Februari 2021 asmpa 24 Februari 2021 pukul 21.00 WIB.

Di sini kalian dapat memilih jurusan yang kalian inginkan paling banyak dua PTN. Untuk kalian yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio sebagai pelengkap. Kalian juga harus tahu bahwa, seleksi jalur SNMPTN ini berdasarkan kriteria dari masing-masing PTN-nya sendiri ya sobat bintang. Jadi, sebelum kalian memilih jurusan pertimbangkan dulu dengan sangat matang ya, tentunya sesuai dengan kriteria yang kalian miliki.

5. Pengumuman SNMPTN 2021

Setelah melakukan pendafataran SNMPTN 2021 pasti kalian menunggu pengumumannya keluar kan? Nah, pengumuman SNMPTN 2021 ini bisa kalian lihat pada tanggal 22 Maret 2021. Kalian yang lolos SNMPTN 2021 pastinya tidak dapat mengikuti UTBK-SBMPTN 2021 ya. Jadi, memang dari awal kalian jangan sembarangan memilih jurusan pada saat pendaftaran SNMPTN 2021. Kalian harus mempertimbangkannya secara matang terlebih dahulu.

6. Pendaftaran Ulang SNMPTN 2021

Setelah mengetahui kalian lulus SNMPTN 2021 kalian harus segera melakukan daftar ulang. Untuk Informasi pendaftaran ulang, kalian bisa langsung mengunjungi laman perguruan tinggi negeri yang kalian pilih.

Baca juga: Universitas yang Masih Membuka Pendaftaran

Nah, itulah tahapan pendaftaran SNMPT 2021 yang telah mimin rangkum khusus untuk sobat sekolah. Semoga bermanfaat ya! Untuk infomasi menarik dan bermanfaat lainnya kalian bisa terus kunjungi Bintang Sekolah Indonesia. Tetap semangat ya sobat!

  • Bagikan

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *