Yuk, Simak 7 Prospek Kerja Teknik Industri Ini Sebelum Kalian Memilih Jurusan!!

JAKARTA, Bintang Sekolah Indonesia – Halo Sobat Bintang!! Kali ini kita berbincang mengenai Prospek Kerja Teknik Industri sebelum kalian memilih jurusan kuliah. Sebelum itu, patut kalian keahui bahwa di revolusi industri 4.0 ini membuat pemanfaatan teknologi dan sektor manufaktur berbasis internet dan bisnis digital, semakin meningkat. Prospek kerja di bidang teknologi pun, kian hari semakin menjanjikan dan mungkin bisa menjadi referensi bagi kalian para generasi muda untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai.

Revolusi industri ini, identik dengan kemajuan teknologi yang dikenal dengan Internet of Things (IoT) yang memadukan internet, mesin dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). IoT merupakan kemampuan dasar analitik yang menjadi landasan perkembangan industri 4.0. Kemampuan dasar inilah yang dimiliki oleh lulusan teknik industri yang merupakan bidang ilmu di rekayasa, manajemen dan manusia.

Miwan Kurniawan selaku ketua Program Studi (prodi) Teknik Industri Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menjelaskan bahwa, prodi Teknik Industri memiliki keunggulan dalam mengarahkan lulusan yang kompeten di bidang teknik dan manajemen industri, dalam memenuhi tuntutan dunia kerja dan wirausaha.

“Prodi Teknik Industri memiliki keunggulan kurikulum yang mampu menciptakan lulusan berkompeten di bidang teknik dan manajemen industri, dalam memenuhi tuntutan dunia kerja dan wirausaha. Selain itu, jurusan Teknik Industri memiliki prospek kerja yang sangat luas terutama di era digital saat ini,” ujar beliau dalam keterangan pers, Senin (3/1).

Baca Juga : Jurusan Teknik Industri, Lulus Dengan Kemampuan Yang Serba Bisa

Prospek kerja teknik industri
Ilustrasi, Prospek kerja teknik industri

7 Prospek Kerja Teknik Industri

Setelah memahami penjelasan singkat tadi di atas, yuk kita cari tahu karier seperti apa sih bagi lulusan Teknik Industri ini? Simak baik-baik ya Sobat Bintang 7 prospek kerja Teknik Industri, yang telah mimin kutip dari beberapa sumber di bawah ini:

1. Production Engineer

Prospek kerja Teknik Industri yang pertama ada Production Engineer. Merancang desain produk, serta menguji prototipe menjadi tugas utama seorang product engineer. Profesi ini merupakan mereka yang akan memahami terlebih dahulu kebutuhan pelanggan, sebelum menerjunkan sebuah produk ke pasaran.

Skill yang harus kalian miliki jika ingiin menjadi seorang product engineer adalah teamwork, berpikir kreatif, problem solving, komunikasi interpersonal, dan kemampuan analisis.

2. Quality Engineer

Ilustrasi, Quality Engineer prospek kerja teknik industri – (sumber: cognicert.com)

Prospek kerja Teknik Industri yang kedua ada Quality Engineer. Profesi satu ini, dianggap paling penting dalam sebuah perusahaan. Tugasnya yang menjamin semua mutu material dan mutu hasil pelaksanaan, sudah sesuai dengan ketentuan dalam dokumen kontrak.

Sehingga, seorang quality engineer harus memahami semua standar prosedur pengujian dan pengetahuan mengenai teknologi. Jika kalian berminat dengan profesi ini, kalian harus memahami konsep kualitas, total quality cost, quality tools, kontrol proses statistik, manajemen mutu dan variabel data.

3. Operations Consultant

Prospek kerja Teknik Industri yang ketiga ada Operations Consultant. Profesi satu ini, akan bekerja sama dengan klien untuk memberikan dukungan terhadap efisiensi value chain. Layanan yang diberikan operation consultant, termasuk penerapan dan pengembangan model target layanan, serta melakukan program yang mengurangi biaya dan optimalisasi proses bisnis.

Ketika kalian memilih terjun berkarier sebagai seorang operations consultant, kalian harus bertanggung jawab dalam proses bisnis fungsional, sistem manajemen, implementasi perubahan model hingga value chain.

4. Robotic Engineer

Ilustrasi, Robotic Engineer prospek kerja teknik industri – (sumber: careergirls.org)

Prospek kerja Teknik Industri yang keempat ada Robotic Engineer. Perkembangan teknologi saat ini merupakan tanggung jawab yang dibebankan kepada robotic engineer untuk menciptakan proses otomatisasi dan robotika yang berperan untuk meringankan pekerjaan manusia.

Robot berperan penting dalam bidang industri, ilmu nuklir, layanan dan transmisi listrik. Juga dalam peralatan biomedis, aerospace, hingga teknologi kelautan. Skill yang harus kalian miliki jika tertarik menjadi seorang robotic engineer adalah pemanfaatan gabungan antara teknik komputer, mesin, listrik, mekanik biologi hingga software.

5. Data Engineer

Prospek kerja Teknik Industri yang kelima ada Data Engineer. Lulusan teknik industri juga bisa berkarier sebagai data engineer lho, tugasnya yakni untuk mempersiapkan infrastruktur data. Penuh ketelitian dan detail, profesi yang satu ini bertanggung jawab dalam mempersiapkan produksi data, baik dalam format, reliabilitas data, skalabilitas hingga keamanan sebuah data.

Jika kalian tertarik dengan profesi yang satu ini, kalian harus memiliki latar belakang kemampuan sebagai software engineer dan skill bahasa pemrograman seperti python, R dan SQL.

6. Actuarial Analyst

Ilustrasi, Actuarial Analyst prospek kerja teknik industri – (sumber: aegonlife.com)

Prospek kerja Teknik Industri yang keenam ada Data Engineer. Memprediksi kemungkinan terjadinya pandemi, gempa bumi, angin topan, hingga terorisme merupakan salah satu pekerjaan actuarial analyst. Kemampuan dalam menganalisis dan menghitung berbagai kemungkinan yang terjadi menjadi skill yang harus dimiliki oleh profesi satu ini.

Jika kalian berminat pada profesi ini, biasanya kalian akan bekerja dalam bidang industri asuransi yang dapat menggunakan model statistik dalam menganalisis kecelakaan, kerusakan properti, cedera dan kematian.

7. Cost Engineer

Prospek kerja Teknik Industri yang terakhir ada Cost Engineer. Profesi satu ini bertugas untuk mengendalikan pengeluaran dalam suatu proyek dengan memperhatikan kualitas dan integritas struktural. Umumnya, jika kalilan lulus di teknik industri dan ingin berkarier sebagai cost engineer, kalian akan bekerja pada bidang konstruksi. Karena, pekerjaan tersebut sangat membutuhkan profesi ini.

Cost engineer berperan dalam mulai pembelian material yang akan digunakan dan memastikan keuntungan yang diperoleh, hingga melakukan produksi dari bahan mentah untuk keseimbangan biaya sampai kemungkinan terjadi limbah. Jika kalian tertarik terjun menjadi seorang cost engineer, kalian harus memiliki skill teori estimasi dalam pembelian material guna menciptakan strategi bisnis yang sukses.

Baca Juga : Jurusan Teknik Industri Miliki Prospek Kerja yang Sangat Luas

Saat ini, Universitas BSI program studi Teknik Industri (S1,) masih memberikan peluang kepada masyarakat umum untuk melanjutkan pendidikan dengan membuka periode pendaftaran gelombang 1 untuk periode kuliah bulan September 2022 mendatang.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di kampus ini, dimulai pada tanggal 1 Oktober 2021 hingga 2 Februari 2022 untuk gelombang 1. Bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar, hanya perlu mengunduh aplikasi PMB UBSI di playstore atau mengunjungi laman http://pendaftaran.bsi.ac.id.

Selain itu, Universitas BSI juga membuka kelas karyawan, bagi mereka yang ingin bekerja sambil bekerja. Pembayaran di kampus ini juga bisa dengan angsuran, dengan total biaya Rp. 600 ribuan, perbulannya, melalui platform Danacita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.