Ingin Menjadi Developer? 5 Soft Skill Ini Wajib Kalian Miliki

  • Bagikan

Jakarta, Bintang Sekolah Indonesia – Halo Sobat Bintang!! Harus kalian ketahui, kemampuan dan skill programming saja tidak cukup untuk menjadi developer sukses. Selain hard skill, kalian juga perlu memiliki soft skill untuk menunjang skill yang kalian miliki untuk menjadi seorang developer sukses.

Tidak sedikit orang dengan kemampuan tinggi di bidang programming, namun tidak memiliki kesuksesan di bidang kerjanya. Salah satunya karena mereka kurang baik dalam komunikasi. Selain itu juga, terkadang programmer susah dalam bersosialisasi. Sehingga perusahaan kadang lebih mempertimbangkan untuk menerima developer yang memiliki tambahan soft skill.

Untuk kalian yang ingin sukses menjadi developer, setidaknya kalian harus memiliki soft skill yang bagus. Berikut lima soft skill ini bisa menjadi kunci yang benar-benar membuat kalian menjadi pengembang atau developer perangkat lunak yang sukses.

Baca Juga : Ingin Menjadi Technopreneur? 8 Jurusan Ini Cocok Bagi Kalian

Berikut 5 Soft Skill Penting Untuk Menjadi Developer Sukses

1. Komunikasi yang efektif

Ilustrasi, komunikasi yang efektif menjadi developer – (sumber: softskill.asia)

Menjadi Developer memegang tanggung jawab membangun perangkat lunak, dan ini merupakan pekerjaan tim. Jadi, Developer dalam membangun perangkat lunak tentu harus memiliki soft skill untuk berkomunikasi dengan tim. Komunikasi yang efektif dan baik, sangat penting karena perbedaan pengalaman, keyakinan, bias, dan pengetahuan yang berbeda di dalam tim.

Bagaimanapun juga, sistem yang nantinya kalian rancang akan meniru struktur komunikasi organisasi kalian. Komunikasi yang buruk antara anggota tim akan menghasilkan produk yang buruk juga, seperti yang dijelaskan oleh Hukum Conway.

Pengembang perangkat lunak terbaik, harus bisa mengomunikasikan konsep teknis yang kompleks. Sehingga, komunikasi yang baik penting untuk bisa menyampaikan konsep kepada orang-orang non-teknis atau orang teknis yang masih belajar.

2. Empati

Salah satu hal yang jarang Developer miliki adalah empati. Sebagai Developer atau pengembang perangkat lunak, harus memiliki sifat empati untuk mengetahui tujuan produk.

Developer yang baik, harus peduli dengan tujuan mereka membangun, dan mereka berusaha memahami orang yang mereka bantu. Ada latihan manajemen produk umum yang disebut Pemetaan Empati, yang berfokus pada menguraikan dengan jelas bagaimana pengguna berpikir, merasakan, dan berinteraksi dengan produk.

Dengan memahami perilaku dan perasaan pengguna, kalian juga dapat dengan mudah membangun produk yang benar-benar akan mereka gunakan sebagaimana maksud dan tujuan produk kalian.

Bahkan, sebagai pengembang dalam tim, memahami dan menerima pendapat dari rekan satu tim untuk peningkatan produk secara keseluruhan.

3. Kreativitas

Ilustrasi, kereativitas menjadi developer – (sumber: brtnetwork.id)

Salah satu kekuatan terbesar dari setiap developer perangkat lunak adalah kemampuan mereka untuk mengembangkan kreativitasnya. Ketika masalah muncul, pengembang kreatif mengetahui, bahwa solusi mungkin sudah ada. Dan ketika tidak, pengembang tidak takut untuk melakukan brainstorming sebagai solusi baru.

Sebagai pengembang perangkat lunak, kalian harus mengeksplorasi kemungkinan, menimbang berbagai teknologi dan keterampilan tim kalian. Setelah mendapatkan beberapa pengalaman untuk memahami teknologi apa yang ada, kreativitas menggabungkan solusi ini menjadi lebih mudah.

4. Keandalan

Selain kemampuan untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan, tapi keandalan dalam mengatur waktu, tugas, dan lain sebagainya harus juga kalian miliki. Dalam sebuah tim, orang-orang akan mengandalkan kalian untuk menyelesaikan pekerjaan kalian sendiri.

Jika kalian bisa diandalkan, tidak ada yang perlu memeriksa progres kalian. Keandalan kalian membuktikan bahwa kalian dapat mengambil tanggung jawab.

Para pemimpin menginginkan pengembang perangkat lunak yang tidak hanya pintar dalam programming. Tapi juga yang bisa memiliki inisiatif tanpa harus disuapi dan dapat diandalkan.

Percaya atau tidak, meskipun memiliki kemampuan, tidak sedikit juga orang yang tidak dapat diandalkan. Menjadi developer yang andal akan menjadikan kalian sebagai orang yang tepat untuk tugas dan peluang baru.

5. Rasa ingin tahu yang tinggi

Ilustasi, rasa ingin tahu yang tinggi menjadi developer – (sumber: popmama.com)

Ada beberapa orang yang tidak pernah bertanya dan merasa jika ia sudah tahu semuanya. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, juga merupakan salah satu soft skill yang harus developer perangkat lunak miliki.

Industri teknologi ini, merupakan salah satu industri yang tidak mudah mati. Programming juga kerap kali menghasilkan inovasi-inovasi baru yang mungkin saja belum kita ketahui.

Jika kalian stuck maka kalian tidak bisa berkembang. Untuk itu penting sekali untuk seorang developer, memiliki rasa ingin tahu atau penasaran yang tinggi. Pasar industri teknologi, selalu ada lebih banyak untuk kalian pelajari.

Pengembang yang ingin tahu adalah mereka yang mempertanyakan status quo, menjelajahi teknologi baru, dan suka belajar. Mengajukan pertanyaan untuk menantang cara yang selalu dilakukan adalah cara yang bagus untuk mempercepat tim kalian maju.

Bertanya adalah kesempatan kalian untuk meningkatkan diri, tim, dan produk kalian. Pengembang yang ingin tahu adalah mereka yang paling banyak mendorong perubahan.

Baca Juga : 10 Bahasa Pemrograman Paling Populer, Kalian Harus Tahu!

Nah, itulah lima soft skill yang harus kalian kuasai jika ingin menjadi developer yang sukses. Karena, untuk membangun karier di dunia developer atau pengembang perangkat lunak yang sukses, kalian harus memiliki banyak soft skill. Kalian yang ingin berkarier di bidang developer dan ingin mendapatkan soft skill bisa masuk kuliah.

Di dunia kuliah, kalian bisa mendapatkan soft skill yang sudah mimin jelaskan diatas. Bagi kalian yang ingin kuliah di jurusan IT, kalian bisa memilih kampus dengan jurusan yang nantinya akan menunjang karier kalian di bidang developer serta yang memberi kalian soft skill tidak hanya hard skill.

Salah satu kampus yang menyediakan keduanya adalah kampus Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dengan Fakultas Teknik & InformatikaTeknologi Informasi. Program studi (prodi) yang bisa kalian pilih antara lain prodi Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknologi Informasi, Teknologi Komputer dan Ilmu Komputer.

Tertarik untuk kuliah di Universitas BSI? Jika ingin daftar ke Universitas BSI tidak perlu risau. Kini Universitas BSI membuka pendaftaran online yang bisa diakses dari Android, maupun website.

Universitas BSI sudah membuka pendaftaran untuk periode Maret 2022, sejak 1 Oktober 2021 hingga 01 Desember 2021. Untuk kalian pengguna android bisa menggunakan aplikasi PMB UBSI di PlayStore, atau bisa melalui website https://bsi.pmbonline.id/.

  • Bagikan

Respon (9)

  1. Semoga bisa nantinya akan menunjang karier di bidang developer serta yang memberi kalian soft skill tidak hanya hard skill.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *