Mengenal Penemu dan Jenis Mikroskop

mikroskop-penemu

Mengenal Penemu dan Jenis Mikroskop – Sobat pasti tahu, Mikroskop berfungsi untuk melihat dan mengamati benda-benda yang sangat kecil. Benda yang sangat kecil ini adalah benda yang tidak bisa dilihat secara kasat mata, atau biasa disebut sebagai benda mikroskopis.

Mikroskop berasal dari bahasa Yunani (micros = kecil dan scopein = melihat) adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata kasar. Ilmu yang mempelajari benda kecil dengan menggunakan alat ini disebut mikroskopik yang artinya sangat kecil dan tidak mudah dilihat oleh mata.

Penemu Mikroskop

Tahukah sobat siapa penemu Mikroskop? Orang yang berhasil menemukan mikroskop adalah Hans dan Zacharias Janssen yang berasal dari Belanda. Ternyata Hans Janssen dan anaknya, Zacharias Janssen, adalah orang yang membuat kacamata di abad ke-16. Hebat ya mereka sobat?

Jenis Mikroskop

Saat ini mikroskop pada umumnya dibagi menjadi 2, yakni: mikroskop cahaya (mikroskop optic) dan mikroskop elektron. Beberapa jenis mikroskop yang diantaranya:

  1. Biological Microscope
  2. Stereo Microscope
  3. Fluorescence Microscope
  4. Monokuler Microscope
  5. Binokuler Microscope
  6. Trinokuler Microscope
  7. Peran dan Kegunaan Miskroskop

mikroskop-jenis

Mikroskop termasuk penemuan mutakhir loh sobat, karena dapat memberikan sumbangsih besar bagi dunia medis dan farmasi di dunia. Bukan menjadi hal yang tidak mungkin jika mikroskop yang akan datang jauh lebih canggih dari mikroskop yang ada sekarang.

Baca Juga: Jadwal Revisi UTBK dan SBMPTN 2020

Misalnya pencitraan dari objek yang kecil akan terlihat jauh lebih besar dan detail. Untuk itu diperlukan ilmuwan-ilmuwan muda yang menyumbangkan idenya dan mengembangkan alat ini menjadi sebuah alat yang jauh lebih hebat.

Saat ini ada loh mikroskop yang sangat terjangkau, berbahan kertas dan kalian bisa mencoba melihat dunia micro dirumah atau dimanapun dengan mudah, hebat ya perkembangan teknologi saat ini sobat?

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *