Tips Belajar Online Supaya Tidak Malas

Penyebaran Virus Corona (Covid-19) di indonesia membuat banyak Sekolah dan Universitas menghentikan pembelajaran dengan tatap muka seperti biasanya. Sebagai gantinya, pembelajaran di tengah masa penyebaran Corona sekarang dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh/remote learning.

Menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim juga berupaya membangun kerja sama dengan berbagai pihak yang fokus dengan pengembangan sistem pendidikan daring atau pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jauh ini tentunya membuat berbagai belah pihak merasa keberatan atau perlu menyesuaikan dengan sistem pembelajaran daring ini. Lalu bagaimana caranya agar pembelajaran secara daring dapat dilakukan secara efektif?

Baca Juga: Tips menjadi seorang youtuber dan enterpreneur, Garasi Drift & Ordeture

Berikut Tips Belajar Online Supaya Tidak Malas

1.Mengelola waktu dengan baik

Atur waktu belajar sobat agar sobat tidak mengulur-mengulur waktu dalam mengerjakan tugas yang di berikan. Fokus dan mengerjakan tugas yang di berikan secara tepat waktu, dengan komitmen waktu dalam mengerjakan tentunya akan lebih mudah bila sekolah menerapkan pengerjakan tugas dengan di batasi waktunya. Dengan adanya manajement waktu maka akan mempermudah sobat dalam proses belajar mengajar.

2.Berada di Tempat yang nyaman

Pastikan tempat yang akan digunakan untuk belajar nyaman. Pada saat sobat belajar berada di tempat yang nyaman merupakan salah satu kunci agar tetap fokus dalam belajar. Sobat bisa mencari tempat area belajar dan membuat tempat belajar senyaman mungkin sehingga pada saat belajar akan nyaman dan akan menambah semangat.

3.Menyiapkan Perangkat yang di gunakan

Dalam pembelajaran daring ini tentunya sobat memerlukan perangkat atau alat yang mendukung untuk proses belajar, baik itu leptop, smartphone, komputer, saklar listrik untuk mengisi daya ketika pembelajaran sedang berlangsung sehingga ketika dayanya habis tidak menggangu proses belajar. Pastikan juga perangkat yang sudah di siapkan terhubung kejaringan internet karna pembelajaran di lakukan secara daring maka kita sangat membutuhkan jaringan internet.

4.Komunikasi dengan pengajar dan Teman belajar

Meskipun sobat belajar dengan jarak jauh dengan pengajar, bukan berarti sobat tidak ada komunikasi dengan guru dan teman loh. Sobat harus tetap berkomunikasi untuk menanyakan tugas atau deadline tugasnya. Sobat juga bisa membentuk group chat khusus untuk membahas tugas yang diberikan selama proses pembelajaran. Dengan adanya pembelajaran daring bukan berarti sobat bebas bersantai dan menunda tugas yang diberikan, tetapi sobat juga harus tepat waktu dan tetap bersemangat mengerjakan tugas sesuai dengan perintahnya sehingga sobat tidak tertinggal dengan pelajaran yang diberikan.

5.Menjaga Kebersihan

Disaat masa pendemi Covid-19 ini menjaga kebersihan merupakan hal terpenting yang harus dilakukan. Rajin mencuci tangan dengan sabun, memberisihkan perangkat belajar sobat baik itu leptop, komputer, atau smartphone secara berkala. Selama pendemi ini ketika sobat akan keluar rumah di wajibkan untuk menggunakan masker guna menjaga diri sobat dari keramaian diluar.
Sekian Tipsnya semoga bermanfaat. Apapun keadaanya dan di manapun kalian berada jagalah kesehatan karna kesehatan adalah nomer satu dan tetaplah semangat dalam belajar karna menentut ilmu itu tidak harus di sekolahan kalian bisa mendapatkan ilmu dimanapun kalian berada. Semangat belajar di tengah pendemi Covid-19 ini.

Fanny Fatma Wati

"Tidak pernah ada kata terlambat atau terlalu cepat, Semuanya terjadi pada waktu yang telah ditetapkan" Keep semangat

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *