Beasiswa LPDP Kembali Dibuka, Ini Tips Buat Esai yang Baik dari Schoters

JAKARTA, Bintang Sekolah Indonesia – Halo Sobat Bintang!! Kali ini mimin punya tips buat esai yang baik bagi kalian dari Schoters khususnya yang akan mengikuti seleksi beasiswa LPDP. Apa itu LPDP? LPDP merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Nah, kali ini lembaga ini kembali membuka pendaftaran beasiswa lho sobat bintang!!

Pada Beasiswa LPDP Tahap 1 ini, terdapat tiga jenis seleksi yang harus kalian lewati. Seleksi tersebut terdiri dari Seleksi Administrasi yang sedang berlangsung saat ini hingga 27 Maret 2022, Seleksi Bakat Skolastik, dan Seleksi Substansi.

Di samping itu, kalian juga perlu menyiapkan berbagai dokumen yang nantinya akan diunggah atau diisi di aplikasi pendaftaran, seperti LoA Unconditional, proposal penelitian bagi pelamar program pendidikan doktor, Surat Rekomendasi, Surat Pernyataan, Surat Usulan, sertifikat kemampuan bahasa Inggris, hingga karya tulis ilmiah atau esai Kontribusi untuk Indonesia.

Baca Juga : 10 Tips Cepat Dapat Kerja, Fresh Graduate Wajib Simak Ini!

Tips Buat Esai yang Baik
Ilustrasi, Tips Buat Esai yang Baik

Tips Buat Esai yang Baik dari Schoters

Radyum Ikono, CEO Schoters yang merupakan platform edutech untuk akses pendidikan luar negeri termasuk jalur beasiswa mengungkapkan, bahwa pelamar harus menerapkan strategi yang tepat saat hendak mempersiapkan esai.  Pelamar harus mengetahui tips buat esai yang baik agar bisa menghasilkan tulisan yang menarik dan dapat meyakinkan tim penyeleksi.

“Esai yang dibuat pelamar harus bisa menjawab kemauan pemberi beasiswa. Dalam konteks ini, pelamar perlu memahami latar belakang LPDP menyelenggarakan beasiswa yakni sebagai investasi negara untuk membangun Indonesia. Pastikan potensi diri, gagasan, dan komitmen pelamar untuk membangun negeri ditulis dengan kerangka penulisan yang baik dan dijabarkan menggunakan bahasa yang mudah dipahami,” ungkap Radyum dalam rilis yang diterima (10/3).

Sebelum masuk ke dalam tips buat esai yang baik, pada Seleksi Administrasi ini pelamar akan diminta membuat sebuah esai mengenai kontribusi untuk negeri, yang dijabarkan ke dalam tiga poin penting, yakni:

  • Poin pertama adalah komitmen kembali ke Indonesia, yang menjelaskan keseriusan pelamar membangun Indonesia setelah menyelesaikan pendidikan.
  • Lalu rencana pasca-studi, yang menceritakan kegiatan yang akan dilakukan pelamar setelah lulus dengan memaksimalkan bidang ilmu yang telah didapatkan.
  • Serta yang terakhir adalah rencana kontribusi di Indonesia, berupa pengembangan ide visioner yang dapat memberi solusi atas permasalahan di Indonesia.

Ketiga poin di atas perlu dideskripsikan ke dalam 1.500 hingga 2.000 kata secara terstruktur, sistematis, dan tanpa mengulang poin yang sama. Di samping itu, ada juga tahapan atau tips buat esai yang baik hingga di submit saat pendaftaran, sebagai berikut:

  • Dalam proses pembuatan esainya pun pelamar sebaiknya menyediakan waktu cukup agar hasilnya maksimal.
  • Setelah selesai menulis, pelamar bisa meluangkan satu atau dua hari sebelum melakukan submission untuk meminta pihak berkompeten melakukan review dan memberi masukan. Bisa dari dosen atau rekan yang memiliki pengalaman sukses menembus beasiswa LPDP.
  • Lihat Sudut pandang mereka, hal ini akan membantu pelamar membuat tulisan yang lebih komprehensif, dengan sudut pandang yang lebih luas.

LPDP  ini juga merupakan salah satu beasiswa bergengsi yang memberikan banyak manfaat bagi penerimanya. Selain biaya pendidikan yang ditanggung penuh, lulusan beasiswa LPDP memiliki peluang kerja yang besar karena dianggap telah berhasil melewati seleksi ketat dan berkualitas.

Seperti yang dipaparkan di website resmi Kementerian Keuangan RI, sejak tahun 2012 hingga 2021, LPDP tercatat telah mendanai lebih dari 29 ribu orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Hingga saat ini, para alumni tersebut bekerja di sektor publik (61,9%), privat (35,8%) dan swasta (2,3%).

Baca Juga: 7 Tips Mendapatkan Angel Investor Bagi Kalian Pelaku StartUp

Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan RI juga menyampaikan harapannya untuk penerima beasiswa LPDP pada pembukaan resminya secara daring.

“Mereka (para penerima beasiswa LPDP) sekolah di universitas terbaik dunia sehingga mereka memiliki kemampuan dan juga kesempatan belajar dari orang-orang terbaik universitas perguruan tinggi di dunia yang terbaik untuk menjadi bekal Anda. Tidak menjadi bekal untuk memperkaya diri sendiri, tapi untuk berbakti dan memberikan bagi Indonesia kembali,” ujarnya.

Di sisi lain dalam pemaparan tips buat esai yang baik, Radyum menambahkan, “Dengan melanjutkan pendidikan lewat beasiswa LPDP, pelajar Indonesia tidak hanya mendapat fasilitas dan sarana pendidikan secara penuh, tetapi juga diberi kesempatan untuk mengaktualisasikan kepeduliannya dengan diberi kesempatan berkontribusi secara langsung untuk Indonesia,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *