10 Tips Cepat Dapat Kerja, Fresh Graduate Wajib Simak Ini!

Tips Cepat Dapat Kerja – Halo Sobat Bintang!! Kali ini kita akan membahas tips cepat dapat kerja bagi kalian yang merupakan fresh graduate. Memiliki pekerjaan dengan gaji yang tinggi dan stabil merupakan impian setiap orang. Setelah kalian menyelesaikan bangku pendidikan dan lulus sekolah atau kuliah, tentunya hal yang dilakukan selanjutnya adalah melamar pekerjaan.

Tentunya, persaingan di dunia kerja juga semakin ketat dan butuh tips dan trik agar bisa cepat dapat kerja. Untuk itu, bagi kalian yang merupakan fresh graduate yang sedang mencari kerja, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian coba agar bisa cepat dapat kerja.

Baca Juga : Peluang dan 5 Tips Membangun Startup, Kalian Harus Tahu!

tips cepat dapat kerja
Ilustrasi, tips cepat dapat kerja

Berikut 10 Tips Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate

1. Memperluas Koneksi

Tips cepat dapat kerja yang pertama yakni dengan memperluas konekasi. Sudah bukan lagi menjadi rahasia umum, jika memiliki koneksi yang luas merupakan salah satu faktor agar kalian cepat dapat kerja. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memperluas koneksi, salah satunya adalah saat merasa membutuhkan pekerjaan.

Memiliki banyak kenalan akan sangat membantu dalam memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan yang ada. Tak jarang, koneksi tersebut juga bisa saja menawarkan kalian suatu pekerjaan saat merasa membutuhkan tenaga kerja tambahan.

Selain itu, karena adanya koneksi atau kenalan, kalian bisa mendapatkan informasi yang lebih. Selain jenis pekerjaannya, kalian juga bisa dapat informasi mendetail seperti gaji, kelebihan, serta kekurangan dari pekerjaan tersebut. Selain itu, tentunya akan mengurangi tingkat persaingan.

2. Manfaatkan Internet

Tips cepat dapat kerja yang kedua yakni dengan memanfaatkan Internet. Mungkin kalau zaman dulu, melamar pekerjaan dilakukan secara door to door ke perusahaan. Namun saat ini, dengan perkembangan teknologi yang pesat ini, memperoleh informasi lowongan pekerjaan di internet lebih mudah. Sehingga, banyak lowongan pekerjaan yang bisa apply lamaran pekerjaan dengan lebih mudah.

Tips untuk dapat kerja dengan cepat salah satunya dengan memanfaatkan internet untuk mencari pekerjaan. Sekarang ini, sudah banyak website yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan misalnya, Linkedln, Jobstreet, JobsDB, Jobs.id, Karir.com dan lain sebagainya. Selain website, kalian juga bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, dll.

3. Menghadiri ‘Job-Fair Events’

Ilustrasi, job fair cara cepat dapat kerja – (sumber: thehansindia.com)

Tips cepat dapat kerja yang ketiga yakni dengan menghadiri ‘Job-Fair Event’. Selain mencari pekerjaan secara online, menghadiri job fair juga akan memberikan banyak informasi lowongan pekerjaan. Seleksi calon karyawan juga kerap kali ada selama acara job fair berlangsung atau yang sering disebut walk in interview.

Job fair events biasanya berlangsung di aula atau hall yang siap menampung ratusan atau bahkan ribuan calon pelamar kerja dari berbagai kalangan. Ini juga salah satu tips yang bisa membantu kalian cepat untuk kerja. Sebaiknya selain hadir, kalian juga harus membawa beberapa CV dan surat lamaran kerja untuk mempermudah proses. Jadi, saat acara berlangsung, bisa sekalian melamar pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang kalian kuasai.

4. ‘Apply’ CV secara ‘Online’

Tips cepat dapat kerja yang keempat yakni dengan mengirimkan CV secara online. Saat ini banyak perusahaan yang menerapkan apply CV dilakukan secara online. Biasanya, CV dikirimkan ke alamat email perusahaan yang nantinya akan langsung diseleksi oleh pihak HRD.

Dengan adanya sistem rekrutmen seperti ini, tentunya akan membawa keuntungan tersendiri untuk kalian yang bisa memanfaatkan internet untuk mencari pekerjaan. Selain itu, kalian tidak perlu mengunjungi kantor satu per satu. Kalian juga dapat mengirim CV ke puluhan alamat email perusahaan secara serempak dalam waktu yang singkat.

5. Tunjukkan Keahlian

Tips cepat dapat kerja yang kelima yakni dengan menunjukkan keahlian. Memiliki suatu kelebihan, saat melamar pekerjaan akan memberi poin tersendiri. Untuk itu, usahakan kalian bisa menguasai sebuah bidang keahlian. Tips dapat kerja dengan cepat yang satu ini tidak harus skill berat. Salah satu contoh keahlian yang bisa kalian pelajari dan tunjukkan adalah kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan negosiasi, dll.

Selain itu, kalian juga punya poin tambahan dengan memiliki kemampun berbicara Bahasa Inggris yang bagus, jangan lupa sertakan bukti konkritnya, yang biasanya berbentuk sertifikat. Ini akan menunjukkan bahwa kalian memang pribadi yang capable dan perusahaan akan mempertimbangkannya.

6. Pastikan Data pada CV Sudah Lengkap

Tips cepat dapat kerja yang keenam yakni dengan memastikan kelengkapan data pada CV. Hal ini bisa dibilang hal simple, akan tetapi sering kali orang abaikan, yaitu kelengkapan data di CV. Kebanyakan dari pelamar kerja hanya mencantumkan data yang umum saja. Padahal semakin lengkap kalian mencantumkan data pribadi pada CV, maka akan memiliki peluang yang besar untuk diterima di perusahaan.

Berikut data yang harus kalian pastikan ada pada CV, di antaranya:

  • Data pribadi: nama lengkap, tempat/tanggal Lahir, alamat, nomor telepon yang aktif, alamat email formal;
  • Deskripsi diri yang ringkas tapi menarik;
  • Pendidikan;
  • Pelatihan;
  • Pengalaman kerja;
  • Keahlian;
  • Prestasi;
  • Organisasi;
  • Refrensi dari orang yang mengetahui tentang diri kalian. Jangan lupa cantumkan nama, jabatan, perusahaan tempat bekerja, telepon dan email orang tersebut.

7. Buat CV yang Menarik

Ilustrasi, CV yang menarik tips cepat dapat kerja – (sumber: ecentral.my/)

Tips cepat dapat kerja yang ketujuh yakni dengan membuat CV yang menarik. Selain membuat Curiculum Vitae atau CV yang lengkap, membuatnya menjadi menarik juga bisa menambah peluang kalian diterima di perusahaan semakin besar. Karena CV memang menjadi hal paling pertama dilihat oleh perusahaan sebelum melihat yang lainnya.

Bukan cuma isinya saja yang diperhatikan perusahaan, tapi juga desain pada CV. Jangan sembarang dalam membuat CV, sebab kalian juga perlu perhatikan beberapa poin penting, di antaranya:

  • Template yang rapi;
  • Pemilihan huruf yang tepat;
  • Pastikan ukuran huruf cukup jelas untuk dibaca;
  • Gunakan kombinasi warna yang bagus.

8. Buat Surat Lamaran Kerja dengan Benar

Tips cepat dapat kerja yang kedelapan yakni dengan membuat surat lamaran kerja dengan benar. Setelah CV, Surat lamaran juga menjadi poin penting bagi pelamar kerja. Untuk fresh graduate, mungkin masih banyak yang tidak menyertakan surat lamaran pada saat apply CV ke perusahaan. Padahal ini juga penting.

Isi surat lamaran terdiri dari pembuka, perkenalan, data diri singkat, maksud dan tujuan dibuatnya surat lamaran pekerjaan, lampiran berkas dan penutup. Pastikan dalam membuatnya jangan sampai ada huruf yang typo. Semakin rapi, lengkap dan jelas surat lamaran yang kalian buat, maka aplikasi lamaran bisa dipilih perusahaan di antara ratusan aplikasi lamaran yang masuk.

9. Tingkatkan Percaya Diri

Tips cepat dapat kerja yang kesembilan yakni dengan meningkatkan kepercayaan diri. Kepercayaan diri dan rasa optimis dapat membuat kalian terlihat positif di mata perusahaan. Tips yang bisa kalian gunakan untuk menaikan percaya diri sehingga kalian bisa dapat kerja dengan cepat adalah dengan mempersiapkan diri. Ketika memiliki kesiapan yang cukup, tentu kalian bisa lebih percaya diri saat wawancara.

Selain itu, saat wawancara bisa menggunakan setelan/pakaian yang bagus. Ini juga bisa meningkatkan kepercayaan diri kalian. Perusahaan atau HRD akan senang melihat pembawaan yang rapi dan yakin. Jauhi insecure dan rasa pesimis, kalian harus semangat dan penuh keyakinan, sehingga perusahaan juga yakin untuk menerima kalian.

10. Siapkan Mental

Tips cepat dapat kerja yang terakhir yakni dengan menyiapkan mental diri. Melamar pekerjaan memang susah, namun selain dengan usaha yang ekstra, tentunya kalian perlu siapkan mental yang kuat agar tidak merasa kecewa saat lamaran kerja ditolak perusahaan. Mental yang kuat juga akan membuat kalian cepat bangkit dan terus mencari pekerjaan hingga dapat pekerjaan dengan cepat.

Baca Juga : Tips Masuk Perguruan Tinggi Favorit

Selain 10 tips di atas, ada 1 faktor lain yang juga bisa membuat kalian cepat dapat kerja, yaitu dukungan dari kampus atau sekolah tempat kalian belajar. Pasalnya dukungan kampus dalam menghadirkan berbagai pelatihan softskill dan juga informasi terkait lowongan pekerjaan juga berpengaruh terhadap kalian.

BSI Career Center

Untuk membantu lulusannya agar dapat cepat bekerja, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melalui BSI Career Center (BCC) sering kali menghadirkan berbagai pelatihan. Rachmat Suryadithia selaku kepala BCC mengungkapkan, jika BCC menjadi wadah untuk mahasiswa yang ingin berkarier.

“BCC merupakan sebuah wadah pelatihan bagi mahasiswa Universitas BSI yang ingin berkarier. Selain itu, BCC juga berupaya untuk menyiapkan lulusan yang siap bekerja dan memiliki karier gemilang”, ujar Rachmat Rabu (10/11)

Sementara itu, dalam praktiknya, BCC sering mengadakan kegiatan untuk lebih menunjang kebutuhan mahasiswa dan lulusan Universitas BSI.

“Selain memberi pelatihan kepada mahasiswa dan alumni, BCC juga kerap kali mengadakan workshop, seminar, bahkan jobfair yang menghadirkan banyak perusahaan ternama” tutupnya.

Baca Juga : 5 Tips Dapat Beasiswa Kuliah Di Perguruan Tinggi Favorit

Itulah tips cepat dapat kerja yang bisa mimin sampaikan pada kesempatan kali ini. Jangan lupa terus mengunjungi Bintang Sekolah Indonesia untuk mendapat informasi menarik lainnya. Tetap semangat dan semoga bermanfaat ya Sobat Bintang!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.